Pengembangan Metode B3 (Bernyanyi, Bercerita, & Bermain) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Usia 5-6 Tahun di TKQ X

Authors

  • Dewi Yulia Prodi Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Bandung
  • Asep Dudi Suhardini Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpgp.v1i1.156

Keywords:

Pengembangan, Metode B3 (Bernyanyi, Bercerita & Bermain), Membaca Permulaan

Abstract

Abstract. Development of B3 Methods (Singing, Storytelling & Playing) in Improving Beginning Reading Skills in Children aged 5-6 Years in X Kindergarten. The method used in this study uses a qualitative research approach which was designed with a DBR (Design Based Research) approach to examine the B3 method development program (Singing, Storytelling & Playing) in the process of learning to read beginning for children aged 5-6 years. Data collection techniques were carried out by interview, observation, and documentation study. The results of the study illustrate that: 1) The initial reading learning program for children aged 5-6 years is a prioritized program at the school 2) The reading process using the singing method gets a percentage score of 64.25%, while the reading process using the storytelling method gets a percentage score of 56, 68% and the reading process using the play method obtained a percentage score of 77.65%. 3) The role of learning tools and media is to present learning that is interesting, fun and attracts students' attention to learn.4) The teacher's role in the learning process for early reading is to introduce letters in a good, effective way and be able to create a comfortable classroom atmosphere for students. 5) The indicator of the success of using the B3 method is that students can recognize letters quickly and without coercion, the teacher's way of teaching reading is better and more effective than before.

Abstrak. Pengembangan Metode B3 (Bernyanyi, Bercerita & Bermain) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Qur’an X Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif  yang di desain dengan pendekatan DBR (Design Based Research) untuk meneliti program pengembangan metode B3 (Bernyanyi, Bercerita & Bermain) dalam proses pembelajaran membaca permulaan untuk anak usia 5-6 tahun. teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa: 1) Program pembelajaran membaca permulaan untuk anak usia 5-6 tahun merupakan program yang diprioritaskan disekolah tersebut 2) Proses membaca menggunakan metode bernyanyi memperoleh skor presentase 64,25%, sedangkan proses membaca menggunakan metode bercerita memperoleh skor presentase 56,68% dan proses membaca menggunakan metode bermain memperoleh skor presentase 77,65%. 3) Peran alat dan media pembelajaran yaitu untuk menyajikan pembelajaran yang menarik,  menyenangkan dan menarik perhatian siswa untuk belajar. 4) Peran guru dalam proses pembelajaran membaca permulaan yaitu mengenalkan huruf dengan cara yang baik, efektif dan mampu menciptakan suasana kelas yang nyaman untuk siswa. 5) Indikator keberhasilan penggunaan metode B3 adalah siswa dapat mengenal huruf dengan cepat dan tanpa adanya pemaksaan, cara guru dalam mengajarkan membaca permulaan lebih baik dan lebih efektif dari sebelumnya.

Downloads

Published

2021-10-25