Proses Pembentukan Karakter Disiplin Tanggung Jawab dan Kemandirian melalui Program Pembiasaan dan Keteladanan di TK A Kota Cimahi

Authors

  • Amanda Nur Apriana Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Bandung
  • Nan Rahmiwati Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpgp.v1i1.15

Keywords:

Proses Pembentukan Karakter Disiplin, Pembiasaan, Keteladanan, Tanggung Jawab dan Kemandirian

Abstract

Abstract. This research is motivated by the process of forming the character of discipline, responsibility and independence through the habituation and exemplary program in Kindergarten A. One of the keys is to inculcate habituation and example to students so that character building is related to creating positive things. Therefore, the formation of character is very important to change attitudes through habituation and exemplary. Based on the results of observations made, the character formation of students in TK A Enough. The problems examined in this study, namely how to prepare the process of forming the character of discipline, responsibility and independence through the habituation and exemplary program. Related to this problem, this study aims to identify the steps that the data do through the habituation and exemplary program. This research method uses descriptive analytic method. The data collection was carried out using observation interview techniques and documentation studies. The results of this study indicate that the formation of the character of discipline, responsibility and independence through the habituation and exemplary program carried out by schools by implementing and modeling is carried out at various stages. In character building in Kindergarten A, it can be successful or fulfill development as expected.

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembentukan karakter disiplin, tanggungjawab dan kemandirian melalui program pembiasaan dan keteladan di Tk A. salah satu kuncinya adalah menanamkan pembiasaan dan keteladanan kepada peserta didik agar dalam pembentukan karakter kaitannya dengan menciptakan hal yang positif. Oleh sebab itu, pembentukan karakter sangatlah penting untuk merubah sikap melalui pembiasaan dan keteladanan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, pembentukan karakter peserta didik di Tk A Cukup. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu bagaimana persiapan proses pembentukan karakter disiplin, tanggungjawab dan kemandirian melalui program pembiasaan dan keteladanan. Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi langkah-langkah yang dilakukan data melalui program pembiasaan dan keteladan. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik. Pengumpulan data yang dilakukan pun dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembentukan karakter disiplin, tanggungjawab dan kemandirian melalui program pembiasaan dan keteladan yang dilakukan sekolah dengan cara menerapkan dan mencontohkan ini dilakukan dengan berbagai tahapan. Dalam pembentukan karakter di TK A  dapat berhasil dengan baik atau memenuhi berkembang sesuai harapan.

Downloads

Published

2021-07-06