Peran Orang Tua dalam Menanamkan Perilaku Prososial Anak Usia 4-5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrpgp.v2i2.1429Keywords:
Perilaku Prososial, Peran Orang TuaAbstract
Abstract. Socio-emotional development in children aged four to five years is divided into three parts, one of which is prosocial behavior. There is one surah that contains a strict command for a Muslim to behave prosocially is surah al-Ma'un, which clearly means that we must help with useful things. Therefore, one's prosocial behavior must be instilled from an early age. Parental involvement is very important for the growth and development of children, because parents are the closest model to children. Therefore, parental involvement is indispensable in the growth and development of children. The purpose of this study was to find behaviors and causes and to overcome prosocial behavior in children aged 4-5 years. This study uses qualitative research with case study methods on three children aged 4-5 years who attend RA X. Apparently, the environment is very influential on the development of children's prosocial behavior because it has an influence on children to interact with local residents so that when there is interaction, the child's social development will be honed. Through these activities prosocial attitudes will be learned and applied by children to the surrounding community.
Abstrak. Perkembangan sosial emosional pada anak usia empat sampai lima tahun dibagi menjadi tiga bagian, salah satunya adalah perilaku prososial. Ada salah satu surah yang memuat perintah keras bagi seorang Muslim untuk berperilaku prososial adalah surah al-Ma’un, yang secara menjelaskan berarti kita harus menolong dengan barang-barang yang berguna. Maka dari hal tersebut perilaku prososial seseorang harus ditanamkan sejak usia dini. Orang tua merupakan pendidik pertama dalam hidup anak, maka peran keluarga dalam mengasuh anak memegang peranan utama. Keterlibatan orang tua sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, karena orang tua adalah model yang paling dekat dengan anak. oleh karena itu, keterlibatan orang tua sangat diperlukan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Tujuan penelitian ini untuk menemukan perilaku serta penyebab dan untuk mengatasi perilaku prososial pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus pada tiga orang anak yang berusia 4-5 tahun yang bersekolah di RA X. Ternyata, lingkungan sangat berpengaruh terhadap perkembangan prilaku prososial anak karena memiliki pengaruh terhadap anak untuk berinteraksi dengan warga sekitar sehingga ketika adanya interaksi tersebut perkembangan sosial anak akan terasah. Melalui kegiatan tersebut sikap prososial akan dipelajari dan diaplikasikan oleh anak kepada masyarakat sekitar.
References
Anggraini, M., Solfema, & Ismaniar. (2018). Hubungan antara Kontrol Sosial Masyarakat dengan Perilaku Sosial Anak Usia Dini. KOLOKIUM : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v6i1.7
Ariyanto, F. L. T. (2016). Perilaku Sosial Anak Usia Dini di Lingkungan Lokalisasi Guyangan (Studi Kasus pada Anak Usia 5-6 Tahun). Jurnal PGPAUD Trunojoyo, 3(1), 1–75. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v3i1.3482
Beaty, J. J. (2013). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini (Observing development of the young child) (A. Rakhman (ed.)). Jakarta: Kencana.
Berry, D. (2003). Pokok - Pokok Pikiran dalam Sosiologi : The Principles of Sociology (P. Wirutomo (ed.); 1st ed.). Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Desmita. (2012). PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya offset.
Edy, CH, M., Sumantri, M. S., & Yetti, E. (2018). PENGARUH KETERLIBATAN ORANGTUA DAN POLA ASUH TERHADAP DISIPLIN ANAK. JPUD : Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 221–230. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.122.03
Elistantia, R., Yusmansyah, & Utaminingsih, D. (2018). Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Perilaku Prososial. ALIBKIN : Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1).
Faidah, M., & Hakim, Z. A. (2018). PENGARUH KEBERADAAN ORANGTUA (TKI DAN NON TKI) TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL ANAK TK DI DESA JUNJUNG KECAMATAN SUMBERGEMPOL KABUPATEN TULUNGAGUNG. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21274/martabat.2018.2.2.219-232
Hasyim, U. (1983). Cara mendidik anak dalam Islam. Surabaya : Bina Ilmu.
Hurlock, E. B. (1991). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Developmental psychology : a life span approach) (Istiwidayanti, Soedjarwo, & R. M. Sijabat (eds.); 2nd ed.). Jakarta : Erlangga.
Listiandari, Bahrun, & Rahmi. (2020). POLA ASUH ORANGTUA DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK TK DI KABUPATEN BENER MERIAH. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 5(1), 23–35.
Masnipal. (2018). Menjadi Guru PAUD Profesional (A. Kholid (ed.); 1st ed.). PT Remaja Rosdakarya. www.rosda.co.id
Musyarofah. (2016). PENGEMBANGAN ASPEK SOSIAL ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK ABA IV MANGLI JEMBER TAHUN 2016. INJECT: Interdisciplinary Journal of Communication, 2(1), 99–122. https://doi.org/https://doi.org/10.18326/inject.v2i1.99-122
Quran, S. (2002). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: PT. Sygma Examedia Arkanleema.
Santrock, J. W. (1995). Life - Span Development : Perkembangan Masa Hidup (H. Sinaga & Y. Sumiharti (eds.); 1st ed.). Jakarta : Erlangga.
Susanti, Siswati, & Astuti, T. P. (2013). PERILAKU PROSOSIAL : STUDI KASUS PADA ANAK PRASEKOLAH. Jurnal Empati Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro, 2(4), 475–482. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/empati.2013.7433
Syah, M. (2016). Telaah Singkat Perkembangan Peserta Didik. Depok : PT Raja Grafindo Persada.
Tuturop, H., & Simaremare, A. (2020). Studi Deskriptif Tentang Perilaku Prososial Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK St. Antonius 2 Mandala Medan. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jbrue.v6i2.23213