https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Metode Ummi pada Anak Usia Dini di PG/TK X

Authors

  • Nastiti Lutfiah Ramadhani Pendidikan Guru PAUD, Universitas Islam Bandung
  • Ayi Sobarna Pendidikan Guru PAUD, Universitas Islam Bandung
  • Dinar Nur Inten Pendidikan Guru PAUD, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpgp.v2i2.1337

Keywords:

Metode Ummi, Pembelajaran Al-Qur’an, Anak Usia Dini

Abstract

Abstract. Al-Qur'an education is the most important part in the process of inculcating religious and moral values for early childhood, Al-Qur'an basic education that is taught properly and well will produce good quality children in reading and understanding the Qur'an 'an. The ummi method is one that is made with the aim of making it easier for students to learn the Qur'an, to remove the feeling of pressure and fear in learning the Qur'an, the ummi method is carried out with an interesting learning process using an encouraging approach. This study uses descriptive qualitative methods, data collection techniques are carried out through observation of research objects, interviews with informants and field document collection. The results showed: (1) The planning and preparation of the ummi method teachers in group A was in accordance with the provisions set by the ummi method system. (2) The implementation of the ummi method learning is in accordance with the provisions of the ummi method system. (3) In the ummi method of learning there are evaluations for teachers and for students. (4) inhibiting factors in learning.

 

Abstrak. Pendidikan Al-Qur’an adalah bagian paling penting dalam proses penanaman nilai agama dan moral bagi anak usia dini, Pendidikan dasar Al-Qur’an yang diajarkan secara tepat dan baik akan menghasilkan kualitas anak-anak yang baik dalam membaca dan memahami Al-Qur’an. Metode ummi salah satu yang dibuat dengan tujuan untuk memudahkan siswa belajar Al-Qur’an, untuk menghapus rasa tertekan dan takut dalam belajar Al-Qur’an metode ummi dilaksanakan dengan proses pembelajaran menarik dengan menggunakan pendekatan yang menggembirakan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi objek penelitian, wawancara pada informan serta pengumpulan dokumen lapangan. Hasil penelitian menunjukan: (1) Perencanaan dan persiapan guru pengajar metode ummi pada kelompok A sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh system metode ummi. (2) Pelaksanaan pembelajaran metode ummi sesuai dengan ketentuan system metode ummi, model pembelajaran yang diterapkan, waktu pelaksanaan pembelajaran, materi pembelajaran serta tujuh tahapan pembelajaran metode ummi yang dijalankan dengan baik. (3) evaluasi dalam pembelajaran metode ummi terdapat evaluasi bagi guru dan bagi siswa. (4) faktor penghambat dalam pembelajaran adalah siswa yang fokusnya mudah teralihkan dengan hal lain, siswa yang sulit untuk menerima materi pembelajaran sehingga tertinggal dari teman-temanya, orangtua yang tidak mudah untuk berkontribusi dalam melakukan penguatan pembelajaran anak di rumah.

References

Hadinata, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Ummi terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Anak Usia 7-13 Tahun Di Desa TenigaKecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara. Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 9(1).

Hayati, R. H. (2019). MLM (Multi Level Mengaji) sebagai Metode Literacy Alquran bagi ABH (Anak yang Berhadapan dengan Hukum). Indonesian Journal Of Adult and Community Aducation, 1(2).

Kemenag. (2013). Pedoman Kurikulum TKQ Taman Kanak- Kanak Al Qur ’ an Lingkungan Kementerian Agama. 1–6.

Khumairoh, M. L. (2020). implementasi pembelajaran baca Al-Qur’an dengan menggunakan metode ummi untuk anak usia dini di TK Negeri Pembina 1 Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Liansyah, A. F., & Achadianingsih, N. (2020). Penggunaan Metode Ummi Dalam Rangka Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Ibu Rumah Tangga. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(3), 181. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i3.3336

Mulyani, D., Pamungkas, I., & Inten, D. N. (2018). Al-Quran Literacy for Early Childhood with Storytelling Techniques. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 202. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.72

Suwaid, M. N. A. H. (2010). Prophetic Parenting; Cara Nabi Mendidik Anak. Pro-U Media.

Ummi Foundation. (2015). Modul Sertifikasi Guru Al-Quran Metode Ummi. Surabaya: Ummi Foundation.

Widodo, A., Nuryadien, M., & Yani, A. (2019). Metode Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Etode Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Anak Usia 7-13 Tahun Di Tpq Al-Falah 2 Anak Usia 7-13 Tahun Di Tpq Al-Falah 2 Desa Serangkulon Blok 01 Rt 01 Rw 01 Desa Serangkulon Blok 01 Rt 01 Rw 01 Kecamatan Babakan Kabupaten. Jurnal Al Tarbawi Al Haditsah, 1(9), 1689–1699.

Zulfitria, & Arif, Z. (2019). Penerapan Metode Iqro Sebagai Kemampuan Dasar Membaca Al-Qur’an Di TK Hiama Kids. Paud Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02), 59.

Downloads

Published

2022-12-21