Analisis Nilai Pendidikan Karakter yang Terkandung dalam Film Kartun Upin dan Ipin

Authors

  • Dini Nurfalaah PGPAUD, Universitas Islam Bandung
  • Asep Dudi Pendidikan Guru PAUD, Universitas Islam Bandung
  • Arif Hakim Pendidikan Guru PAUD, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpgp.v2i2.1292

Keywords:

Nilai-Nilai Pendidikan Karakter, Film Kartun, Upin dan Ipin

Abstract

Abstract. Character education is education that teaches about the nature, character, and behavior of a person. Character education is not only obtained through formal education, it can also be obtained through the surrounding environment such as playing with friend and watching television. Because children will easily absorb and imitate everything he sees and hears. Especially cartoons that are very interesting to him, such as the cartoons Upin dan Ipin.This study uses a qualitative approach with documentation techniques. Namely looking for theories and concepts that are in accordance with the title of this study contained in the primary and secondary sources of this research. The first source is the cartoon film Upin dan Ipin Keris Siamang Tunggal. The result showed that there were 5 values of character education in the cartoon film Upin dan Ipin Keris Siamang Tunggal, namely the value of curiosity, the value of friendship, the value of social care, the value of hard work and the value of peace-loving.

 

Abstrak. Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang mengajarkan mengenai watak, sifat, serta perilaku seseorang. Pendidikan karakter tidak hanya di peroleh melalui pendidikan formal saja, ia juga dapat di peroleh melalui lingkungan sekitar seperti bermain bersama teman serta menonton televisi. Karena anak akan dengan mudah menyerap dan meniru apa yang ia lihat dan dengar. Terlebih film kartun yang sangat menarik baginya, seperti film kartun Upin dan Ipin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik dokumentasi. Yaitu mencari teori dan konsep yang sesuai dengan judul penelitian yang terdapat pada data primer dan sekunder. Untuk sumber pertama penelitin ini ialah film kartun Upin dan Ipin Keris Siamang Tunggal. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 5 nilai-nilai pendidikan karakter di dalam film kartun Upin dan Ipin Keris Siamang Tunggal, yaitu nilai rasa ingin tahu, nilai bersahabat, nilai peduli sosial, nilai kerja keras dan nilai cinta damai.

References

Agustina, N. I. M., Ismaya, E. A., & Pratiwi, I. A. (2022). Pendidikan Karakter Dalam Metode Aktif, Inovatif, Dan Kreatif. Jurnal Basicedu, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2465

Ayuningtyas, W. (2018). Penanaman Pendidikan Religiun dalam Membentuk Karakter Siswa di MIN 6 Tulungagung 2017/2018. http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9514

Fadillah, M. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan-Permainan Edukatif.

Hendriana, C. E., & Jacobus, A. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(2), 25–29.

Listyarti, R. (2012). Pendidikan Karakter Dalam Metode Aktif, Inovatif, dan Kreatif. Jakarta : Erlangga.

Mirhan, & Kurnia, J. B. J. (2016). Hubungan Antara Percaya Diri Dan Kerja Keras Dalam Olahraga Dan Keterampilan Hidup. 86–96.

Pratiwi, D. N. F. (2017). Upaya Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPA Menggunakan Metode Pembelajaran Outdoor Study dan Memanfaatkan Lingkungan di Sekolah Dasar.

Samami, M., & Hariyanto. (2013). Pendidikan Karakter. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Setiawan, A. (2021). Pendidikan Karakter pada Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Keluarga. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1).

Yusuf, M. (2015). Pendidikan Karakter Berbasis Qurani dan Kearifan Lokal. Karsa: Journal of Social and Islamic Culture, 22(1), 52–65.

Downloads

Published

2022-12-21