Pengenalan Huruf Hijaiyah dengan Metode Tilawati Menggunakan Kartu Huruf Hijaiyah pada Anak Usia 3-4 Tahun

Authors

  • Nidya Intan Fujianti Pendidikan Guru PAUD, Universitas Islam Bandung
  • Masnipal Marhun Pendidikan Guru PAUD, Universitas Islam Bandung
  • Dinar Nur Inten Pendidikan Guru PAUD, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpgp.v2i2.1277

Keywords:

Metode Tilawati, Kartu Huruf, Huruf-Huruf Hijaiyah

Abstract

Abstract. This study aims to improve children's ability to recognize hijaiyah letters through the tilawati method using hijaiyah letter cards for children aged 3-4 years. The introduction of hijaiyah letters under study were knowing hijaiyah letters, pronouncing/reciting hijaiyah letters, and writing hijaiyah letters. This type of research is classroom action research developed by Kurt Lewin. The subjects of this study were 5 children of group A RA X. The data analysis technique was carried out by descriptive statistical analysis. The results showed that children's ability to recognize hijaiyah letters through the tilawati method could be improved using hijaiyah letter cards. The pre-cycle shows that many children who have not developed in recognizing hijaiyah letters, pronouncing/reciting hijaiyah letters, and writing hijaiyah letters. First cycle results showed an increase in the ability of children who began to develop in knowing the letters of hijaiyah, pronouncing / reciting the letters of hijaiyah, and writing the letters of hijaiyah. Then in the second cycle, the results showed that many children were developing according to expectations in recognizing hijaiyah letters, and pronouncing letters.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf hijaiyah melalui metode tilawati menggunakan kartu huruf hijaiyah pada anak usia 3-4 tahun. Pengenalan huruf hijaiyah yang diteliti yaitu mengetahui huruf-huruf hijaiyah, mengucapkan/melafazkan huruf hijaiyah, dan menulis huruf hijaiyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dikembangkan oleh kurt lewin. Subjek penelitian ini adalah 5 anak kelompok A RA X. Metode pengumpulan data melalui pengamatan/observasi, dokumentasi, dan lembar unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan anak dalam mengenal huruf-huruf hijaiyah melalui metode tilawati dapat ditingkatkan menggunakan kartu huruf hijaiyah. Pada pra siklus menunjukan bahwa masih banyak anak yang belum berkembang dalam mengenal huruf-huruf hijaiyah, mengucapkan/melafazkan huruf hijaiyah, dan menulis huruf hijaiyah. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus I mulai terjadi peningkatan kemampuan anak yang mulai berkembang dalam mengetahui huruf-huruf hijaiyah, mengucapkan/melafazkan huruf-huruf hijaiyah, dan menulis huruf-huruf hijaiyah. Kemudian siklus II menunjukan hasil yang semakin meningkat banyak anak yang berkembang sesuai harapan dalam mengenal huruf-huruf hijaiyah, dan mengucapkan huruf-huruf. Pada siklus III menunjukan banyak anak yang berkembang sangat baik. Pada kemampuan menuliskan banyak anak yang mencapai berkembang sesuai harapan.

References

Astuti, S. (2018). Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Ditkintan Komara Kelompok B. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1). https://doi.org/10.17509/cd.v7i1.10546

Dainuri. (2017). Problematika Pembelajaran Al-Quran dengan Metode Tilawati. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, 2, 167–178. https://conference.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/article/view/68

Fadillah, H., & Ali, M. (2016). PENINGKATAN PENGENALAN HURUF HIJAIYAH MELALUI METODE BERNYANYI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(5). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i5.15424

Fhauziah, H. (2019). IMPLEMENTASI METODE TILAWATI DALAM PEMBELAJARAN AL QUR’AN [UIN Syarif Hidayatullah Jakarta]. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/48181

Hasan, A., Arif, M., & Rouf, A. (2010). Strategi Pembelajaran Al-Qur’an Metode Tilawati. Surabaya: Pesantern Al-Qur‟an Nurul Falah PTT VB.

Hermawan, D., Roup, & Jurjani, A. (2021). EFEKTIVITAS METODE TILAWATI DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA Al-QUR’AN SISWA SDIT BINTANG TANGERANG SELATAN. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 2(1), 168–187. https://doi.org/10.32806/jkpi.v2i1.35

Husna, M. (2019). Implementasi Metode Tilawati PAUD dalam Pembelajaran Alquran di TPA Al Falah Unit 081 Banjarbaru [UIN Antarsari Banjarmasin]. http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14244%0A

Inten, D. . et al. (2018). Literasi Al-Qur’an Untuk Anak Usia Dini (P2U Universitas Islam Bandung (ed.); 1st ed.).

Masnipal, M. P. (2018). Menjadi Guru PAUD Profesional (A. Kholid (ed.); ke-1). Remaja Rosdakarya.

Mu’alimin, & Cahyadi, R. A. H. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Ganding Pustaka.

Mutmainah, S. (2011). Penerapan metode Tilawati dalam pembelajaran membaca al-Qur`an di MI Al-Falah Beran Ngawi [IAIN Walisongo]. https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2213

Ni’mah, K. (2019). PENGGUNAAN TEKNIK BERNYANYI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA-KATA BAHASA ARAB PADA ANAK USIA DINI. 173–187.

Nurhayanti, N. O. (2018). Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Dengan Lagu Tilawah Dalam Ekstrakurikuler Tilawatil Qur’an Di MI Nurul Ulum Lebeng Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas [IAIN Purwokerto]. http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4063

Susanti, N. D. (2018). Penerapan Permainan Kartu Huruf dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Siswa Kelas I MI Islamiyah Kepohbaru Bojonegoro. Jurnal Kajian Keislaman Dan Pendidikan, 9(2).

Suyanto, E. (2012). Perilaku Tokoh dalam Cerpen Indonesia (Kajian Sosio-Psikosastra terhadap Cerpen Agus Noor & Joni Ariadinata) (M. Fuad (ed.)). Universitas Lampung. http://repository.lppm.unila.ac.id/5900/1/PERILAKU TOKOH .... %28EDI SUYANTO%29.pdf

Downloads

Published

2022-12-20