Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Mencetak dengan Teknik Stencil Print
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrpgp.v2i2.1157Keywords:
Motorik Halus Anak Usia Dini, Teknik Mencetak, Stencil PrintAbstract
Abstract. The background of this research is based on the problems that researcher found in group A Tk X that children's fine motor skills are hampered because in online learning. This study aims as an alternative to improve children's fine motor skills through printing with the stencil print technique in group A in TK X. The method used is action research. The analysis technique by selecting the results of observations on the learning process by educators and students in the class. The results of the observation showed that pre-cycle results scored before action with the criteria of BSH 0%, BB 30%, Cycle I at meeting 1 with the criteria of MB 70%, BSH 30%, Cycle I Meeting 2 reached 50%, and cycle I meeting 3 got MB criteria. 40%, 60% BSH, in the second cycle meeting 1 with the results of MB 40%, 60% BSH, the second cycle meeting 2 with the results of MB 30%, BSH 70%, the second cycle meeting 3 with the results of MB 20%, BSH 80%. The results prove that printing activities with stencil print technique can improve children's fine motor skills in group A children aged 4-5 years.
Abstrak. Latar belakang penelitian ini berdasarkan permasalahan yang peneliti temukan pada kelompok A Tk X, kemampuan motorik halus anak menjadi terhambat dikarenakan pada kegiatan pembelajaran daring pergerakan anak dan kegiatan yang melibatkan motorik halus kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan sebagai alternatif untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan mencetak dengan teknik stencil print pada kelompok A di TK X. Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (action research). Teknik analisis penelitian ini dilakukan dengan cara menyeleksi hasil observasi terhadap proses pembelajaran yang dilaksanakan pendidik dan anak didik dikelas. Hasil observasi menunjukkan hasil prasiklus mencetak sebelum tindakan dengan kriteria BSH 0 %,BB 30 %, Siklus I pada pertemuan 1 dengan kriteria nilai MB 70%, BSH 30%, Siklus I Pertemuan 2 mencapai 50 %, dan siklus I pertemuan 3 mendapat kriteria MB 40%, BSH 60%, Pada siklus ke II pertemuan 1 dengan hasil MB 40%,BSH 60%, siklus ke II pertemuan 2 dengan hasil MB 30%, BSH 70%, siklus ke II pertemuan 3 dengan hasil MB 20%,BSH 80%. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kegiatan mencetak dengan teknik stencil print dapat meningkatkan motorik halus anak pada anak kelompok A usia 4 -5 tahun.
References
Astini, B. N., Nurhasanah, Rachmayani, I., & Suarta, I. N. (2017). Identifikasi Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1).
Damayanti, A., & Aini, H. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PERMAINAN MELIPAT KERTAS BEKAS. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24853/yby.4.1.65-77
Decaprio, R. (2013). Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik di Sekolah (Z. Perdana (ed.)). Yogyakarta: DIVA Press.
Eva Qori Tartila, D. (2017). Analisis terhadap Pembelajaran dengan Permainan Mobis Basic dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus pada Anak Usia 5-6 Tahun ( Studi Deskriptif Terhadap Pelaksanaan Mobis Basic Pada Raudhatul Athfal Di Kecamatan Cicalengka ). 1–7.
Fauziani, N., & Fatimah, A. (2017). Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Mencetak Dengan Bahan Alam. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 125.
Linda, S., & Suryana, D. (2020). Pengaruh Stencil print dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1399–1407. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.605
Palosan, I. (2013). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui kreativitas Menggambar Bebas DI TK Sandy Putra Kota Gorontalo.
Putri, T. A. (2020). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini.
R, M. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta : Departemen Pendidikan & Kebudayaan.
Sumanto. (2005). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.