https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPAI/issue/feed Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam 2023-12-15T00:00:00+08:00 Aep Saepudin uptpublikasi@unisba.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam</strong> (JRPAI) adalah jurnal <em>peer review</em>&nbsp;dan dilakukan dengan&nbsp;<em>double blind review</em> yang mempublikasikan hasil riset dan kajian teoritik&nbsp; terhadap isu empirik dalam sub kajian Pendidikan Agama Islam. <strong>JRPAI</strong> ini dipublikasikan pertamanya 2021 dengan&nbsp; eISSN <a title="eISSN JRPAI" href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/20210714201482526" target="_blank" rel="noopener">2797-2852</a> yang diterbitkan oleh <a title="UPT Publikasi" href="https://publikasi.unisba.ac.id/" target="_blank" rel="noopener"><strong>UPT Publikasi Ilmiah</strong></a>,&nbsp;<a title="unisba" href="https://www.unisba.ac.id/" target="_blank" rel="noopener">Universitas Islam Bandung</a>. Semua artikel diperiksa plagiasinya dengan perangkat lunak anti plagiarisme. Jurnal ini ter-<em>indeks </em>di <a title="GS JRPAI" href="https://scholar.google.com/citations?hl=id&amp;authuser=4&amp;user=1tP7y8cAAAAJ" target="_blank" rel="noopener">Google Scholar</a>, <a title="Id Garuda" href="https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/25649" target="_blank" rel="noopener">Garuda</a>, <a title="doi" href="https://search.crossref.org/?q=unisba&amp;from_ui=yes" target="_blank" rel="noopener">Crossref</a>, dan&nbsp;<a title="DOAJ" href="https://doaj.org/search/journals?ref=quick-search&amp;source=%7B%22query%22%3A%7B%22filtered%22%3A%7B%22filter%22%3A%7B%22bool%22%3A%7B%22must%22%3A%5B%7B%22terms%22%3A%7B%22bibjson.publisher.name.exact%22%3A%5B%22Universitas%20Islam%20Bandung%22%5D%7D%7D%5D%7D%7D%2C%22query%22%3A%7B%22query_string%22%3A%7B%22query%22%3A%22universitas%20islam%20bandung%22%2C%22default_operator%22%3A%22AND%22%2C%22default_field%22%3A%22bibjson.publisher.name%22%7D%7D%7D%7D%7D" target="_blank" rel="noopener">DOAJ.</a> Terbit setiap <strong>Juli</strong> dan <strong>Desember</strong>.</p> https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPAI/article/view/2347 Analisis Nilai PAI dalam Novel Islamic Rose Book “Sahabat yang Datang dan Pergi” 2023-12-12T12:17:20+08:00 Rokhu Dlotul Laeliyah rokhudlotullaeliyah02@gmail.com <p>sastra, salah satunya yaitu novel. Novel bukan hanya bahan bacaan, akan tetapi novel juga mengandung nilai-nilai pendidikan yang dapat bermanfaat untuk kehidupan manusia. Nilai-nilai pendidikan Islam baiknya juga terdapat di dalam novel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan juga mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan agama Islam yang ada di dalam novel Islamic Rose Books Sahabat yang datang dan pergi. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), yakni penelitian dengan mengumpulkan data dengan menghimpun data dari berbagai literatur. Pendekatan yang digunakan di dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif yaitu bersifat studi pustaka menggunakan buku-buku yang merupakan sebagai objek utama. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang menghasilkan informasi berupa catatan dan data deskriptif yang terdapat dalam teks yang di teliti. Dalam pengumpulan data dilakukan penelusuran bahan dokumentasi yang ada yakni berupa buku, majalah, artikel dan juga internet. Hasil dan pembahasan dari penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan islam yang terdapat di dalam novel Islamic Rose Books Sahabat yang datang dan pergi adalah nilai Aqidah, nilai ibadah, dan juga nilai akhlak.</p> 2023-12-25T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPAI/article/view/2420 Analisis Nilai-Nilai Religius pada Film "Surga yang Tak Dirindukan 2" 2023-12-12T12:24:15+08:00 Siska Aprilia siskaaprilia148@gmail.com Rofiqotul Aini rofiqotul.aini@uingusdur.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghetaui nilai religius pada film “Surga Yang Tak Dirindukan 2” yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo yang diangkat dari Novel by Asma Nadia. (2) mendeskripsikan nilai religius pada film “Surga Yang Tak Dirindukan 2” yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Peneliti melakukan observasi atau pengamatan secara mendalam dengan menonton adegan-adegan atau cuplikan-cuplikan dari film Surga Yang Tak Dirindukan 2. Kemudian peneliti mencatat dan memilih beberapa adegan atau scene penting yang merupakan inti dari permasalahan yang telah dirumuskan kemudian dianalisis. Film Surga Yang Tak Dirindukan 2 dirilis ke publik pada 9 Februari 2017 dan di sutradarai oleh Hanung Bramantyo. Film ini digarap oleh rumah produksi MD Pictures serta Manoj Punjabi. Penelitian ini membahas mengenai nilai-nilai religius di kehidupan sehari- hari dari sisi kehidupan rumah tangga. nilai-nilai religius seiring perkembangan zaman mulai memudar. Dari hasil penelitian analisis nilai-nilai religius pada film “Surga Yang Tak Dirindukan 2” dapat ditarik kesimpulan yaitu, nilai-nilai religius yang dapat di terapkan dalam kehidupan sehari-hari shalat, hablum minallah hablum minnanas, berdoa setelah sholat, berprasangka baik terhadap seseorang, berdakwah, berbakti kepada orang tua, amanah, serta iklhas menerima takdir Allah swt.</p> 2023-12-26T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPAI/article/view/2956 Proses Menumbuhkan Self Control dalam Mengerjakan Shalat Wajib 2023-11-10T20:51:36+08:00 Annisa Amalia icaammal13@gmail.com <p>Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi faktor yang mempengparuhi tingkat <em>self control</em> remaja dalam melaksanman shalat serta proses <em>self-control</em> di bentuk dalam mengerjakan shalat wajib pada remaja A, remaja B dan remaja C. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Dalam mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menerapkan model Miles and Huberman, yang terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa faktor yang mempengaruhi tingkat <em>self control</em> pada remaja yaitu motivasi internal, lingkungan keluarga dan teman sebaya. Proses menumbuhkan <em>self control</em> dalam melaksanakan shalat dapat dilakukan dengan membangun motivasi internal dalam melaksanakan shalat. Dengan melaksanakan shalat secara teratur dapat dapat melatih seseorang untung meningkatkan kontrol diri, karena akan timbul perasaan selalu di awasi oleh allah.</p> 2023-12-25T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPAI/article/view/2976 Implementasi Program Etika untuk Membentuk Akhlakul Karimah Santri di Pondok Pesantren 2023-11-10T20:54:11+08:00 Auliya Nisa Laela Rabi auliyanlr20@gmail.com Khambali khambali1989@gmail.com <p>Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya perubahan dan penodaan moral dimulai dari kurangnya akhlak yang bersifat agamis pada diri seseorang sehingga Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam harus memiliki strategi yang tepat dalam membentuk akhlakul karimah kepada santrinya. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam terkait implementasi program etika dalam membentuk akhlakul karimah santri dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi hingga hasilnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan di Lembaga Pendidikan Islam yaitu Pondok Pesantren Tahfidz Quran Darul Kirom. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi kemudian data tersebut dianalisis untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan hasil dari program etika. Hasil penelitian menunjukan bahwa program etika mampu membentuk akhlakul karimah santri melalui pembelajaran yang dilakukan di kelas setiap hari ahad serta pembiasaan yang dimonitoring setiap harinya melalui buku kebaikan dan keburukan.</p> 2023-12-25T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPAI/article/view/2978 Penerapan Metode Role Playing Mata Pelajaran PAI dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa 2023-11-10T20:55:51+08:00 Muhamad Azin muhammadazin15@gmail.com <p>Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang maksimalnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas IX C SMPN2 Bumiayu. Hal ini disebabkan karena selama pada proses kegiatan pembelajaran berlangsung terdapat siswa yang tidak memperhatikan guru saat menjelaskan materi pembelajaran, kurangnya keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran terhadap materi dikarenakan strategi mengajar guru yang monoton. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantatif dengan metode quasi eksperimen design, dengan tujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana proses penerapan metode <em>role playing</em> pada mata pelajaran PAI dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IX C SMPN2 Bumiayu; (2) Apa saja hambatan siswa kelas IX C SMPN 2 Bumiayu dalam penerapan metode <em>role playing</em> pada mata pelajaran PAI; (3) Bagaimana peningkatan keaktifan siswa kelas IX C SMPN 2 Bumiayu setelah diterapkan metode <em>role playing</em> pada mata pelajaran PAI. Teknik pengumpulan data diambil dari angket kuisioner, lembar observasi dan wawancara untuk melihat keaktifan belajar siswa. Dari hasil angket keaktifan belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan mengalami peningkatan, dan diperoleh t<sub>hitung </sub>&gt; t<sub>tabel, </sub>yaitu 13,29 &gt; 2,037 maka H<sub>0</sub> ditolak dan H<sub>1</sub> diterima. Maka rata-rata keaktifan belajar siswa yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran role playing lebih tinggi dari rata-rata keaktifan belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran ceramah.</p> 2023-12-25T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPAI/article/view/2981 Implementasi PHBS di Pesantren Persatuan Islam 50 Lembang 2023-11-11T23:20:00+08:00 Alfi Jauhar alfi_jauhar@sditibnukhaldun.sch.id <p>Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui implementasi Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Pesantren Persatuan Islam 50 Lembang. Adapun pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dengan pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan pengimplementasian program yang dimulai dengan perencanaan, pada tahap perencanaan program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dilatar belakangi dengan sebab-sebab penentuan tujuan yang ingin dicapai, yang mana pada tahapan tersebut diberlakukannya rapat sekolah setelah penurunan kegiatan program yang disosialisasikan oleh Pimpinan Pusat Persis. Selanjutnya pada pelaksanaan program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Pesantren Persatuan Islam 50 Lembang dengan memperhatikan tujuan-tujuan yang akan di capai, dengan berbagai kegiatan diantaranya piket harian, piket mingguan, seminar, kunjungan tenaga kesehatan, kegiatan UKS, dan kerjasama dengan puskesmas Langgensari dengan ketentuan waktu yang telah ditentukan.</p> 2023-12-25T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPAI/article/view/3040 Analisis Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Novel Si Anak Cahaya Karya Tere Liye 2023-11-11T23:21:25+08:00 Isma Miftahul Jannah ismamj52@gmail.com <p>Nilai pendidikan aqidah akan membuat seorang muslim yakin bahwa Tuhan itu satu, sedangkan nilai pendidikan akhlak membuat seorang muslim dapat berperilaku baik kepada muslim yang lainnya. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui isi kandungan novel <em>si anak cahaya</em>, untuk mengangkat esensi pendidikan dari novel <em>si anak cahaya</em>, untuk mengidentifikasikan teori pendidikan Islam menurut para ahli berdasarkan novel <em>si anak cahaya</em>, dan untuk menemukan nilai-nilai pendidikan Islam dari novel <em>si anak cahaya</em>. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis analisis isi (<em>content analysis</em>). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil dari penelitian ini, <em>pertama</em>, novel <em>si anak cahaya</em> berisi tentang kehidupan tokoh utama bersama dengan keluarga dan teman-temannya. <em>Kedua,</em> esensi pendidikan yang ditemukan dalam novel <em>si anak cahaya</em> adalah pendidikan keluarga, pendidikan aqidah, dan pendidikan akhlak. <em>Ketiga</em>, dalam novel <em>si anak cahaya</em> memiliki kaitan dengan pengertian pendidikan Islam menurut para ahli, yaitu beribadah hanya kepada Allah dan terbentuknya akhlak mulia. <em>Keempat, </em>nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam novel <em>Si Anak Cahaya</em> yaitu nilai aqidah yang meliputi tawakal, takwa, dan ketauhidan. Nilai akhlak meliputi tawadhu, sabar, ta’awun, taubat, dan al-‘afwu.</p> 2023-12-25T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPAI/article/view/3041 Implementasi Pembiasaan Shalat Dhuha Peserta Didik di SMP Mutiara 1 Bandung 2023-11-10T20:58:40+08:00 Putri Fauziah Ahmad putrifa140700@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mplementasi pembiasaan shalat dhuha untuk pembentukan akhlak disiplin dan tanggung jawab pada siswa. Pembiasaan shalat dhuha merupakan salah satu bentuk implementasi dari pelajaran PAI. Karena sekolah ini berharap pelajaran PAI tidak hanya menjadi teori di dalam kelas. Namun dapat dipraktekkan secara langsung. Shalat dhuha ini dilaksanakan sebelum proses pembelajaran berlangsung dan diawasi langsung oleh koordinator atau guru piket yang sifatnya wajib bagi seluruh warga sekolah. Penelitian ini dilakukan di SMP Mutiara 1 dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas 7, 8, dan 9. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif dimana peneliti ingin menggambarkan situasi yang akan diamati di lapangan secara lebih spesifik, transparan, dan mendalam. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan shalat dhuha dilakukan untuk membentuk akhlakul karimah peserta didik yang mampu mengenal Allah dengan baik, mampu menjaga shalatnya, sopan santun, disiplin dan tanggung jawab.</p> 2023-12-25T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPAI/article/view/3058 Efektivitas Media Pop Up Book dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Pelajaran PAI 2023-11-11T23:23:51+08:00 Eka Wulandari Astriyanti ekawul4ndar1@gmail.com Arif Hakim arifhakim@unisba.ac.id <p>Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa adalah kurangnya variasi media belajar yang menarik perhatian siswa. untuk menyikapi permasalahan tersebut dibutuhkan media belajar yang bervariasi sehingga permasalahan tersebut dapat diatasi, maka dari permasalahan tersebut penulis tertarik untuk menggunakan media Pop Up Book untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Adapun subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Citunggul yang berjumlah 36 siswa. Pendekatan dalam penelitan ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain One Group PreTest Post Test. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu media Pop Up Book, serta variabel terikat yaitu hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan data hasil belajar berupa lembar tes. Teknik analisis data dilakukan dengan uji t (Paired T- test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Pop Up Book dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukan oleh uji hipotesis dengan nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0.000 &lt; 0.05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat dinyatakan bahwa ada efektivitas dari media Pop Up Book dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V SDN Citunggul.</p> 2023-12-25T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPAI/article/view/3059 Pengaruh Media Augmented Reality terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam 2023-11-11T23:26:48+08:00 Tasya Yunisha Zuana tasyazuana@gmail.com Helmi Aziz helmiaziz87@gmail.com <p>Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Augmented Reality (AR) pada mata pelajaran SKI untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode kuasi eksperimen bentuk nonequivalent control group design. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran AR terhadap hasil belajar siswa. Data hasil belajar sebelum menggunakan media AR pada kelas kelas eksperimen siswa yang sudah mencapai KKM sebesar 37%. Setelah diberi perlakuan siswa yang mencapai KKM sebesar 87%, maka terdapat peningkatan persentase siswa yang mencapai KKM setelah menggunakan media pembelajaran AR. Sedangkan di kelas kontrol sebelumnya siswa yang sudah mencapai KKM sebanyak 32% dan sesudah proses pembelajaran siswa yang sudah mencapai KKM sebanyak 64%. Hasil pengujian intrumen tes menggunakan Independent Sample T Test memperoleh nilai Sig.(2-tailed) ,000 yang artinya sig &lt; 0,05 terdapat pengaruh terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada masing-masing kelas. Hasil pengujian instrumen nontes menggunakan Mann-Whitney hasil asymp.Sig.(2-tailed) ,000 dan ,001 artinya asymp.Sig.(2-tailed) &lt; 0,05 maka dapat dikatakan H1 diterima dan H0 ditolak. Disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran AR dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas VIII MTs Sirna Miskin.</p> 2023-12-25T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam