https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Analisis Hubungan Antara Pengetahuan Akhlak Terhadap Sesama dan Sikap Siswa Terhadap Bullying Pada Siswa Usia 13-15 Tahun

Authors

  • Zahra Putri Rozali Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung
  • Giantomi Muhammad Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung
  • Erhamwilda Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpai.v4i2.5341

Keywords:

Pengetahuan Akhlak, Sikap Terhadap Bullying

Abstract

Abstract. The aim of this research is to examine the relationship between students' views on bullying at one of the school in Lembang and their understanding of morals towards others. The background of this research is the problem of bullying in schools, especially verbal bullying. Students' sense of superiority was found to be the main source of bullying behavior. The research method used is quantitative with a descriptive approach. Fifty students at one of the school in Lembang filled out the questionnaire used to collect data. The findings of this research show the influence of moral knowledge on students' perceptions of bullying. With a standard deviation of 2.804, the mean (average) of students' moral knowledge is 38.66. The following categories make up the moral knowledge category: very good (43 and above), good (40–42), quite good (37–39), poor (34–36), and very poor (33 and below). Only 7% of students really understand morals; 10% are good; 17% are excellent; 16% are less; and 0% are very less. Meanwhile, students' attitudes towards bullying have an average score of 42.76, which is in the quite good category. This research found that students with higher moral knowledge tend to have more positive attitudes towards bullying and engage in bullying less often.

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara pandangan siswa terhadap bullying di salah satu sekolah di Lembang dengan pemahaman akhlak terhadap sesama. Latar belakang penelitian ini adalah permasalahan bullying di sekolah, khususnya bullying verbal. Rasa superioritas siswa ditemukan menjadi sumber utama perilaku bullying. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Lima puluh siswa di salah satu sekolah di Lembang mengisi kuesioner yang digunakan untuk mengumpulkan data. Temuan penelitian ini menunjukkan pengaruh pengetahuan akhlak terhadap persepsi siswa terhadap bullying. Dengan standar deviasi sebesar 2,804 maka mean (rata-rata) pengetahuan moral siswa sebesar 38,66. Kategori-kategori berikut ini membentuk kategori pengetahuan akhlak: sangat baik (43 ke atas), baik (40–42), cukup baik (37–39), kurang (34–36), dan sangat kurang (33 ke bawah). Hanya 7% siswa yang sangat paham moral; 10% bagus; 17% sangat baik; 16% adalah kurang; dan 0% sangat kurang. Sedangkan, sikap siswa terhadap bullying memiliki nilai rata-rata 42,76 yang berada dalam kategori cukup baik. Penelitian ini menemukan bahwa siswa dengan pengetahuan akhlak yang lebih tinggi cenderung memiliki sikap yang lebih positif terhadap bullying dan lebih jarang melakukan tindakan bullying.

References

Muhammad G, Surana D, Sanusi I, Suhartini A. Islamic Education As An Effort To Strengthen Morals In The Era Of Globalization. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies. 2024;9(1):108–25.

Nurhakim HQ, Sanusi I, Nur’aeni U, Muhammad G. Implementasi Profil Pelajar Pancasila Guna Pencegahan Tindak Perundungan Siswa. 2024;

Jannah M. Studi Komparasi Akhlak Terhadap Sesama Manusia Antara Siswa Fullday School Dengan Siswa Boarding School di Kelas XI SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah. 2018;3(2):1–15.

Muhammad G, Eq NA, Suhartini A. Konsep takhalluq bi akhlaqillah sebagai proses dan hasil pendidikan islam. 2021;7(1):1–11.

Muhammad G, Eq NA, Suhartini A. KONSEP AKHLAK TASAWUF DALAM PROSES PENDIDIKAN ISLAM. 2021;

Saebeni BA, Hamid A, Akhlak I, Setia P. 932131016 Bab 1. :1–40.

Muhammad G, Eq NA, Suhartini A. THE MORAL CONCEPT OF TASAWUF IN THE PROCESS OF ISLAMIC EDUCATION. Ta dib Jurnal Pendidikan Islam. 2021;10(2):228–36.

Sanusi I, Suhartini A, Nurhakim HQ, Nur’aeni U, Muhammad G. Konsep Uswah Hasanah dalam Pendidikan Islam. Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter. 2024;1(1):1–12.

Muhammad G, Rahmawati H, Rofiani R, Hasanah A, Arifin BS. Character Building Based on The State Philosophy in The Context of Islamic Education. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan. 2022;14(4):7131–8.

rajawali-tsa. Bab Iii Pembentukan Akhlak. Walisongo Repository. 2014;1–26.

Muhammad G, Suhardini AD, Suhartini A, EQ NAEQA. Implementasi pendidikan pesantren salaf pada pondok pesantren khalaf di era globalisasi. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam. 2023;705–15.

Muhammad G, Ruswandi U, Nurmila N, Zakiyah QY. Implementation of Multicultural Values through the Hidden Curriculum of PAI Subjects in Forming a Peace-loving Character in Junior High Schools. European Journal of Education and Pedagogy. 2023;4(6):113–20.

c. flores. No TitleΕΛΕΝΗ. Vol. 8, Αγαη. 2019. 55 p.

Abdillah. Hubungan Antara Relidiusitas Dan Perilaku Bullying. UIN Syarif Hidayatullah. 2021.

Muhammad G, Nurhakim HQ, Rifaldi M, Pamungkas MI. Pencegahan Perundungan pada Peserta Didik Melalui Elemen Berkebhinekaan Global Profil Pelajar Pancasila. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam. 2024;177–88.

Rachma AW. Upaya Pencegahan Bullying Di Lingkup Sekolah. Jurnal Hukum dan Pembangunan Ekonomi. 2022;10(2):241.

Dewi CIAL, Tience Debora Valentina. Posttraumatic growth among adolescents victims of bullying. Psikologia: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi. 2020;15(1):13–25.

Gide A. Penegertian Bullying. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 2018;5–24.

Muhammad G, Elmuna L, Suhardini AD. Peran Guru Penggerak terhadap Pembentukan Sikap Spiritualitas Berbasis Nasionalisme Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama. Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah. 2024;8(2):123–37.

Khoirunnisaa F, Erhamwilda, Afrianti N. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun pada Keluarga Prasejahtera dan Sejahtera 1 di Desa Cilame Kabupaten Bandung Barat. Bandung Conference Series: Early Childhood Teacher Education. 2022;2(2):110–7.

Erhamwilda E, Afrianti N, Dudi A, Husnu A. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Usia Ibu, Tingkat Penghasilan Keluarga terhadap Child Well Being pada Keluarga Ekonomi Lemah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 2022;6(5):4745–59.

Lusiana SNEL, Siful Arifin. Dampak Bullying Terhadap Kepribadian Dan Pendidikan Seorang Anak. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman. 2022;10(2):337–50.

Hasanah N, Nuraeni L, Jumliadi. Akhlak Pergaulan dalam Islam. 2018;

Asyriah N, Amrullah MK, Tinggi S, Islam A, Ulum D, Tinggi S, et al. Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah. 2022;5(2):166–72.

Downloads

Published

2024-12-31