Pengelolaan Program Sekolah Pra-Nikah dalam Perspektif Islam dan Relevansinya terhadap Pendidikan Keluarga
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrpai.v4i2.5332Keywords:
Pra nikah, Pendidikan, KeluargaAbstract
Abstract. This research was motivated by the many cases of divorce and domestic violence in the community. Premarital school activities at Salman Mosque ITB are one of the family education models by providing briefing on mosque-based family preparation. The purpose of this study is to examine and analyze the management of the pre-marriage school program at Salman Mosque ITB. The method used in this study is descriptive analytic with a qualitative approach. Data collection techniques are carried out through interviews, documentation, and observation. The result obtained from this study is that the management carried out in the pre-marriage school program is designed through several stages to be able to implement its activities online and offline. Meanwhile, the evaluation to the participants of the activity was carried out digitally through a google form sent via whatsapp group, while there was an evaluation carried out offline, namely with the Salman ITB Da'wah Field. The supporting factor of this activity is the enthusiasm of all parties involved (participants, committees, and resource persons). While the inhibiting factors are the lack of participants and delays in information from sources who will provide material.
Abstrak. Penelitian ini dilatar belakangi dengan banyaknya kasus perceraian dan kekerasan rumah tangga di masyarakat. Kegiatan sekolah pra-nikah di Masjid Salman ITB merupakan salah satu model pendidikan keluarga dengan memberikan pembekalan terhadap persiapan berkeluarga yang berbasis masjid. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji dan menganalisis terkait pengelolaan dari program sekola pra nikah di Masjid Salman ITB. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. dapun Teknik pengambilan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pengelolaan yang dilakukan pada program sekolah pra nikah dirancang melalui beberapa tahapan untuk dapat diimplementasikan kegiatannya secara online dan offline. Sedangkan pada evaluasi kepada peserta kegiatan dilakukan secara digital melalui google form yang dikirim melalui grup whatsapp, sedangkan ada evaluasi yang dilakukan secara offline yaitu bersama Bidang Dakwah Salman ITB. Adapun faktor pendukung kegiatan ini yaitu adanya antusiasme dari seluruh pihak yang terkait (peserta, panitia, dan narasumber). Sedangkan faktor penghambatnya adalah minimnya peserta dan keterlambatan informasi dari narasumber yang akan memberikan materi.
References
Aji, D. (2018). Pendidikan Pranikah di Yayasan Pendidikan Nurul Ilmi Sleman Yogyakarta dalam Perspektif Pendidikan Islam. In Journal of Controlled Release. Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Dewi, L. K. (2019). Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Pelaksanaan Kursus Pra Nikah Untuk Mewujudkan Keluarga Sakinah. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 33. https://doi.org/10.30659/jpai.2.1.33-50
Djadjuli, R. D. (2019). Pelaksanaan Pengawasan Oleh Pimpinan Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai. Pelaksanaan Pengawasan Oleh Pimpinan Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai, 4(567–568), 565–573.
Dr. Nan Rahminawati, Dra., M. P. (2023). Manajemen Pendidikan (Vol. 01). UPT. Publikasi ilmiah UNISBA.
Ghozali, A. R. (2003). Fiqh Munakahat (pertama). Kencana Prenada Media Group.
Jatimurti. (2018a). Analisis Deskriptif Manajemen Sekolah Pra-Nikah di Masjid Salman. 4.
Jatimurti. (2018b). Analisis Deskriptif Manajemen Sekolah Pra-Nikah di Masjid Salman. 4.
Labaso, S. (2023). Konsep Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadis. As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 6(1), 427–437. https://doi.org/10.47467/as.v6i1.5005
Rizki, I. N. (2021). Efektivitas Sekolah Pra Nikah Dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah Di Mesjid Fatimatuzzuhra Di Universitas Soedirman Purwokerto. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.
Yanti, V. V., Abdullah, J., & Purwanto, Y. (2023a). Model Pembekalan Persiapan Keluarga Berbasis Masjid Melalui Program Sekolah Pra Nikah (SPN). April.
Yanti, V. V., Abdullah, J., & Purwanto, Y. (2023b). Model Pembekalan Persiapan Keluarga Berbasis Masjid Melalui Program Sekolah Pra Nikah (SPN). April.