https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Pembacaan Ayat dan Surat Pilihan dalam Al-Qur’an Pada Waktu Dzikir

Authors

  • Ramadhani Nurinsani Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung
  • Ikin Asikin Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung
  • Sobar Al Ghazal Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpai.v4i2.5328

Keywords:

Living Qur’an, Dzikir, Pendidikan Islam

Abstract

Abstract. This research will discuss of the learning process regarding educational values carried out through the process of recitation, tafhim, tathbiq Al-Qur'an as well functions and benefits of Cukang Lantaran for the congregation. The purpose this study is to explain Living Qur'an procession carried out at Cukang Lantaran and to find out functions and benefits of dhikr for religious study group. The research method used is a qualitative method with  descriptive approach. Data collection techniques use interview data, documentation, and observation. The results of this study are (1) The procession begins by reading istighfar then continues by reading several selected verses and surahs, followed by reading prayers contained in Majmu Syarif then reading Surah Yasin, and finishes by asmaul husna. (2) The values of Islamic education instilled in the Cukang Lantaran are three values, namely aqidah, worship, and moral. (3) The function of Cukang Lantaran is to provide a way to spen free time, A place where we can get to know the teachings of Islam and the Qur'an, Facilitate affairs. The benefits of the Cukang Lantaran for the group are to get closer to Allah and be able to control emotions in ourselves, through dhikr, wishes are believed be to answered swiftly.

Abstrak. Penelitian ini akan membahas betapa pentingnya proses pembelajaran mengenai nilai-nilai pendidikan yang dilakukan melalui proses tilawah, tafhim dan tathbiq Al-Qur’an serta fungsi dan manfaat dari adanya pengajian Cukang Lantaran ini bagi jamaah. Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan prosesi Living Qur’an yang dilakukan di pengajian Cukang Lantaran, untuk mengetahui fungsi dan manfaat dzikir bagi jamaah pengajian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan data wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Prosesi yang dilakukan dimulai dengan membaca istighfar lalu membaca beberapa ayat dan surat pilihan, dilanjutkan dengan membaca do’a-do’a yang terdapat dalam kitab Majmu Syarif kemudian membaca surat Yasin dan diakhiri dengan membaca asmaul husna. (2) Nilai pendidikan Islam yang ditanamkan kepada jamaah pengajian Cukang Lantaran terdapat tiga nilai yaitu nilai aqidah, nilai ibadah, serta nilai akhlak (3) Fungsi Pengajian Cukang Lantaran sebagai pengisi waktu luang, Tempat mengenal ajaran Islam dan Al-Qur'an, Mempermudah urusan. Manfaat pengajian Cukang Lantaran bagi jamaah adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT, mampu mengontrol emosi dalam diri, dan dengan berdzikir, keinginan akan lebih cepat terkabul.

References

Amin, M. Z. M., Arip, N. ’Afif, Mustaffha, A. M., & Ellias, Mohd. S. (2024). PENEROKAAN AMALAN PEMERKASAAN ROHANI DALAM MAJMŪ ’ SHARĪF : PENELITIAN KRITIKAL KE ATAS DOA KANZ AL- ‘ ARSH DAN DOA HAIKAL EXPLORING SPIRITUAL EMPOWERMENT PRACTICES IN MAJMŪ ’ SHARĪF : A CRITICAL STUDY OF THE KANZ AL - ‘ ARSH PRAYER AND. Journal of Islamic, Social, Economics and Development (JISED), December 2023. https://doi.org/10.55573/JISED.085916

Astuti, H. K. (2022). Penanaman Nilai-nilai Ibadah di Madrasah Ibtidaiyah dalam Membentuk Karakter Religius. Mumtaz, 1(2), 61–70.

Atin, M. M. (2018). Nilai-Nilai Aqidah Dalam Novel Ayat-Ayat Cinta 2. Insania, 23(2), 242–255.

Auliya Nisa, Erhamwilda, & Khambali. (2023). Implementasi Program Etika untuk Membentuk Akhlakul Karimah Santri di Pondok Pesantren. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 105–112. https://doi.org/10.29313/jrpai.v3i2.2976

Daulay, M. Y., & Amini, N. R. (2022). Pengajian-Pengajian Muhammadiyah Dan ’Aisyiyah. … Islami: Jurnal Pendidikan …, 825–840. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.1577

Didi Junaedi. (2015). Living Qur ’ an di Pesantren : Studi Tentang Tradisi Pembacaan Surat Al-Waqi’ah Setiap Hari di Pondok Pesantren As-Siroj Al Hasan Desa Kalimukti Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon. Journal of Qur’an and Hadith Studies, 4(2), 169–190.

Ismaya, N., Ratnawati, R., & Ristianti, D. H. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Kendurei Dulang Pat. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(3), 80–98. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i3.103

Kenia, & Asep Dudi Suhardini. (2022). Peningkatan Pemahaman Siswa terhadap Mata Pelajaran Akidah Akhlak melalui Metode Index Card Match. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 87–94. https://doi.org/10.29313/jrpai.v2i2.1261

Moh Saepudin, D. (2019). Living Surah al-‘Aṣr in Limbangan Tengah Village [Membumikan Surat al-‘Asr di Desa Limbangan Tengah]. Proceeding of Community Development, 2, 436. https://doi.org/10.30874/comdev.2018.438

Ramadayanto, A., Darmawan, D., & Taufiq, W. (2021). Nilai Nilai Akhlaqul Karimah Dalam Surah Al Fatihah. Jurnal Iman Dan Spiritualitas, 1(3), 297–310. https://doi.org/10.15575/jis.v1i3.13011

Sari, U. D. (2018). Urgensi & Pemahaman Masyarakat Terhadap Bacaan Zikir (Studi Living Qur’an Pada Majelis Zikir Istighatsah Padepokan Al-Qur’an Tanpa Nama (PQTN)). Skripsi: Jurusan Ilmu Qur’an Dan Tafsir Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, 15018, 1–23.

Syuaeb, A. I., & Ismail, A. asri. (2023). Tradisi Pembacaan Asmaul Husna Ahad Pagi di Masjid Taufiqul Huda Cipayung Ciputat: Study Living Qur’an. Al-Dhikra.

Ulhiyah, Ummah, N., & Yuskhan, B. (2022). Tradisi Pembacaan Qs. At-taubah ayat 128-129 di Pondok Pesantren Roudhatul Qoni’in Serang (Study Living Qur’an). Hamalatul Qur’an : Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Qur’an, 3(1), 9–17.

Downloads

Published

2024-12-31