Upaya Guru dalam Membangun Karakter Religius Melalui Program Kelas Cerdas Keagamaan
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrpai.v4i2.5325Keywords:
Karakter Religius, Ceramah, MHQAbstract
Abstract. This study aims to: 1) determine the objectives of the Religious Excellence Class Program, 2) understand the implementation process of the program in shaping the religious character of students, and 3) identify the supporting and hindering factors in the effort to build religious character. The findings of the study indicate that: 1) The program aims to produce graduates who are intellectually capable and have Islamic character, to train a generation of Qur’anic scholars, to develop students' self-abilities, and to enhance their confidence as Muslims. 2) The religious character being developed includes the spirit of jihad in spreading Islam, increasing religious knowledge, tolerance towards other religions, performing good deeds and avoiding wrongdoings, being a good example of ethics, love for the Quran, faith and piety, and a close relationship with Allah Swt. 3) Supporting factors for this program include school and teacher policies, the role of teachers and class supervisors, and adequate facilities and infrastructure. Meanwhile, hindering factors include a less innovative syllabus, a shortage of teachers and professional expertise, and lack of synergy between the school and parents.
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui tujuan Program Kelas Cerdas Keagamaan, 2) memahami proses pelaksanaan program dalam membentuk karakter religius peserta didik, dan 3) mengidentifikasi faktor pendukung serta penghambat dalam upaya pembentukan karakter religius. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya: 1) Program ini bertujuan menghasilkan lulusan yang cerdas intelektual dan berwatak islami, mencetak generasi ulama Qur’ani, mengembangkan kemampuan diri peserta didik, dan meningkatkan rasa percaya diri sebagai umat Muslim. 2) Karakter religius yang dibangun meliputi semangat jihad dalam menyebarkan Islam, penambahan wawasan keagamaan, toleransi terhadap agama lain, amal ma’ruf nahi munkar, uswatun hasanah, cinta terhadap Al-Qur’an, keimanan dan ketakwaan, serta kedekatan dengan Allah Swt. 3) Faktor pendukung program ini meliputi kebijakan sekolah dan guru, peran guru dan wali kelas, serta sarana dan prasarana yang baik. Sementara faktor penghambatnya adalah silabus yang kurang inovatif, kekurangan tenaga guru dan keprofesionalan, serta ketidaksinergian antara sekolah dan orangtua.
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press.
Andrianie, S., Arofah, L., & Ariyanti, R. D. (2021). Karakter Religius : Sebuah Tantangan Dalam Menciptakan Media Pendidikan Karakter (T. Q. Media, Ed.). Qiara Media.
Arofah, L., Andrianie, S., & Ariyanto, R. D. (2021). Skala Karakter Religius Sebagai Alat Ukur Karakter Religius Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6(2), 16–28. https://doi.org/10.29407/pn.v6i2.14992
Fatwa, A. (2023). Implementasi Pembelajaran Karakter Siswa Sdit Alam Bina Insani Melalui E-Book Cerita. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, 3(1), 53–66. https://doi.org/10.28918/ijiee.v3i1.6939
Hariyanto. (2021). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Pembangunan Karakter Bangsa. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 95–100. https://doi.org/10.51878/learning.v1i1.205
Lestari, I., & Handayani, N. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Khususnya Sma/Smk Di Zaman Serba Digital. Guru Pencerah Semesta, 1(2), 101–109. https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.606
Luthfiyah, R. (2021). Penanaman Nilai Karakter Religius Pendidikan Islam di Lingkungan Sekolah RA Hidayatus Shibyan Temulus. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 5(02), 513–526.
Mupid, N. I. dan H. (2021). Pentingnya Menanamkan Pendidikan Nilai di Indonesi Dalam Membentuk Karakter. Junal Edueksos, 10(2), 195–220.
Muspawi, M. (2018). Pelatihan Menulis Kaligrafi Arab Bagi Siswa SD No. 76/IX Desa Mendalo Darat Kec. Jaluko Kab. Muaro Jambi. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 2(1), 37–45. https://doi.org/10.22437/jkam.v2i1.5429
Nofijantie, L. (2021). Peran Lembaga Pendidikan Formal Sebagai Modal Utama Membangun Karakter Siswa Lilik Nofijantie ( IAIN Sunan Ampel Surabaya ). Annual International Conference On Islamic Studies, 2947–2970.
Rahma Nurbaiti, Susiati Alwy, I. T. (2020). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan. Journal of Islamic Elementary Education, 2(March), 55–65.
Rahmadayani, P., Badarussyamsi, & el-Widdah, M. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Peningkatan Karakter Religius Siswa. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(2), 213–238. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i2.149
Revalina, A. dkk. (2023). Degradasi Moral Siswa-Siswi Dalam Penerapan Nilai Pancasila Ditinjau Dari Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(1), 24–36.
Saldana. (2020). Qualitative Data Analysis. USA: Sage Publisher. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Zailiah, S. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Religius bagi Peserta Didik. 4(2), 54–62.
Zakiyah, L. (2021). Peran Program Ekstrakulikuler Dalam Membangun Karakter Islami Peserta Didik di SMPN 1 Singosari Malang.