https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick terhadap Peningkatan Motivasi Belajar

Authors

  • Alvia Sabrina Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung
  • Ayi Sobarna Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung
  • Haditsa Qurani Nurhakim Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpai.v4i2.5323

Keywords:

Model Pembelajaran, Kooperatif Talking Stick, Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam

Abstract

Abstract. The aim of this research is to determine the level of student learning motivation in Islamic Religious Education lessons on historical material, namely the Khulafaurrasyidin Struggle, by applying the Cooperative Talking Stick learning model, as well as to determine the differences between the learning motivation of the two classes, namely the experimental class and the control class. This research uses a quantitative approach with a quasi-experimental method with a nonequivalet control group design. The results of the research show 1) The learning motivation of students in the control class did not experience a high increase in learning motivation but was only stuck at a moderate level. 2) Students' learning motivation in the experimental class experienced a very significant increase and reached a high level after being treated with the Talking Stick cooperative learning model. 3) The effectiveness of student learning motivation results between the experimental class and the control class can be proven by t-test analysis, obtained t value > t table (15.492 > 2.002), so it can be concluded that H_o is rejected and H_i is accepted, meaning there is an average difference between the post-test experimental class and post-test control class.

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam materi sejarah yaitu Perjuangan Khulafaurrasyidin dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Talking Stick, serta mengetahui perbedaan dari antara motivasi belajar dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitan ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan bentuk desain Nonequivalet kontrol Group Design. Hasil penelitian menunjukan 1) Motivasi belajar siswa di kelas kontrol tidak mengalami peningkatan motivasi belajar yang tinggi namun hanya stuck pada taraf yang sedang. 2) Motivasi belajar siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan yang sangat signifikan dan mencapai taraf tinggi setelah diberikan perlakuan model pembelajaran kooperatif talking Stick. 3) Efektivitas hasil motivasi belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat dibuktikan dengan analisis t-test, diperoleh nilai t hitung > t tabel (15,492 > 2,002), maka dapat disimpulkan  ditolak dan  diterima berati terdapat perbedaan rata rata antara post-test kelas eksperimen dan post-test kelas kontrol.

References

Ahyar, D. B., Prihastari, E. B., Setyaningsih, R., Rispatiningsih, D. M., Zanthy, L. S., Fauzi, M., ... & Kurniasari, E. (2021). model model pembelajaran. pradina pustaka.

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80-86.

Asda, Y. (2022). Efektivitas Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa Man Model Banda Aceh. Pendalas: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 2(3), 160–174. https://doi.org/10.47006/pendalas.v2i3.129

Djarwo, C. F. (2020). Analisis Faktor Internal dan Eksternal terhadap Motivasi Belajar Kimia Siswa SMA Kota Jayapura. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 7(1), 1–7.

Emirita E. (2018). Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Akhlak dan Kedisiplinan Siswa di SDIT Insan Robbani Lampung Utara.

fahrudin, ansar, ahmad shofituddin ichsan. (2021). Pembelajaran Konvensional dan Kritis Kreatif dalam Perspektif Pendidikan Islam [Conventional and Critical Creative Learning in the Perspective of Islamic Education]. Hikmah, 18(1), 64–80.

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529

Hamuni, Idrus, M., & Aswati. (2022). Perkembangan Peserta Didik.

Irmawati, S., Prasetyo, T., & Hartono, R. (2022). Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Masalah Sosial. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 1(1), 23–31. https://doi.org/10.56855/jpsd.v1i1.47

Kusumawati, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Dengan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Kertosari II Kabupaten Madiun. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 4(1), 87–100. https://doi.org/10.21154/ibriez.v4i1.66

M, S. P. U. S. H. J. 1442 H. 2021. (2008). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Masyarakat Pluralistik (Studi Pada Yayasan Pendidikan Islam Papua) Diajukan.

Muhaemin B. (2013). Urgensi Motivasi Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa. Adabiyah, XIII(1), 47–54.

Nuraini, N. L. S., & Laksono, W. C. (2019). Motivasi Internal dan Eksternal Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 28(2), 115–124. https://doi.org/10.17977/um009v28i22019p115

Octavia, S. A. (2020a). Model-model Pembelajaran. depublish.

Octavia, S. A. (2020b). Motivasi belajar dalam perkembangan remaja.

Parwati, N. N., Suryawan, P. P., & Apsari, R. A. (2018). Belajar dan Pembelajaran.

Putra, I. G. D., Widiana, I. W., & Wibawa, I. M. C. (2020). Peran Model Pembelajaran Scramble Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 409. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27437

Sappaile, B. I., Ahmad, Z., Putu, I., Dharma Hita, A., Razali, G., Lokita, R. D., Dewi, P., & Punggeti, R. N. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif: Apakah efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik? Journal on Education, 6(1), 6261–6269.

Setyanto, N. A. (2017). Interaksi dan komunikasi efektif belajar-mengajar. Diva Press.

Sianturi, R. W., Harianaja, S. D., Anakampun, R., Tobing, L. L., & Naibaho, F. R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Keaktifan Belajar PAK Siswa di SMP Negeri 1 Harian Kabupaten Samosir Tahun Pembelajaran 2023/2024. Jurnal Teologi Injili Dan Pendidikan Agama, 1(4), 82–95.

Sidabutar, M. (2020). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa. Epistema, 1(2), 117–125. https://doi.org/10.21831/ep.v1i2.34996

Tahsinia, J., Arini, D. A., Gianistika, C., Ropiah, N. S., & Kooperatif, P. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Picture And Picture Pada Mata Pelajaran IPS Materi Peninggalan Sejarah di Indonesia. 110–124.

Wulandari, D. (2022). Metode Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar. Aksioma Ad-Diniyah, 10(1). https://doi.org/10.55171/jad.v10i1.690

Wulandari, W., Azmi, S., Kurniati, N., & Hikmah, N. (2021). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Persepsi Siswa Tentang Cara Guru Mengajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 455–466. https://doi.org/10.29303/griya.v1i3.86

Downloads

Published

2024-12-31