https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Implementasi Program Muhadharah dalam Pembentukan Karakter Percaya Diri Peserta Didik

Authors

  • Diana Mukti Lestari Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Aep Saepudin Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpai.v4i1.3879

Keywords:

Percaya Diri, Program Muhadharah

Abstract

Abstract. Self-confidence is an important aspect in the development of one's personality and acts as a determinant or driver of one's behavior and actions. This research uses a qualitative approach as the method applied. The method used in this study uses analytical descriptive research methods with case study types. In planning the Muhadharah Program at SMA Plus Baiturrahman Ujung Berung Bandung City, of course, there is a background behind how the process of forming this Muhadharah Program. That is against the background of the vision and mission that has been formed by the school. Muhadharah activities are a means for students to speak in front of their peers in the form of speeches. The Muhadharah program at SMA Plus Baiturrahman is an activity that must be followed every Friday after the Dhuhr prayer by every student from class X to class XII where this muhadharah activity uses 3 languages, namely Arabic, English, and Indonesian. Various obstacles arise, including but not limited to the lack of interest of learners in muhadharah training, lack of confidence, limited completeness of facilities, variety of student characteristics, as well as monotonous material delivery.

Abstrak. Percaya diri merupakan aspek penting dalam perkembangan kepribadian seseorang dan berperan sebagai penentu atau pendorong perilaku dan tindakan seseorang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sebagai metode yang diterapkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analitik dengan tipe studi kasus. Dalam perencanaan Program Muhadharah di SMA Plus Baiturrahman Ujung Berung Kota Bandung, tentunya terdapat latar belakang yang melatarbelakangi bagaimana proses terbentuknya Program Muhadharah ini. Yaitu dengan dilatar belakangin oleh visi misi yang telah dibentuk oleh sekolah. Kegiatan muhadharah merupakan sarana bagi Peserta didik untuk berbicara di depan teman-teman mereka dalam bentuk pidato. Program Muhadharah di SMA Plus Baiturrahman adalah kegiatan yang wajib diikuti setiap hari jumat setelah shalat dzuhur oleh setiap peserta didik dari kelas X sampai kelas XII yang dimana kegiatan muhadharah ini menggunakan 3 bahasa yaitu Arab, Inggris, dan Indonesia. berbagai rintangan muncul, termasuk tetapi tidak terbatas pada kurangnya minat peserta didik terhadap pelatihan muhadharah, kekurangan kepercayaan diri, kelengkapan fasilitas yang terbatas, variasi karakteristik Peserta didik, serta pengiriman materi yang monoton.

References

Alhamuddin, A., & Rosyadi Satria Hamdani, F. F. (2018). HIDDEN CURRICULUM: POLARISASI PESANTREN DALAM UPAYA MEMBENTUK KESALEHAN INDIVIDU DAN SOSIAL (. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 5(1), 50–65. https://doi.org/10.53627/jam.v5i1.3351

Auliya Nisa, Erhamwilda, & Khambali. (2023). Implementasi Program Etika untuk Membentuk Akhlakul Karimah Santri di Pondok Pesantren. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 105–112. https://doi.org/10.29313/jrpai.v3i2.2976

Imam Musbikin. (2021). Tentang Pendidikan Karakter dan Religius Dasar Pembektukan Karakter.

Kenia, & Asep Dudi Suhardini. (2022). Peningkatan Pemahaman Siswa terhadap Mata Pelajaran Akidah Akhlak melalui Metode Index Card Match. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 87–94. https://doi.org/10.29313/jrpai.v2i2.1261

M.Andi Setiawan. (2017). Belajar dan pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.

Peter Lauster. (2005). Tes Kepribadian. Bumi Aksara.

Sujana, I. W. C. (2019). FUNGSI DAN TUJUAN PENDIDIKAN INDONESIA. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2). https://doi.org/10.29210/3003205000

Yofita, & Apianti. (2003). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Metode Bercerita. PT Indeks.

Downloads

Published

2024-07-26