https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together dalam Pemahaman Ilmu Tajwid

Authors

  • Sylmi Nurfitrasari Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Nurul Afrianti Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpai.v4i1.3878

Keywords:

Pemahaman, Ilmu Tajwid, Numbered Head Together (NHT)

Abstract

Abstract. This research aims to determine the influence of the cooperative learning model typeNumbered Head Together (NHT) on the understanding of the science of recitation of class 12 students at SMAN 1 Cileunyi. The research method used in this research is quasi-experimental with a quantitative approach, and for data collection using test, observation and interview techniques. The results of this research show that the NHT type cooperative learning model is influential, as can be seen from the average score of the experimental class getting an average learning outcome of 84.19 while the control class got a learning outcome of 72.23. After analyzing the data through testingindependent samples t test with the help of SPSS 29, there are significant differences in learning outcomes between experimental classes using the methodNumbered Head Together (NHT) with a control class that uses conventional methods and has an impact on improving learning outcomes. However, Tajwid science lessons at SMAN 1 Cileunyi will continue to maximize learning in class so that students' understanding of Tajwid science continues to increase and they can apply it when reading the Al-Qur'an.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap pemahaman ilmu tajwid siswa kelas 12 di SMAN 1 Cileunyi. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, dan untuk pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh, terlihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen mendapatkan hasil belajar rata-rata 84,19 sedangkan kelas kontrol mendapatkan hasil belajar 72,23. Setelah dilakukan analisis data melalui uji independent samples t test dengan bantuan SPSS 29, terdapat perbedaan signifikan hasil belajar antar kelas eksperimen yang menggunakan metode Numbered Head Together (NHT)  dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional dan berdampak pada peningkatan hasil belajar. Meskipun demikian, pelajaran ilmu tajwid di SMAN 1 Cileunyi akan terus memaksimalkan pembelajaran di kelas agar pemahaman ilmu tajwid siswa terus meningkat dan bisa mengaplikasikannya ketika membaca Al-Qur’an.

References

A. P. Iswari, E. S., Sunarsih, & A. G. Thamrin. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Antara Model Pembelajaran Konvensional Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (Tai) Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X TGB di Smk Negeri 2 Surakarta.

A. Shoimin. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatf dalan Kurikulum 2013. Ar-Ruzz media.

Abidin, M. Z., & Listyorini, T. (2018). Game Edukatif Membaca Al-Qur’an (Ilmu Tajwid) Berbasis Android. SINTECH (Science and Information Technology) Journal, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.31598/sintechjournal.v1i1.153

Ahmad Kharis. (2019). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Berbasis IT pada Tematik.

Aunurrahman. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta.

Ina Magdalena, Miftah Nurul Annisa, Gestiana Ragin, & Adinda Rahma Ishaq. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test dan Post-Test pada Mata Pelajaran Matematika dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran di SDN Bojong 04.

Indah Indiriani Tanjung, Nurhayati, & Raudatul Jannah. (2021). Pembelajaran Baca Tulis Alquran Dalam Dunia Pendidikan. Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.56114/al-ulum.v1i2.53

Ismun Ali. (2021). Pembelajarankooperatif(Cooperativelearning)Dalampengajaranpendidikanagamaislam.

Jessieca Annisa Meygamandhayanti, & Aep Saepudin. (2022). Implementasi Metode Talaqqi melalui Pembelajaran Hybrid pada Mata Pelajaran Tahfidz Al-Qur’an. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 73–80. https://doi.org/10.29313/jrpai.v2i2.1163

Kurnia, A. (2017). Implementasi Metode Al-Hidayah Dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an. Jurnal Tatsqif, 15(1), 69–96. https://doi.org/10.20414/j-tatsqif.v15i1.1309

Lagur, D. S., Makur, A. P., & Ramda, A. H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 357–368. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.160

M. A. Amir. (2019). Ilmu Tajwid Praktis. Pustaka Baitul Hikmah Harun Ar-Rasyid.

M. Fathurrohman. (2006). Model-Model Pembelajaran. Ar-Ruzz media.

M. Huda. (2011). Cooperative Learning : Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan. Pustaka Pelajar.

Muhammad, D. H. (2019). Upaya Peningkatan Baca Tulis Al-Quran Melalui Metode Qiroati. JIE (Journal of Islamic Education), 3(2), 142. https://doi.org/10.29062/jie.v3i2.97

Nabila. (2021). Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Pedidikan Indonesia, 2(5), 867–875.

Nabila Nabila. (2021). Tujuan Pendidikan Islam.

Nazar Hamid. (2022). Cooperative Learning Type Number Head Together: A Literature Review Perspective.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuatitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

U. Mukhtar. (2021). 65 Persen Muslim Indonesia tidak Bisa Baca Alquran. Republika.

Zaim, M. (2019). Tujuan Pendidikan Perspektif Al-Quran Dan Hadits (Isu Dan Strategi Pengembangan Pendidikan Islam). Muslim Heritage, 4(2). https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v4i2.1766

Downloads

Published

2024-07-26