https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Keterlibatan Guru PAI dalam Menangani Perilaku Bullying Siswa di SDN Lembang

Authors

  • Dinda Zahra Prasmana Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Nadri Taja Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpai.v4i1.3874

Keywords:

Guru PAI, Bullying, Siswa

Abstract

Abstract. This study is motivated by the problem of student bullying behavior that occurs in SDN Lembang, PAI teachers have involvement in dealing with and preventing bullying behavior in SDN Lembang. The purpose of this study was to determine the type of student bullying behavior that occurs in SDN Lembang, the role of PAI teachers in dealing with bullying behavior of students in SDN Lembang, as well as supporting and inhibiting factors of PAI teachers in dealing with bullying behavior of students in SDN Lembang. This study uses a qualitative approach to the type of analytical descriptive research that is a method of data analysis that compares the facts, properties, and relationships between phenomena that occur with theories related to the problem under study, so that a conclusion can be drawn. Data collection was done by observation, interview, and documentation. The subject of this study is PAI teachers in SDN Lembang related to the handling of bullying behavior. The result of this study is bullying students found in SDN Lembang is bullying behavior verbally and psychologically. PAI teachers at SDN Lembang have a role as educators, mediators, and counselors in preventing and dealing with bullying behavior of students.

Abstrak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan perilaku bullying siswa yang terjadi di SDN Lembang, guru PAI memiliki keterlibatan dalam menangani dan mencegah perilaku bullying di SDN Lembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis perilaku bullying siswa yang terjadi di SDN Lembang, peran guru PAI dalam menangani perilaku bullying siswa di SDN Lembang, serta faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam menangani perilaku bullying siswa di SDN Lembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analitis yaitu metode analisis data yang membandingkan fakta-fakta, sifat-sifat, dan hubungan antara fenomena yang terjadi dengan teori-teori yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti, sehingga dapat ditarik suatu kesimpulan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah guru PAI di SDN Lembang terkait dengan penangan perilaku bullying. Hasil dari penelitian ini adalah bullying siswa yang ditemukan di SDN Lembang adalah perilaku bullying secara verbal dan secara psikologis. Guru PAI di SDN Lembang memiliki peran sebagai edukator, mediator, dan konselor dalam mencegah dan menangani perilaku bullying siswa.

References

Annastasya, A., & Sari, E. Y. (2022). Analisis Dampak Psikologis Verbal Bullying pada Anak Kelas 4 SDN 2 Podorejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Arus Jurnal Pendidikan, 2(2), 153–160. https://doi.org/10.57250/ajup.v2i2.83

Aulia, N. I. P., & Araniri, N. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Al-Mau’izhoh, 3(1), 9. https://doi.org/10.31949/am.v3i1.3194

Dewi, Y. R., Satria, F., & Rahayu, M. (2023). Implementasi Voice Recognition pada Sistem Pengawasan Anak-Anak Dalam Berkata Kasar Melalui Smartphone Dengan Koneksi WiFi. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 7(1), 20–25.

Fauziah Dewi Rahayu, Nan Rahminawati, & Ikin Asikin. (2023). Upaya Guru PAI dalam Peningkatan Hasil Belajar Materi Thaharah Siswa Kelas IV SD. JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 3(1).

Munawir, M., Salsabila, Z. P., & Nisa’, N. R. (2022). Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 8–12. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.327

Muzdalifah. (2020). Bullying. 50–65.

Naimah, N. (2023). Peran Guru sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa di MAN 1 Banjarmasin. PADARINGAN (Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi), 5(01), 12. https://doi.org/10.20527/pn.v5i01.7159

Oktaviany, D., & Ramadan, Z. H. (2023). Analisis Dampak Bullying Terhadap Psikologi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1245–1251. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5400

Olweus. (1994). Bullying at School. Australia: Blacwell.

SEJIWA. (2008). Bullying Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak (Tim Yayasan Semai Jiwa Amini) (A. Nusantara, Ed.). PT. Grasindo.

Su’dadah, S. (2014). Kedudukan Dan Tujuan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Jurnal Kependidikan, 2(2), 143–162. https://doi.org/10.24090/jk.v2i2.557

Sundari, F. (2017). Peran Guru Sebagai Pembelajar dalam Memotivasi Peserta Didik Usia SD. Prosiding Diskusi Panel Pendidikan, April, 60–76.

Yuliani, N. (2019). Fenomena Kasus Bullying Di Sekolah. Research Gate, 2.

ZAKIYAH, E. Z., HUMAEDI, S., & SANTOSO, M. B. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 324–330. https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14352

Downloads

Published

2024-07-26