Implikasi Pendidikan dari QS Ali-Imran 133- 135 tentang Ciri-Ciri Orang Yang Bertaqwa
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrpai.v4i1.3873Keywords:
Akhlak, sesama manusia, Ali-Imran 133-134Abstract
Abstract. This research focuses on studying Q.S Ali-Imran verses 133-135 regarding the characteristics of people who are devoted to morals towards fellow humans. The focus of this research includes 1) What is the content of the Al-Qur'an Surah Ali-Imran verses 133-135 according to the commentator? 2) What are the views of education experts regarding morals towards fellow humans? 3) What is the essence of the Koran, Surah Ali-Imran verses 133-135? 4) What are the implications of education in Al-Qur'an Surah Ali-Imran verses 133-135 regarding the characteristics of people who are devoted to morals towards fellow humans? In this research the author uses the library research method and is included in the qualitative-descriptive research type and in interpreting the Al-Qur'an uses the tahlili interpretation method. Library research. As a result of this research, the writer concludes that the educational implications contained in Q.S Ali-Imran verses 133-135.
Abstrak. Penelitian ini berfokus untuk mengkaji Q.S Ali-Imran ayat 133-135 mengenai ciri-ciri orang yang bertaqwa terhadap akhlak kepada sesama manusia. Fokus penelitian ini meliputi 1)Apa isi kandungan dari al-Qur’an surat ali-Imran ayat 133-135 menurut mufasir? 2) Bagaimana pandangan ahli pendidikan mengenai akhlak kepada sesama manusia? 3) Apa esensi dari al-Qur’an surat ali-Imran ayat 133-135 menurut? 4) Bagaimana implikasi pendidikan dalam al-Qur’an surat ali- Imran ayat 133-135 tentang ciri-ciri orang yang bertaqwa terhadap akhlak kepada sesama manusia?. Dalam penelitian ini penulis memakai metode library research dan termasuk dalam jenis penelitian kualitatif-deskriptif serta dalam menafsirkan Al-Qur’an menggunakan metode tafsir tahlili. Library research. Hasil dari penelitian ini penulisan mengambil kesimpulan bahwa implikasi pendidikan yang terkandung dalam Q.S Ali-Imran ayat 133-135.
References
Asmaran. (1997). Pengantar Studi Akhlak. PT Raja Grafindo.
Chasanah, I., Mubarak, M., & Hairina, Y. (2022). Kepribadian Muhsin dan Tingkat Stres Mahasiswa Psikologi Islam UIN Antasari dalam Menghadapi Covid-19. Jurnal Al-Husna, 2(1), 1. https://doi.org/10.18592/jah.v2i1.4419
Elhany, H. (2018). METODE TAFSIR TAHLILI DAN MAUDHU’I. Ath Thariq Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 2(1), 288. https://doi.org/10.32332/ath_thariq.v2i1.1078
Hasan, Moch. S. (2017). Manajemen Marah dan Urgensinya dalam Pendidikan. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 84–107. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v1i2.20
Ma’ruf, I. (2016). Kepemimpinan Khalifah Ali Bin Abi Thalib (Dalam Buku Biografi Ali Bin Abi Thalib Karya Ali Audah) dan Relevansinya dalam Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam.
Masroni, S. (2023). Diambil kembali dari Srambinews.com. Tribunnews.Com.
Mudasir, A. (2017). Pendidikan Karakter Dalam Tafsir Al-Qur’an Surat Ali-Imran Ayat 133-136. Institut Agama Islam Negeri.
Muttaqin, A. A. Z., Ainusyamsi, F. Y., & Iswanto, P. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Sosial dalam Al-Qur’an Surat Ali Imran Ayat 134 (Analisis Tafsir Al-Qur’an Al-Azhim Karya Ibnu Katsir). Bestari | Jurnal Studi Pendidikan Islam, 17(1), 43. https://doi.org/10.36667/bestari.v17i1.470
Nizar, M. (2016). Sumberdana Dalam Pendidikan Islam (Kepemilkan Harta dalam Perspektif Islam).
Purwanti, D. (2020). Pengaruh Zakat, Infak, dan Sedekah terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(1), 101. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i1.896
Rahman, T. (2015). AKUNTANSI ZAKAT, INFAK DAN SEDEKAH (PSAK 109): Upaya Peningkatan Transparansi dan Akuntabilitas Organisasi Pengelola Zakat (OPZ). Muqtasid: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(1), 141. https://doi.org/10.18326/muqtasid.v6i1.141-164