Nilai Pendidikan terhadap Amar Ma’ruf Nahi Munkar dalam QS Ali Imran 104 dan 110
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrpai.v4i1.3870Keywords:
Amar Ma'ruf Nahi Munkar, Pendidikan Islam, Ali Imran: 104 dan 110Abstract
Abstract. Education is assistance to students with full awareness, whether with tools or not, in their obligation to develop and grow themselves to improve their abilities and roles as individuals and members of society, especially in inviting good and away from evil. The purpose of this study is to obtain an overview of the opinions of the mufassirs about the contents of the Qur'an in Surah Ali Imran 104 and 110. The research was carried out with the interpretation of tahlili, namely describing the values contained in the verses and then interpreting the vocabulary, background, the relation of other verses, and opinions regarding this interpretation. Based on the results of an analysis of educational values on the concept of amar ma'ruf nahi munkar in the Qur'an Suart Ali Imran verses 104 and 110, namely: (1) Faith, the definition of faith is a belief that is justified by the heart, spoken by the tongue and done by deed. (2) Be pious. Aqidah which can be interpreted as being careful or introspective. (3) Muslims, namely submitting themselves to Allah. (4) The Prophet strongly recommended to deepen knowledge (5) Da'wah the ability to order to do good, to prevent doing evil.
Abstrak. Pendidikan merupakan bantuan kepada peserta didik dengan penuh kesadaran, baik dengan alat atau tidak, dalam kewajiban mereka mengembangkan dan menumbuhkan diri untuk meningkatkan kemampuan serta peran dirinya sebagai individu dan anggota masyarakat terutama dalam mengajak kepada kebaikan dan menjauhi dari keburukan. Adapun tujuan penelitian ini yaitu: memperoleh gambaran pendapat para mufassir tentang isi kandungan qur’an surah Ali Imran 104 dan 110. Penelitian dilakukan dengan tafsir tahlili yaitu menguraikan nilai-liai yang terkandung didalam ayat lalu menafsirkan kosa kata, latar belakang, kaitan ayat lain, dan pendapat berkenaan dengan tafsir tersebut. Berdasarkan hasil analisis nilai-nilai pendidikan terhadap konsep amar ma’ruf nahi munkar dalam al-qur’an suart Ali Imran ayat 104 dan 110 yaitu: (1) Beriman, Definisi iman adalah keyakinan yang di benaarkan oleh hati, di ucapkan oleh lidah dan di lakukan oleh perbuatan. (2) Bertaqwa. Aqidah yang bisa diartikan sikap ke hati-hatian atau mawas diri. (3) Muslim yaitu menyerahkan diri kepada Allah. (4) Nabi sangat menganjurkan untuk mendalami suatu pengetahuan (5) Da’wah kemampuan untuk menyuruh berbuat ma’ruf, mencegah berbuat munkar.
References
Abuddin Nata, M. (2002). Tafsir Ayat-ayat Pendidikan. PT. Rajagrafindo Persada.
Aimul Yaqin, M. (2015). PENDIDIKAN ISLAM DALAM SOROTAN AL-QUR’AN DAN AL-HADIST. Duta Media Publishing.
Albadi. (2018). KRITIK ATAS KONSEP PEMIKIRAN PENDIDIKAN HUMANIS PAULO FEIRE. Guepedia.
Atiqoh, N. (2011). Konsep Amar Ma’ruf Nahi Mungkar dalam Tafsir Al-Misbah karya Quraish Shihab dalam Perspektif Dakwah.
Auliya Hamidah Haris Poernomo, & Nan Rahminawati. (2022). Studi Deskriptif Model Pembelajaran PAI Berbasis Lingkungan dalam Mewujudkan Visi Misi Sekolah. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 19–26. https://doi.org/10.29313/jrpai.v2i1.726
Badarussyamsi, B., Ridwan, M., & Aiman, N. (2021). AMAR MA‘RUF NAHī MUNKAR: SEBUAH KAJIAN ONTOLOGIS. TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 19(2), 270–296. https://doi.org/10.30631/tjd.v19i2.175
Badrudin, M. (2015). Pendidikan Islam dalam Al-Qur’an: Perspektif Syekh Abdul Qadir Jailani. Penerbit A-Empat.
Bahrun Abubakar, L. (2018). TERJEMAH TAFSIR JALALAIN BERIKUT ASBABUN NUZUL. Sinar Baru Algensindo.
Putri Maryam F, Mujahid Rasyid, & Heru Pratikno. (2023). Implikasi Pendidikan dari Surat Al-Kahfi Ayat 71-82 terhadap Komunikasi Interaksional. JURNAL RISET PENDIDIKAN AGAMA IASLAM, 3(1).
Tasya Yunisha Zuana, Enoh, & Helmi Aziz. (2023). Pengaruh Media Augmented Reality terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 149–154. https://doi.org/10.29313/jrpai.v3i2.3059