https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Implementasi Metode Al-Miftah Lil Ulum dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca dan Memahami Kitab Kuning

Authors

  • Zidna Zidan Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Sobar Al Ghazal Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Dedih Surana Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpai.v4i1.3869

Keywords:

Metode Al-Miftah, Santri, Kitab Kuning

Abstract

Abstract. Pondok Pesantren, as an Islamic educational institution, emphasizes its learning material on the yellow book, which is a term for a collection of classical books. PP Miftahul Khoir Dago Bandung is facing problems, especially high school students who have difficulty reading the yellow book. Therefore, PP Miftahul Khoir Dago Bandung adopted a method from Sidogiri, namely the Al-Miftah Method. The Al-Miftah method is a fast method for reading the yellow book. This research aims to determine the concept of the al-miftah method, the implementation process of the Al-Miftah method, the advantages and disadvantages of the al-miftah method as well as inhibiting and supporting factors. This research applies a qualitative and descriptive analytical approach and involves participant observation, structured interviews, and documentation to collect data. The results of the research show that the Al-Miftah Lil Ulum Method at the Miftahul Khoir Dago Bandung Islamic Boarding School involves the stages of talqin, explaining the position of sentences, end-of-sentence games, learning infirody, and deposits. In its implementation, this method focuses on planning, implementation and evaluation to improve high school students' yellow book reading skills.

Abstrak. Pondok Pesantren, sebagai lembaga pendidikan Islam, menekankan materi pembelajarannya pada kitab kuning yang merupakan istilah untuk kumpulan kitab klasik. PP Miftahul Khoir Dago Bandung menghadapi permasalahan, khususnya santri tingkat SMA yang kesulitan membaca kitab kuning. Maka dari itu PP Miftahul Khoir Dago Bandung mengadopsi metode dari Sidogiri yaitu Metode Al-Miftah. Metode Al-Miftah merupakan metode cepat membacaca kitab kuning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep metode al-miftah, proses implementasi metode Al-Miftah, keunggulan dan kelemahan metode al-miftah serta faktor penghambat dan pendukung. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dan deskriptif analitik serta melibatkan observasi partisipatif, wawancara terstruktur, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa Metode Al-Miftah Lil Ulum di Pondok Pesantren Miftahul Khoir Dago Bandung melibatkan tahapan talqin, menjelaskan kedudukan perkalimat, games akhir kalimat, belajar infirody, dan setoran. Dalam implementasinya, metode ini fokus pada perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi untuk meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning santri SMA.

References

Afifah, D. (2017). Penggunaan Metode Al-Miftah Dalam Peningkatan Kualitas Membaca Kitab Kuning Pada Santri Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Al-Yasini Wonorejo-Pasuruan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Ahmadi, D., Rachmiatie, A., & Nursyawal. (2019). Public Participation Model for Public Information Disclosure. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 35(4), 305–321. https://doi.org/10.17576/JKMJC-2019-3504-19

Ariep Hidayat, Maemunah Sa’diyah, & Santi Lisnawati. (2020). Metode Pembelajaran Aktif dan Kreatif pada Madrasah Diniyah Takmiliyah di Kota Bogor.

Auliya Nisa, Erhamwilda, & Khambali. (2023). Implementasi Program Etika untuk Membentuk Akhlakul Karimah Santri di Pondok Pesantren. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 105–112. https://doi.org/10.29313/jrpai.v3i2.2976

Irawan, B. (2022). Penerapan Metode Al-Miftah Lil Ulum Dalam Pembelajaran Kitab Kuning (Fathul Qarib) Di Pondok Pesantren Miftahul Hikmah Cupel Negara Bali Tahun 2021/2022. UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ.

Kamal, F. (2020). Model Pembelajaran Sorogan Dan Bandongan. Paramurobi: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 3(2), 15–26. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v3i2.1572

Khamid, A. (2019). Pengaruh penerapan metode Al Miftah Lil Ulum dalam meningkatkan kemampuan baca kitab kuning siswa di Sekolah Menengah Pertama Pondok Pesantren Darul Karomah Mandaran Pasuruan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Muzaky, C. M., & Ishari, N. (2020). Implementasi Metode Al-Miftah Lil Ulum dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan. TARBIYATUNA : Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 22. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v13i1.607

SOLEHA, S. (2020). Penerapan Metode Al-Miftah Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santriwati Di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kaliglagah Kabupaten Jember.

Ubaidillah, I., & Rif’an, A. (2019). Efektivitas Metode Al-Miftah Lil ʻulum Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Kitab Kuning Pada Santri Madrasah Diniah. Journal PIWULANG, 2(1), 36. https://doi.org/10.32478/piwulang.v2i1.300

Downloads

Published

2024-07-25