https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Implikasi Pendidikan QS. Al-Araf Ayat 26 tentang Berbusana Syar’i terhadap Pembentukan Akhlak Berpakaian

Authors

  • Ghina Nabila Putri Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Fitroh Hayati Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Dinar Nur Inten Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpai.v4i1.3765

Keywords:

Busana syar’i, Akhlak berpakaian, Pakaian taqwa

Abstract

Abstract. The purpose of this research is as a means of knowing the opinions of the mufassirs about QS. Al-Ar'af verse 26, Analyzing the opinions of education experts regarding the dress code towards the formation of dressing morals, and Analyzing the educational implications of the dress code towards the formation of dressing morals according to QS. This research uses a qualitative approach. The data collection technique uses literature study, the data is analyzed using the tahlili method to analyze the letter Al-Araf verse 26 about the dress of the shar'i towards the formation of dressing morals. The results of this study reveal some educational implications of QS. Al-Ar'af verse 26, namely Educators are required to direct students to have the intention and teach the obligation to cover the aurat from an early age, Provide an understanding of the importance of dressing according to Islamic law and emphasize that syar'i clothing is not just a fashion trend but an obligation and a form of obedience of servants to their god while still paying attention to the comfort of clothing, Explain and provide an understanding of the importance of prioritizing takwa clothing, which is an expression of spiritual values, divine awareness, and behavior of submission to Allah, and Directing to always be grateful for the gifts of Allah so that they believe in Him.

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini sebagai sarana mengetahui pendapat para mufassir tentang QS. Al-Ar’af ayat 26, Menganalisis pendapat para ahli pendidikan mengenai berbusana syar’i terhadap pembentukan akhlak berpakaian, serta Menganalisis implikasi pendidikan tentang berbusana syar’i terhadap pembentukan akhlak berpakaian menurut QS. Al-Araf ayat 26. Penelitian  ini  menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, data dianalisis dengan menggunakan metode tahlily untuk menganalisis surat Al-Araf ayat 26 tentang berbusana syar’i terhadap pembentukan akhlak berpakaian. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan beberapa implikasi pendidikan dari QS.Al-Ar’af ayat 26 yaitu Pendidik diharuskan mengarahkan peserta didik untuk memiliki niat dan mengajarkan kewajiban menutup aurat sejak dini, Memberikan pemahaman tentang pentingnya berbusana sesuai syariat islam dan menekankan bahwa busana syar’i bukan sekedar trend fashion melainkan kewajiban dan bentuk taat hamba kepada tuhan-nya dengan tetap memerhatikan kenyamanan berbusana, Menjelaskan dan memberikan pemahaman akan penting nya mengutamakan pakaian takwa yaitu ekspresi dari nilai-nilai ruhani, kesadaran ketuhanan, dan perilaku tunduk kepada Allah, dan Mengarahkan untuk selalu bersyukur atas karunia Allah sehingga mengimani-Nya

References

Ardiantoro, G. (2015). Trend hijab modern terhadap ibu ibu majelis ta’lim di desa Tirta Mulya kecamatan Makarti jaya (suatu tinjauan pendidikan Islam). https://doi.org/http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/839

Basuki, K. (2019). Trend Fashion. Jurnal Online Internasional & Nasional, 53(9), 1689–1699.

Cindita, F. (2023). Busana Muslimah Menurut Al-Qur’an Surah An-Nur Ayat 31 Pada Tafsir Ayat Ahkam Ashshabuni Serta Relevansinya Dalam Pendidikan Akhlak.

Khakiim, U. (2020). Guru Sebagai Role Model Individu Berkarakter Bagi Peserta Didik Untuk Mendukung Keberhasilan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. LinguA-LiterA, 3(2), 217–230.

Mida, K. E. R. (2016). Bingkai Kasih Khazanah Jiwa: Agar Cinta Membawa Berkah. Elex Media Komputindo.

Nurbaiti, S. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Yang Terkandung Dalam Al- Qur ’ an. In Jurnal Pendidikan Islam.

Sagala, R., Rismayani, Azis, T. N., Nugroho, A. A., Putra, R. W. Y., Putra, F. G., Syazali, M., Puspita, A. E. F. P., Supardi, U., & Pd, D. M. (2019). Pendidikan Spiritual Keagamaan (Dalam Teori dan Praktik). Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS 2019), 1(2), 91.

Sugirma, & Agustang, K. (2022). Pakaian Terbaik Menurut Al-Qur’an (Telaah Maudhu’i atas Term-Term Bermakna Pakaian dalam al-Qur’an). Al-Wardah: Jurnal Kajian Perempuan, Gender, Dan Agama, 16. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.46339/al-wardah.v16i1.853

Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin rahimahullah. (2009). kitab Al Qaulul Mufid. 1.

Ubaidillah, A. (2021). Pembiasaan Jilbab pada Anak Usia Dini dan Relevansinya dalam Penerapan Nilai-Nilai Syariat Islam. El-Athfal : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 1(01), 33–45. https://doi.org/10.56872/elathfal.v1i01.272

Wati, R. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Al-Qur’an Surat Al-Hujurat Ayat 11-13 (Perbandingan Tafsir Ibnu Katsir Dan Tafsir Al-Misbah). Jurnal Sakinah, 4.2, 1–10.

Downloads

Published

2024-07-25