Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Sikap Sosial Siswa
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrpai.v4i1.3762Keywords:
Pendidikan Agama Islam, Sikap Sosial SiswaAbstract
Abstract. This research was conducted as SMA Negeri 1 Cikampek class X which aims to determine the influence of student’s social attitudes after learning Islamic religious education. This study uses a quantitative approach and uses field research. In the result of the study involving class X H and class X J. The result of the social attitudes of students, it could educate and nurture students towards good behavior and stay away from reprehensible behavior, so that students could maintain the good name of the school, the surrounding environment, and themselves. This is evident from the acquisition of a correlation number of 0.761 which is included in the interpretation table between 0.70 – 0.90, this figure is included in the category of high correlation or relationship. So it can be concluded that learning Islamic religious education has a significant influence on students’ social attitudes.
Abstrak. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Cikampek kelas X yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh sikap sosial siswa setelah pembelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan penelitian lapangan (field research). Dalam hasil penelitian melibatkan kelas X H dan kelas X J. hasil dari sikap sosial siswa mendapati bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam tersebut signifikan terhadap sikap sosial siswa, hal tersebut dapat mendidik serta membina peserta didik terhadap perilaku yang baik dan menjauhi perilaku tercela, agar siswa dapat menjaga nama baik sekolah, lingkungan sekitar, dan diri sendiri. Hal ini terbukti dari perolehan angka korelasi sebesasr 0,761 yang masuk ke dalam tabel interpretasi antara 0,70-0,90, angka ini termasuk dalam kategori korelasi atau hubungan yang tinggi. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam memberikan pengaruh yang signifikan terhadap sikap sosial siswa.
References
Arrasyid, M. Q., & Hayati, F. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Menurut Al-Quran Surat An-Nisa Ayat 58 tentang Kompetensi Guru A R T I C L E I N F O. https://doi.org/10.29313/jrpai.v3i1.1883
Berliana, I. (2019). Hubungan Pengetahuan dan Pola Asuh Orang Tua Dengan Pola Makan Pada Anak Sindrom Nefrotik.
Emirita E. (2018). Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Akhlak dan Kedisiplinan Siswa di SDIT Insan Robbani Lampung Utara.
Febrianti, A. R., Asep Dudi Suhardini, & Fitroh Hayati. (2022). Kerjasama Sekolah dan Orangtua dalam Pembinaan Akhlak Siswa. Bandung Conference Series: Islamic Education, 2(2), 548–552. https://doi.org/10.29313/bcsied.v2i2.3878
Hernawati, N. S., & Taja, N. (2023). Persepsi Siswa mengenai Kompetensi Pedagogik Guru PAI terhadap Hasil Pembinaan Baca Hafal Tulis Al-Qur’an A R T I C L E I N F O. https://doi.org/10.29313/jrpai.v3i1.1936
Isma Miftahul Jannah, Nan Rahminawati, & Heru Pratikno. (2023). Analisis Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Novel Si Anak Cahaya Karya Tere Liye. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 129–136. https://doi.org/10.29313/jrpai.v3i2.3040
Rizki Zakiyah Nur Rohmah, Tsaury, A. M., & Aziz, H. (2021). Hubungan Interaksi Edukatif Guru dengan Siswa terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MA Al-Hidayah Ibun. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 1(1), 7–14. https://doi.org/10.29313/jrpai.v1i1.36
Sanaky, AH. H. (2003). Paradigma Baru Pendidikan Islam.
Suyono, & Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Rosda Karya.
Wensi, E., M, I., & Neli, A. F. (2023). Urgensi Implementasi Pendidikan Agama Islam terhadap Pembentukan Akhlak dan Sopan Santun Siswa di SMP Negeri 1 Sitiung Dharmasraya. Al-DYAS, 2(1), 104–112. https://doi.org/10.58578/aldyas.v2i1.880