https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Analisis Kebutuhan Media PPT Materi Akidah Akhlak Mts Hidayatul Muhajirin

Authors

  • Indah Sumarni Program Studi Pendidikan Agama Islam, FTIK, IAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpai.v4i1.3234

Keywords:

Akidah Akhlak, Media PPT

Abstract

Abstract. This article was written in order to explain openly about the analysis of the needs of PPT Media (Power Point) at MTs Hidayatul Muhajirin Palangka Raya. In this research, the researcher discussed the use of PPT media in Moral Faith Subjects. An explanation of the process of using PPT in accordance with the sub-material that requires it, and how necessary this PPT Media is in the implementation of learning in the Akidah Akhlak subject class as well as other problems related to this topic. The purpose of this research is to analyze the needs of PPT media in learning Akidah Akhlak subjects. This research method uses an R&D (Research and Development) approach, which is a combination of qualitative and quantitative methods. Supported by the opinion that one of the facilities that can be used to make maintenance more active and fun is to provide PPA (PowerPoint Animation) facilities. The results of the research show that the use of PPT Media in learning Akidah Akhlak at MTS Hidayatul Muhajirin can enhance the reward of example compared to poster media.

Abstrak. Artikel ini ditulis dalam rangka menjelaskan secara terbuka mengenai analisis kebutuhan Media PPT (Power Point) di MTs Hidayatul Muhajirin Palangka Raya. Pada penelitian ini peneliti membahas mengenai penggunaan media PPT pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Penjelasan mengenai proses penggunaan PPT sesuai dengan sub materi yang memerlukannya, dan seberapa diperlukannya Media PPT ini pada pelaksanaan belajar di dalam kelas mata pelajaran Akidah Akhlak serta masalah-maslah lainnya yang berkaitan dengan topik ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan media PPT dalam pembelajaran mata pelajaran Akidah Akhlak. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan R&D (Research and Development), yang merupakan gabungan antara metode kualitatif dan kuantitatif. Didukung dengan pendapat bahwa salah satu fasilitas yang bisa digunakan kepada membuat pemeliharaan lebih aktif dan menyenangkan yaitu memperuntukkan fasilitas PPA (PowerPoint Animation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Media PPT dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTS Hidayatul Muhajirin dapat memperhebat ganjaran meneladan dibandingkan dengan media poster

References

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Azhar Arsyad. (1997). Media Pengajaran. Raja Grafindo Persada.

Dedi Wahyudi M, Pd. i. (2017). Pengantar Akidah Akhlak dan Pembelajarannya.

Hasanah, H., Afifulloh, M., Atiqoh, L. N., & Dina, B. (2023). Implementasi Medio Power Point Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah. http://jim.unisma.ac.id/index.php/JPMI/index

Ibid. (2015). .

Kamal, M., Dan, N., Abadi, A. M., & Kamal Nasution, M. (2014). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Akidah Akhlak.

Kasmali, K. (2016). Sinergi Implementasi Antara Pendidikan Akidah Dan Akhlak Menurut Hamka. Jurnal THEOLOGIA, 26(2). https://doi.org/10.21580/teo.2015.26.2.433

Kenia, & Asep Dudi Suhardini. (2022). Peningkatan Pemahaman Siswa terhadap Mata Pelajaran Akidah Akhlak melalui Metode Index Card Match. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 87–94. https://doi.org/10.29313/jrpai.v2i2.1261

Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Ghalia Indonesia.

Lucky Eko Prasetiyo Wicaksono. (2018). Efektivitas Pemanfaatan media Power Point dan Media Poster dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas 8 Smp Muhammadiyah 1 Mlati. Universitas Islam Indonesia.

Lusia Mumtahana, Hepi Ikmal, & Ayu Afita Sari. (2022). Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Lempar Dadu Dan Metode Tanya Jawab Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq. CHALIM JOURNAL OF TEACHING AND LEARNING.

Miftahuk Muthoharoh. (2019). Media Power Point dalam Pembelajaran. STAI Ihyaul Ulum.

Muammar, M., & Suhartina, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Minat Belajar Akidah Akhlak. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 11(2), 176–188. https://doi.org/10.35905/kur.v11i2.728

Nana, S., & Ahmad, R. (2007). Media Pembelajaran. Sinar Baru Al Gesindo.

Nia Kurniawati. (2017). Pembelajaran Akidah Akhlak dan Korelasinya dengan Peningkatan Akhlak Al-Karimah Peserta Didik. STAI Al-Hidayah.

Nur Nafisatul Fithriyah, Nur Latifah, & Khusnul Mu’Alifah. (2020). Pengertian Akidah Akhlak.

Nursiyam, N. (2015). Pengaruh Sistem Pembelajaran Pesantren Kampus terhadap Penguatan Akidah dan Akhlak Mahasiswa IAIN Samarinda. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 3(2). https://doi.org/10.21093/sy.v3i2.248

Rubini. (2017). Tujuan Pendidikan.

Saeed. (1999). Ruang Lingkup Akidah Akhlak.

Subahri, S. (2015). Aktualisasi Akhlak Dalam Pendidikan. Islamuna: Jurnal Studi Islam, 2(2), 167–182. https://doi.org/10.19105/islamuna.v2i2.660

Wazzuriyah, L., Sari, R., & Iqbal, M. (2021). Peningkatan Kompetensi Aqidah Akhlak melalui Media Power Point Animation menggunakan Pembelajaran Direct Instruction. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 6(2), 86–103. https://doi.org/10.32505/al-azkiya.v6i2.2972

Downloads

Published

2024-07-23