https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Identifikasi Nilai-nilai Religius melalui Pembiasaan Shalat Dzuhur Berjama’ah

Authors

  • Sofiatul Adawiyah UIN KHAS JEMBER

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpai.v4i1.3189

Keywords:

Penanaman Nilai Religius, Shalat Dzuhur Berjama’ah

Abstract

Abstract. This research aims to determine the form of identification of religious values through the habit of midday prayers in congregation, and strategies for cultivating religious values through the habit of midday prayers in congregation. This research uses a qualitative approach using descriptive methods that describe problems related to the topic to be researched using words and not numbers. This research uses observation, interviews, and documentation as data collection methods. Data analysis was carried out using data reduction, data modeling, and drawing conclusions. Data sources were obtained from PAI students and teachers at SMPN 1 Jenggawah. Based on research findings, the religious values that are instilled through the practice of midday prayers in congregation at SMPN 1 Jenggawah are the values of worship, moral values, example, discipline and social care. The strategy for instilling religious values through the habit of midday prayers in congregation at SMPN 1 Jenggawah is midday prayers which are held 4 days a week, Monday to Thursday according to the school schedule, coordinated by the teenage musollah of SMPN 1 Jenggawah, and prepared for attendance by the spiritual working group every class, example, invitation.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk identifkasi nilai-nilai religius melalui pembiasaan shalat dzuhur berjamaah, dan strategi dalam penanaman nilai-nilai religius melalui kebiasaan shalat dzuhur berjama’ah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif yang menggambarkan permasalahan yang berkaitan dengan topik yang akan diteliti menggunakan kata-kata dan bukan angka-angka. Penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan datanya. Untuk analisis data dilakukan dengan reduksi data, pemodela data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data diperoleh dari siswa-siswi dan guru PAI di SMPN 1 Jenggawah. Berdasarkan temuan penelitian, bahwa nilai-nilai religius yang ditanamkan melalui pembiasaan shalat dhuhur berjama’ah di SMPN 1 Jenggawah ialah nilai ibadah, nilai akhlak, keteladanan, kedisiplinan, dan peduli sosial. Strategi dalam menanamkan nilai-nilai religius melalui pembiasaan shalat dhuhur berjam’ah di SMPN 1 Jenggawah adalah sholat dzuhur yang dilaksanakan 4 hari dalam seminggu, senin samapi kamis sesuai jadwal sekolah, dikoordinir oleh remaja musollah SMPN 1 Jenggawah, dan disiapkan absensi oleh pokja kerohanian setiap kelas, keteladanan, ajakan.

References

Aisyahnur Nasution. (2019). Metode Pembiasaan Dalam Pembinaan Shalat Berjamaah dan Implikasinya terhadap Penanaman Budaya Beragama Siswa SMP Negeri 2 Kabawetan. Al-Bahtsu.

Aprilia, S., & Aini, R. (2023). Analisis Nilai-Nilai Religius pada Film “Surga yang Tak Dirindukan 2.” Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 87–96. https://doi.org/10.29313/jrpai.v3i2.2420

Ashila Asfa Nabila, & Heru Pratikno. (2022). Analisis Nilai Agama Islam pada Novel “Cinta Suci Zahrana” Karya Habiburrahman El Shirazy. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 121–126. https://doi.org/10.29313/jrpai.v2i2.1504

Deani Rahmawati, & Enoh. (2022). Nilai Pendidikan Islam dari Animasi Syamil Dodo Episode Shalat 5 Waktu bagi Anak-Anak. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 7–12. https://doi.org/10.29313/jrpai.v2i1.723

Hilmiati, H., & Saputra, F. (2020). Penanaman Nilai-Nilai Religius Melalui Pembiasaan Shalat Duha Dan Shalat Dhuhur Berjamaah Di Mi Raudlatusshibyan Nw Belencong. El Midad, 12(1), 70–87. https://doi.org/10.20414/elmidad.v12i1.2506

Irodati, F. (2022). Capaian Internalisasi Nilai-Nilai Religius Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pai: Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, 1(1), 45–55. https://doi.org/10.33507/pai.v1i1.308

Marihot, Y., Sapta Sari, & Anis Endang. (2022). Jurnal Multidisiplin Madani (MUDIMA).

Rahman abd, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa, 2(1).

Rajab, K. (2011). Psikologi Ibadah. Bumi Aksara.

Rizal, M., dani nur Saputra, & lis hafrida. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Angewandte Chemie International (6th ed.).

Yuliana, R. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Religius Melalui Pembiasaan Shalat Dzuhur Berjamaah di SMKN 1 Rengat Barat Inhu Riau. Lucerna : Jurnal Riset Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 60–64. https://doi.org/10.56393/lucerna.v2i2.995

Downloads

Published

2024-07-22