https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Pengaruh Media Augmented Reality terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam

Authors

  • Tasya Yunisha Zuana Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Helmi Aziz Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpai.v3i2.3059

Keywords:

Augmented Reality (AR), hasil belajar, SKI

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Augmented Reality (AR) pada mata pelajaran SKI untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode kuasi eksperimen bentuk nonequivalent control group design. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran AR terhadap hasil belajar siswa. Data hasil belajar sebelum menggunakan media AR pada kelas kelas eksperimen siswa yang sudah mencapai KKM sebesar 37%. Setelah diberi perlakuan siswa yang mencapai KKM sebesar 87%, maka terdapat peningkatan persentase siswa yang mencapai KKM setelah menggunakan media pembelajaran AR. Sedangkan di kelas kontrol sebelumnya siswa yang sudah mencapai KKM sebanyak 32% dan sesudah proses pembelajaran siswa yang sudah mencapai KKM sebanyak 64%. Hasil pengujian intrumen tes menggunakan Independent Sample T Test memperoleh nilai Sig.(2-tailed) ,000 yang artinya sig < 0,05 terdapat pengaruh terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada masing-masing kelas. Hasil pengujian instrumen nontes menggunakan Mann-Whitney hasil asymp.Sig.(2-tailed) ,000 dan ,001 artinya asymp.Sig.(2-tailed) < 0,05 maka dapat dikatakan H1 diterima dan H0 ditolak. Disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran AR dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas VIII MTs Sirna Miskin.

References

Arifah, A. R., Winarni, R., Suhita, R., Studi, P., Bashasa, P., & Indonesia, S. (n.d.). Seminar Nasional PBI FKIP UNS 2023 “Pembelajaran dan Edupreneur Bahasa dan Sastra Berbasis Teknologi Informasi” Media Pembelajaran Augmented Reality sebagai Media Inovatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia: Literature Review.

Darmawan, C. (2020). Implementasi Kebijakan Profesi Guru Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dalam Perspektif Hukum Pendidikan. Wacana Paramarta: Jurnal Ilmu Hukum, 19(2), 61–68. https://doi.org/10.32816/paramarta.v19i2.86

Eliyantika, E., Witono, A. H., & Jiwandono, I. S. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Guru Kelas IV SDN Kemiri Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1315–1326. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.749

Hasmar, A. H. (2020). Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(1), 15. https://doi.org/10.22373/ jm.v10i1.6789

Ilmiah Keagamaan, J., dan Kemasyarakatan, P., & Setiawan, A. (2019). Darul Ulum Merancang Media Pembelajaran PAI di Sekolah (Analisis Implementasi Media Pembelajaran Berbasis PAI). 10(2). https://nasional.tempo.co/read/1034036/menristekdikti-wacnakan-pengurangan-fakultas-di-

Juita, D., Tadris, J., Ftik, B., & Kerinci, I. (n.d.). The Concept Of “Merdeka Belajar” In The Perspective Of Humanistic Learning Theory. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v9i1.111912

Khunaeni, L. N., Yuniarti, W. D., & Khalif, M. A. (2020). Pengembangan Modul Fisika Berbantuan Teknologi Augmented Reality pada Materi Gelombang Bunyi untuk SMA/MA Kelas XI. Physics Education Research Journal, 2(2), 83. https://doi.org/10.21580/perj.2020.2.2.6144

Pito, A. H. (2018). Media Pembelajaran dalam Perspektif Al-Qur’an. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 6(2), 97–117. https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i2.59

Rustiyanti, S., Listiani, W., Sari, F. D., & Peradantha, I. B. G. S. (2020). Literasi Tubuh Virtual dalam Aplikasi Teknologi Augmented Reality PASUA PA. Panggung, 30(3). https://doi.org/10.26742/ panggung.v30i3.1271

Utomo, W. B. (2020). Aplikasi Pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) Metode IBL (Inquiry Based Learning) Berbasis Zone Activity di Sekolah Dasar Lebah Putih Salatiga. Profetika: Jurnal Studi Islam, 21(1), 99–108. https://doi.org/10.23917/profetika.v21i1.11652

Ya’cub, M. (2018). Media Pendidikan Perspektif Al-Quran Hadits dan Pengembangannya. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 4(2). https://doi.org/10.37348/cendekia.v4i2.60

Downloads

Published

2023-12-25