https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Efektivitas Media Pop Up Book dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Pelajaran PAI

Authors

  • Eka Wulandari Astriyanti Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Arif Hakim Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpai.v3i2.3058

Keywords:

Media Belajar, Pop Up Book, Hasil Belajar

Abstract

Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa adalah kurangnya variasi media belajar yang menarik perhatian siswa. untuk menyikapi permasalahan tersebut dibutuhkan media belajar yang bervariasi sehingga permasalahan tersebut dapat diatasi, maka dari permasalahan tersebut penulis tertarik untuk menggunakan media Pop Up Book untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Adapun subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Citunggul yang berjumlah 36 siswa. Pendekatan dalam penelitan ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain One Group PreTest Post Test. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu media Pop Up Book, serta variabel terikat yaitu hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan data hasil belajar berupa lembar tes. Teknik analisis data dilakukan dengan uji t (Paired T- test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Pop Up Book dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukan oleh uji hipotesis dengan nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0.000 < 0.05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat dinyatakan bahwa ada efektivitas dari media Pop Up Book dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V SDN Citunggul.

References

Anisa, A. R., Ipungkarti, A. A., & Saffanah, K. N. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. Current Research in Education Series Journal, 01(1), 1–12.

Elfiani, D. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Pop Up Book terhadap Kemampuan Membaca Cerita Muridkelas II SD Inpres Paccinongang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Ekp, 13(3), 1576–1580.

Maryani, D. (2022). Media Pop Up Book dalam Pembelajaran PAI untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. 8(1), 54–59. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1600

Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v1i2.7

Setiyanigrum, R. (2020). Media Pop-Up Book sebagai Media Pembelajaran Pascapandemi. Seminar Nasional Pascasarjana 2020, 2016, 217–219.

Umam, N. K., Bakhtiar, A. M., & Iskandar, H. (2019). Pengembangan Pop Up Book Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 1. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.857

Downloads

Published

2023-12-25