Implementasi Pembiasaan Shalat Dhuha Peserta Didik di SMP Mutiara 1 Bandung

Authors

  • Putri Fauziah Ahmad Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpai.v3i2.3041

Keywords:

Pembiasaan, Shalat Dhuha, Akhlakul Karimah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mplementasi pembiasaan shalat dhuha untuk pembentukan akhlak disiplin dan tanggung jawab pada siswa. Pembiasaan shalat dhuha merupakan salah satu bentuk implementasi dari pelajaran PAI. Karena sekolah ini berharap pelajaran PAI tidak hanya menjadi teori di dalam kelas. Namun dapat dipraktekkan secara langsung. Shalat dhuha ini dilaksanakan sebelum proses pembelajaran berlangsung dan diawasi langsung oleh koordinator atau guru piket yang sifatnya wajib bagi seluruh warga sekolah. Penelitian ini dilakukan di SMP Mutiara 1 dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas 7, 8, dan 9. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif dimana peneliti ingin menggambarkan situasi yang akan diamati di lapangan secara lebih spesifik, transparan, dan mendalam. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan shalat dhuha dilakukan untuk membentuk akhlakul karimah peserta didik yang mampu mengenal Allah dengan baik, mampu menjaga shalatnya, sopan santun, disiplin dan tanggung jawab.

References

Angdreani, V., Warsah, I., & Karolina, A. (2020). Implementasi metode pembiasaan: upaya penanaman nilai-nilai islami siswa SDN 08 Rejang Lebong. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 19(1).

Hariyanto, S. dan. (2014). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. PT. Remaja Rosdakarya.

Isbakhi, A. F. (2018). Pembentukan Karakter Melalui Pembudayaan Agama. Jurnal Tarbiyatuna, 9(1), 41–46.

Jannah, I. (2019). Pengaruh Pembiasaan Sholat Dhuha Terhadap Pembentukan Akhlaqul Karimah Siswa di SMA Sunan Kalijogo Jabung Malang. Universitas Yudharta.

Kemendikbud. (2015). Kegiatan Pembudayaan Karakter Nomor 21.

Kurniawan, A. (2017). Bil Hal Penciptaan Budaya Agama melalui Pembiasaan Shalat Berjamaah di Sekolah Menengah Pertama Islam Al-Azhar 5 Kota Cirebon. Orasi: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 8(1), 50–67.

Rajab, K. (2011). Psikologi Ibadah. Bumi Aksara.

Soetari, E. (2017). Pendidikan Karakter dengan Pendidikan Anak untuk Membina Akhlak Islami. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 116–147.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA.

Zuhri, M. (1995). Kunci Memahami Ilmu Tasawuf.

Downloads

Published

2023-12-25