Analisis Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Novel Si Anak Cahaya Karya Tere Liye

Authors

  • Isma Miftahul Jannah Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpai.v3i2.3040

Keywords:

Nilai pendidikan Islam, Aqidah, Akhlak

Abstract

Nilai pendidikan aqidah akan membuat seorang muslim yakin bahwa Tuhan itu satu, sedangkan nilai pendidikan akhlak membuat seorang muslim dapat berperilaku baik kepada muslim yang lainnya. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui isi kandungan novel si anak cahaya, untuk mengangkat esensi pendidikan dari novel si anak cahaya, untuk mengidentifikasikan teori pendidikan Islam menurut para ahli berdasarkan novel si anak cahaya, dan untuk menemukan nilai-nilai pendidikan Islam dari novel si anak cahaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis analisis isi (content analysis). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil dari penelitian ini, pertama, novel si anak cahaya berisi tentang kehidupan tokoh utama bersama dengan keluarga dan teman-temannya. Kedua, esensi pendidikan yang ditemukan dalam novel si anak cahaya adalah pendidikan keluarga, pendidikan aqidah, dan pendidikan akhlak. Ketiga, dalam novel si anak cahaya memiliki kaitan dengan pengertian pendidikan Islam menurut para ahli, yaitu beribadah hanya kepada Allah dan terbentuknya akhlak mulia. Keempat, nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam novel Si Anak Cahaya yaitu nilai aqidah yang meliputi tawakal, takwa, dan ketauhidan. Nilai akhlak meliputi tawadhu, sabar, ta’awun, taubat, dan al-‘afwu.

References

A. Rosmiaty Azis. (2016). Ilmu pendidikan islam. SIBUKU.

Adi, L. (2023). Pendidikan keluarga dalam perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Ar-Rashid, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.4303

Ashila Asfa Nabila, & Heru Pratikno. (2022). Analisis Nilai Agama Islam pada Novel “Cinta Suci Zahrana” Karya Habiburrahman El Shirazy. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 121–126. https://doi.org/ 10.29313/jrpai.v2i2.1504

Azis, R. (2019). Dr. Hj. A. Rosmiaty Azis, M.Pd.I. (Baharuddin, Ed.; 1st ed.). SIBUKU.

Hasballah, J. (2015). Pendidikan Aqidah Di Rumah Tangga. Intelektualita, 3(1), 243153.

Indra Regina, M. (n.d.). Implikasi Pedagogis dari Q.S. Al-Ahzab Ayat 45-47 terhadap Pokok dan Fungsi Pendidik A R T I C L E I N F O. https://doi.org/10.29313/jrpai.v3i1.1932

Mayangsari R, G. nasrullah K. (2017). Pendidikan Aqidah dalam Perspektif Hadits. Transformatif, 1(1), 48. https://doi.org/10.23971/tf.v1i1.661

Pratikno, H. (2020). Building Awareness of Religious Education in Families in the Digital Age Heru Pratikno. Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 59–68.

Zamroni, A. (2017). Strategi Pendidikan Akhlak Pada Anak. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 12(2), 241. https://doi.org/10.21580/sa.v12i2.1544

Downloads

Published

2023-12-25