Penerapan Metode Role Playing Mata Pelajaran PAI dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa

Authors

  • Muhamad Azin Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpai.v3i2.2978

Keywords:

Metode Role Playing, Keaktifan Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang maksimalnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas IX C SMPN2 Bumiayu. Hal ini disebabkan karena selama pada proses kegiatan pembelajaran berlangsung terdapat siswa yang tidak memperhatikan guru saat menjelaskan materi pembelajaran, kurangnya keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran terhadap materi dikarenakan strategi mengajar guru yang monoton. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantatif dengan metode quasi eksperimen design, dengan tujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana proses penerapan metode role playing pada mata pelajaran PAI dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IX C SMPN2 Bumiayu; (2) Apa saja hambatan siswa kelas IX C SMPN 2 Bumiayu dalam penerapan metode role playing pada mata pelajaran PAI; (3) Bagaimana peningkatan keaktifan siswa kelas IX C SMPN 2 Bumiayu setelah diterapkan metode role playing pada mata pelajaran PAI. Teknik pengumpulan data diambil dari angket kuisioner, lembar observasi dan wawancara untuk melihat keaktifan belajar siswa. Dari hasil angket keaktifan belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan mengalami peningkatan, dan diperoleh thitung > ttabel, yaitu 13,29 > 2,037 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Maka rata-rata keaktifan belajar siswa yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran role playing lebih tinggi dari rata-rata keaktifan belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran ceramah.

References

Djaslim Saladin. (2003). Intisari Pemasaran & Unsur-Unsur Pemasaran. Linda Karya.

Hamzah B, & UNO, H. (2011). Model pembelajaran: Menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. Bumi Aksara.

Juhji. (2018). Model pembelajaran IPA untuk calon guru SD/MI. Media Madani.

M. Andi Setiawan. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.

Moh. As’adi, & Ahmad Izza Muttaqin. (2019). Pemberdayaan Keluarga Berbasis Masjid melalui KKN Tematik Posdaya di Masjid Ar-Royyan Dusun Karangasem Desa Alasmalang.

Syaiful Bahri Djamarah, & Aswan Zein. (2010). Strategi belajar mengajar. Rineka Cipta.

Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPA ditinjau dari Keaktifan Siswa. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2). https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614

Zukin, A. (2022). Stategi Guru PAI dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Edukais : Jurnal Pemikiran Keislaman, 6(1), 15–29. https://doi.org/10.36835/edukais.2022.6.1.15-29

Downloads

Published

2023-12-25