Implementasi Program Etika untuk Membentuk Akhlakul Karimah Santri di Pondok Pesantren

Authors

  • Auliya Nisa Laela Rabi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Khambali Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpai.v3i2.2976

Keywords:

Pondok pesantren, program, pembentukan akhlak

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya perubahan dan penodaan moral dimulai dari kurangnya akhlak yang bersifat agamis pada diri seseorang sehingga Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam harus memiliki strategi yang tepat dalam membentuk akhlakul karimah kepada santrinya. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam terkait implementasi program etika dalam membentuk akhlakul karimah santri dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi hingga hasilnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan di Lembaga Pendidikan Islam yaitu Pondok Pesantren Tahfidz Quran Darul Kirom. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi kemudian data tersebut dianalisis untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan hasil dari program etika. Hasil penelitian menunjukan bahwa program etika mampu membentuk akhlakul karimah santri melalui pembelajaran yang dilakukan di kelas setiap hari ahad serta pembiasaan yang dimonitoring setiap harinya melalui buku kebaikan dan keburukan.

References

Ahmadi, D., Rachmiatie, A., & Nursyawal. (2019). Public participation model for public information disclosure. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 35(4), 305–321. https://doi.org/10.17576/ JKMJC-2019-3504-19

Amelia, F. (2021). Lingkungan Sekolah dan Proses Belajar Mengajar di Sdk Santa Maria Kota Madiun.

Haryanto, M., & Pd. (2020). Evaluasi Pembelajaran (Konsep dan Manajemen).

Irabella, L., & Chatamallah, M. (2021). Manajemen Krisis Public Relations PT. X Kota Pekanbaru pada Pengunduran Haji dan Umrah di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Public Relations, 1(2), 130–135. https://doi.org/10.29313/jrpr.v1i2.420

Irfan Fauzi, M., & Yuliati, N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Upaya Edukasi Pencegahan Penyebaran COVID-19. Jurnal Riset Public Relations, 1(2), 148–155. https://doi.org/10.29313/ jrpr.v1i2.500

Karim, I. Y., & Yulianita, N. (2021). Peran Instagram @greenarationid sebagai Media Kampanye Ramah Lingkungan. Jurnal Riset Public Relations, 1(2), 120–129. https://doi.org/10.29313/jrpr.v1i2.418

Kurnia, S. S., Ahmadi, D., Karsa, S. I., Iskandar, D., & Firmansyah, F. (2020). Model of Disaster Information Cycle of West Java Television Journalists. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 5(2). https://doi.org/10.25008/jkiski.v5i2.415

Mufty Machmud, A., & Yuningsih, A. (2022). Hubungan Kampanye Vaksinasi dengan Sikap Followers untuk Divaksin. Jurnal Riset Public Relations, 1(2), 162–168. https://doi.org/10.29313/jrpr.v1i2.502

Priyono, A., & Ahmadi, D. (2021). Strategi Komunikasi Marketing Public Relations Barli Coffee. Jurnal Riset Public Relations, 1(1), 90–95. https://doi.org/10.29313/jrpr.v1i1.306

Rakhmawati, N. A., Permana, A. E., Reyhan, A. M., & Rafli, H. (2021). Analisa Transaksi Belanja Online pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Teknoinfo, 15(1), 32. https://doi.org/10.33365/jti.v15i1.868

Downloads

Published

2023-12-25