Analisis Nilai-Nilai Religius pada Film "Surga yang Tak Dirindukan 2"

Authors

  • Siska Aprilia UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Rofiqotul Aini UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpai.v3i2.2420

Keywords:

analisis, film, nilai religius

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghetaui nilai religius pada film “Surga Yang Tak Dirindukan 2” yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo yang diangkat dari Novel by Asma Nadia. (2) mendeskripsikan nilai religius pada film “Surga Yang Tak Dirindukan 2” yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.  Peneliti melakukan observasi atau pengamatan secara mendalam dengan menonton adegan-adegan atau cuplikan-cuplikan dari film Surga Yang Tak Dirindukan 2. Kemudian peneliti mencatat dan memilih beberapa adegan atau scene penting yang merupakan inti dari permasalahan yang telah dirumuskan kemudian dianalisis. Film Surga Yang Tak Dirindukan 2 dirilis ke publik pada 9 Februari 2017 dan di sutradarai oleh Hanung Bramantyo. Film ini digarap oleh rumah produksi MD Pictures serta Manoj Punjabi. Penelitian ini membahas mengenai nilai-nilai religius di kehidupan sehari- hari dari sisi kehidupan rumah tangga. nilai-nilai religius seiring perkembangan zaman mulai memudar. Dari hasil penelitian analisis nilai-nilai religius pada film “Surga Yang Tak Dirindukan 2” dapat ditarik kesimpulan yaitu, nilai-nilai religius yang dapat di terapkan dalam kehidupan sehari-hari shalat, hablum minallah hablum minnanas, berdoa setelah sholat, berprasangka baik terhadap seseorang, berdakwah, berbakti kepada orang tua, amanah, serta iklhas menerima takdir Allah swt.

References

Anwar Arifin. (2011). Dakwah kontemporer : Sebuah studi komunikasi. Graha ilmu.

Hasan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo, Mn. (2015). Upaya Menjadikan Madrasah sebagai Lembaga Pendidikan Unggul (Vol. 2, Issue 2).

Imayanti, H., Awaliyah, M. F., Priyanto, A., & Siliwangi, I. (2018). Analisis Nilai-Nilai Religius dalam Film Cinta Laki-Laki Biasa yang Diadaptasi dari Novel Analisis Nilai-nilai Religius dalam Film Cinta Laki-laki biasa yang Diadaptasi dari Novel Karya Asma Nadia. Karya Asma Nadia |, 503.

Latifah, E. (2022). Sharia’ah Enterprise Theory (Amanah) Pada Pendekatan Behavioral Accounting dalam Menilai Shariah Microfinance. https://doi.org/10.30999/jsn.v1i2.769

Luciana Hasibuan, aini, & Herawati, T. (2020). Analisis Nilai-nilai Religius dalam Narasi Film 99 Cahaya di Langit Eropa Karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. Jurnal Komunitas Bahasa, 8(1).

Marselli Sumarno. (2011). Dasar-dasar apresiasi film. Perpustakaan Nasional RI.

Ngainun Naim, & Rose Kusumaning Ratri. (2012). Character building : optimalisasi peran pendidikan dalam pengembangan ilmu & pembentukan karakter bangsa. Ar-Ruzz Media.

Sagita Rahma, M., Baadilla, I., & Muhammadiyah DrHamka, U. (2023). Analisis Nilai-nilai Religius pada Film Surga yang tak Dirindukan 3 Karya Pritagita Arianegara.

Suprapno. (2019). Budaya Religius sebagai Sarana Kecerdasan Spiritual. Literasi Nusantara.

Taubah, M. (2016). Pendidikan Anak Dalam Keluarga Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(1), 109. https://doi.org/10.15642/jpai.2015.3.1.109-136

Umro, J., Stit, D., & Pasuruan, P. (2018). Penanaman Nilai-nilai Religius di Sekolah yang Berbasis Multikultural. In Jurnal Al-Makrifat (Vol. 3, Issue 2).

Downloads

Published

2023-12-25 — Updated on 2023-12-26

Versions