The Pengembangan Keterampilan Manajemen Waktu sebagai upaya mengatasi Prokrastinasi akademik pada siswa SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik
Prokrastinasi Akademik
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrp.v4i2.5446Keywords:
Prokrastinasi Akademik, Manajemen Waktu, SMA, PendidikanAbstract
Manajemen waktu yang efektif merupakan keterampilan penting yang dapat membantu siswa mengatasi prorktasinasi. Kemampuan untuk merencanakan, mengatur, dan memprioritaskan tugas secara efektif dapat mengurangi kecenderungan menunda-nunda dan membantu siswa mengelola beban akademik mereka dengan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah prokrastinasi akademik yang sering dialami siswa melalui pengembangan keterampilan manajemen waktu. Prokrastinasi berdampak negatif pada prestasi akademik, stres, dan kesejahteraan siswa. Studi ini melibatkan siswa kelas 10 di SMA Muhammadiyah 10 GKB. Program yang dirancang meliputi pre-test, intervensi menggunakan metode manajemen waktu, dan evaluasi melalui post-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan tingkat prokrastinasi akademik secara signifikan setelah pelaksanaan program.Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa meskipun ada penurunan skor prokrastinasi pada beberapa siswa, perbedaan antara pre-test dan post-test tidak signifikan secara statistik (p > 0,05). Hasil ini menunjukkan perlunya penyesuaian metode atau durasi program untuk meningkatkan efektivitasnya. Temuan ini menegaskan pentingnya penerapan manajemen waktu dalam meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan siswa. dan mengevaluasi proses belajar secara mandiri.
References
Ansyah, Eko Hardi., & Yulia Nanda Pratiw. (2024). Confirmatory Factor Analysis Pada Skala Prokrastinasi Akademik Untuk Siswa SMA. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8 (1), 1-10.
Khotimah, Khusnul., Suratmi., & Nurul Hikmatul Qowi. (2022). MANAJEMEN WAKTU DENGAN KEBIASAAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA KEPERAWATAN. Journal of Nursing and Midwifery Sciences. 1(2).
Marlina, Mila. (2015). PENGEMBANGAN PAKET MANAJEMEN WAKTU UNTUK MENGURANGI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS/SEDERAJAT.
Munawaroh, Martika Lealy., Said Alhadi., & Wahyu Nanda Eka Saputra. (2017). Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling. 2(1), 26-31.
Munawaroh, Nazhirotu.l, Henny Indreswari., & Yuliati Hofifah. (2022). Analisis Hubungan Manajemen Waktu dan Motivasi Belajar dengan Prokrastinasi Akademik Siswa SMA. Ilmu Pendidikan:Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan. 7(2), 108-118.
Reswita. (2018). Hubungan Antara Manajemen Waktu dan Prokrastinasi Akademik. Mahasiswa PG-PAUD FKIP UNILAK. Universitas Lancang Kuning.
Sandra, Kusnul Ika., & M. As’ad Djalali. (2013). Manajemen Waktu, Efikasi-Diri Dan Prokrastinasi. Jurnal Psikologi Indonesia, 2(3), 217-222.
Saputra, Aris Abdul R. (2021). HUBUNGAN ANTARA MANAJEMEN WAKTU TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA PELAJAR DI SMA N 10 SEMARANG. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.