Penerapan Self Regulated Learning sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Muhammadiyah 10 GKB
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrp.v4i2.5445Keywords:
Motivasi Belajar, self regulated learningAbstract
Abstract. Learning motivation plays a crucial role in students' academic achievement, especially at the high school level. Many students experience a decline in learning motivation, indicated by their inability to set learning goals, lack of initiative, and frequent procrastination. This study aims to enhance students' learning motivation by applying self-regulated learning (SRL) strategies and to identify the levels of learning motivation among students at SMA Muhammadiyah 10 GKB. The research employed a quantitative method with a one-group pretest-posttest design. The participants were students with moderate learning motivation, evaluated through interviews and observations. The findings revealed that the implementation of SRL significantly increased students' learning motivation. The motivation scores improved from a moderate category (pretest scores <81.3) to a high category (post-test scores >81.3) after the intervention. The Wilcoxon test showed significant results (Asymp. Sig. 0.003), confirming the effectiveness of the intervention. The SRL technique helped students manage their time, set goals, solve problems, and evaluate learning outcomes, making them more independent and motivated.
Abstrak. Motivasi belajar sangat penting bagi prestasi akademik siswa, terutama di Sekolah Menengah Atas. Banyak siswa mengalami penurunan motivasi belajar. Indikator rendahnya motivasi ini meliputi ketidakmampuan menetapkan tujuan belajar, kurangnya inisiatif , dan sering menunda tugas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Siswa dengan mnerapkan strategi self-regulated learning (SRL) serta untuk mengetahui tingkatan motivasi belajar siswa-siswi SMA Muhammadiyah 10 GKB. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest-postest. Subjek penelitian adalah siswa dengan motivasi belajar dalam kategori sedanh, yang dievaluasi melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan SRL secara signifikan meningatkan motivasi belajar siswa. Skor motivasi belajar meningkat dari kategori sedang (nilai pretest <81,3) menjadi kategori tinggi (nilai post-test >81,3) setelah intervensi. Uji Wilcoxon menunjukkan hasil signifikan (Asymp. Sig. 0,003), mengonfirmasi efektifitas intervensi. Teknik SRL membantu siswa dalam mengelola waktu, menetapkan tujuan, memecahakan masalah, dan mengevaluasi hasil belajar, sehingga mereka menjadi lebih mandiri dan termotivasi.
References
J. Jainiyah, F. Fahrudin, I. Ismiasih, and M. Ulfah, “Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa,” Jurnal Multidisiplin Indonesia, vol. 2, no. 6, pp. 1304–1309, Jun. 2023, doi: 10.58344/jmi.v2i6.284.
S. Lutfiwati, “Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik,” Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, vol. 10, no. 1, 2020.
A. P. Khairani and S. P. Nugraha, “Dukungan Sosial dan Self-Regulated Online Learning Belajar Matematika Siswa SMA di Masa Pandemi,” Jurnal Riset Psikologi, vol. 2, no. 2, pp. 85–96, Dec. 2022, doi: 10.29313/jrp.v2i2.1597.
H. E. Putro and S. Sugiyadi, “Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Regulated Learning,” JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), vol. 3, no. 1, p. 1, 2018, doi: 10.26737/jbki.v3i1.508.
M. D. Indardi, “Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa terhadap Metode Pembelajaran Online melalui Penghargaan dan Hukuman,” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, pp. 493–499, 2023.
K. Nadlifah, “EFL Students’ Self Regulated Learning Strategies and Academic Writing Performance: An Overview EFL Students’ Self-Regulated Learning Strategies and Academic Writing Performance: An Overview,” Retain, vol. 8, no. 2, pp. 1–9, 2020.
H. Purnama, H. Wahyudi, and Suhana, “Terapi Berbasis Internet Untuk Meningkatkan Self-Regulasi Pada Mahasiswa Dengan Internet Gaming Disorder,” Jurnal Riset Psikologi, pp. 1–8, Jul. 2023, doi: 10.29313/jrp.v3i1.1704.
M. Muhammad, “Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran,” Lantanida Journal, vol. 4, no. 2, p. 87, 2017, doi: 10.22373/lj.v4i2.1881.
V. Saputri, D. Juandi, S. Herlina, and V. N. Anwar, “Self-Regulated Learning dan Motivasi Belajar dalam Pembelajaran Matematika Secara Online: Systematic Literature Review,” ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, vol. 5, no. 1, 2022, doi: 10.24176/anargya.v5i1.7208.
J. Santrock, Physical development and biological aging. A Topical Approach to Life-Span Development. New York: McGraw-Hill Companies, 2008.
A. Fauziah, A. Rosnaningsih, and S. Azhar, “Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Poris Gaga 05 Kota Tangerang,” Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), vol. 4, no. 1, p. 47, 2017, doi: 10.26555/jpsd.v4i1.a9594.
Yogi Fernando, Popi Andriani, and Hidayani Syam, “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, vol. 2, no. 3, pp. 61–68, 2024, doi: 10.59246/alfihris.v2i3.843.
S. A. Octavia, Model-model pembelajaran. Deepublish, 2020.
R. A. Natty, F. Kristin, and I. Anugraheni, “PENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DI SEKOLAH DASAR,” Jurnal Basicedu, vol. 3, no. 4, pp. 1082–1092, Nov. 2019, doi: 10.31004/basicedu.v3i4.262.
B. J. Zimmerman and D. H. Schunk, Self-Regulating Intellectual Processes and Outcomes: A Social Cognitive Perspective. Routledge, 2004.
A. A. Kusumawati, “Self Regulation Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik,” Jurnal EMPATI, vol. 13, no. 3, pp. 47–52, 2024, doi: 10.14710/empati.2024.45013.
S. S. Fasikhah and S. Fatimah, “SELF-REGULATED LEARNING (SRL) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA,” Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, vol. 1, no. 1, 2013.
P. A. Philip et al., “Phase II Study of Erlotinib in Patients With Advanced Biliary Cancer,” Journal of Clinical Oncology, vol. 24, no. 19, pp. 3069–3074, Jul. 2006, doi: 10.1200/JCO.2005.05.3579.
A. R. Anugraheni, C. A. Separina, S. P. Paramitasari, V. K. Vionita, and A. N. Husna, “Skala motivasi belajar : konstruksi dan analisis psikometri,” in prosiding University research colloquium, 2019, pp. 66–69.