https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

The Implementation of Self-Regulated Learning to Enhance Students' Learning Motivation at SMA Muhammadiyah X GKB

PENERAPAN SELF REGULATED LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA MUHAMMADIYAH X GKB

Authors

  • Faisatul Muayadah Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrp.v4i2.5445

Keywords:

Motivasi Belajar, self regulated learning

Abstract

Motivasi belajar sangat penting bagi prestasi akademik siswa, terutama di Sekolah Menengah Atas. Banyak siswa mengalami penurunan motivasi belajar. Indikator rendahnya motivasi ini meliputi ketidakmampuan menetapkan tujuan belajar, kurangnya inisiatif , dan sering menunda tugas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah X GKB melalui penerapan teknik Self-Regulated Learning (SRL). Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest-postest. Subjek penelitian adalah siswa dengan motivasi belajar dalam kategori sedanh, yang dievaluasi melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan SRL secara signifikan meningatkan motivasi belajar siswa. Skor motivasi belajar meningkat dari kategori sedang (nilai pretest <81,3) menjadi kategori tinggi (nilai post-test >81,3) setelah intervensi. Uji Wilcoxon menunjukkan hasil signifikan (Asymp. Sig. 0,003), mengonfirmasi efektifitas intervensi. Teknik SRL membantu siswa dalam mengelola waktu, menetapkan tujuan, memecahakan masalah, dan mengevaluasi hasil belajar, sehingga mereka menjadi lebih mandiri dan termotivasi. Melalui tahapan SRL yang meliputi Analyze, Plan, Implement, Comperhend, Problem Solving, Evaluate, dan Modify, siswa belajar untuk mengatur dan mengevaluasi proses belajar secara mandiri. Dengan demikian, penerapan SRL terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 10 di SMA Muhammadiyah X GKB.

References

Anugraheni, A. R., Seprina, C. A., Paramitasari, S. P., Vionita, V. K., & Husna, A. N. (2019). Skala motivasi belajar : konstruksi dan analisis psikometri. Proceeding of The URECOL, 1(10), 66–69.

Diandaru, B. H. (2023). Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika di MTs Negeri 2 Kota Semarang. Jurnal Pendidkan Widyatama, 2(2), 185–196.

Indardi, M. D. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa terhadap Metode Pembelajaran Online melalui Penghargaan dan Hukuman. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 493–499.

Learning, M. S. (n.d.). Peningkatan prestasi belajar siswa melalui self-regulated learning. 1–19.

Mulyani, R. ., Chandra, Y., Wira Nita, R., dan Konseling, B., Sosial dan Humaniora, F., & PGRI Sumatera Barat, U. (2023). Human: Journal of Community and Public Service Published by HAQI Publishing Service Self Regulated Learning (SRL) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SDN 35 VII Koto Sungai Sarik. Human: Journal of Community and Public Service, 2(2), 23–30.

Prasiska, N. W. (2022). Self Regulated Learning Mahasiswa Baru IAIN Kediri 2020/2021 Dalam Pembelajaran Daring. 15–25

Sari, M. K. (2018). Hubungan Kemandirian Dengan Self-Regulated Learning Pada Usia Remaja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(1), 109–115. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i1.4534

Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843Rakhmawati, N. A., Permana, A. E., Reyhan, A. M., & Rafli, H. (2021). Analisa Transaksi Belanja Online pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknoinfo, 15(1), 32. https://doi.org/10.33365/jti.v15i1.868.

Published

2024-12-29