Pengaruh Intensitas Penggunaan Instagram terhadap Perilaku Cyberbullying pada Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrp.v4i2.5116Keywords:
Instagram Intensity, Cyberbullying Behavior, College StudentsAbstract
Abstract. instagram, the most popular social media platform, allows users to share photos and videos and interact through comments and direct messages. However, along with the increase in usage, there has been a troubling increase in cyberbullying cases. Students are one of the most active groups using social media platforms such as Instagram, Twitter, Facebook, and others. The purpose of this study is to determine the effect of Instagram usage intensity on cyberbullying behavior carried out by X University students. This study uses a quantitative approach that uses non-experimental causality and cluster sampling methods. The research subjects were 394 active undergraduate students at University X, with ages ranging from 18 to 24 years old. Data analysis was carried out using simple linear regression and descriptive statistical analysis. Data collection was carried out using the Instagram intensity scale measuring instrument from Del barrio's theory (in Andarwati, 2016) for the Instagram Use Intensity variable and the cyberbullying behavior scale from Willard (2007) for the cyberbullying behavior variable. The results of data analysis state that the contribution value is 11.6% and obtained a significance value of 0.00 <0.05 and amounting to 7,178> (1,966), then the Instagram Usage Intensity variable affects the cyberbullying behavior variable. This means that the higher the intensity of Instagram use in students, the higher the intensity of Instagram use.
Abstrak. Instagram sebagai platform media sosial yang paling populer, memungkinkan penggunanya untuk berbagi foto dan video serta berinteraksi melalui komentar dan pesan langsung. Namun, seiring dengan peningkatan penggunaan, terjadi peningkatan kasus cyberbullying yang meresahkan. Mahasiswa adalah salah satu kelompok yang paling aktif menggunakan platform-media sosial seperti, Instagram, Twitter, Facebook, dan lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan Instagram terhadap perilaku cyberbullying yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas X. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan metode kausalitas non-eksperimental dan cluster sampling. Subjek penelitian adalah mahasiswa aktif program sarjana di Universitas X yang berjumlah 394 orang, dengan usia dari 18 sampai 24 tahun. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linear sederhana dan analisis statistic deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan alat ukur skala intensitas Instagram dari teori Del barrio (dalam Andarwati, 2016) untuk variabel Intenstias Penggunaan Instagram dan skala perilaku cyberbullying dari Willard (2007) untuk variabel perilaku cyberbullying. Hasil analisis data menyatakan bahwa nilai kontribusi sebesar 11,6% dan didapat nilai signifikansi sebesar 0.00 < 0,05 dan sebesar 7.178 > (1.966) maka variabel Intensitas Penggunaan Instagram berpengaruh terhadap variabel perilaku cyberbullying. Artinya semakin tinggi intensitas penggunaan Instagram pada mahasiswa maka secara signifikan akan berpengaruh meningkatkan perilaku cyberbullying.
References
Andarwati, I. (2016). Citra diri ditinjau dari intensitas penggunaan media jejaring sosial instagram pada siswa kelas xi sma n 9 yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(3).
Atmoko, D. B. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita
Awaru, A. O. T., Aini, S., & Sari, D. N. (2023). The Influence of Instagram Social Media on Cyberbullying Behavior of Students in Class XI IS UPT SMA Negeri 3 Bulukumba. International Journal of Business and Applied Economics, 2(4), 471-482. https://doi.org/10.55927/ijbae.v2i4.5308
Chadwick, S. (2014). Social and Emotional Resilience. In Impacts of Cyberbullying, Building Social and Emotional Resilience in Schools (pp. 31-55). Berlin: Springer International Publishing.
Family, W. M. W., Rohmawati, L., Mustaqim, W., & Qalban, A. A. (2023). Fenomena Cyberbullying pada Kalangan Mahasiswa. Assertive: Islamic Counseling Journal, 2(01), 37-48.
Fitransyah, R. R., & Waliyanti, E. (2018). Perilaku cyberbullying dengan media Instagram pada remaja di Yogyakarta. IJNP (Indonesian Journal of Nursing Practices), 2(1), 36-48
Frensh, W., Ablisar, M., & Mulyadi, M. (2022). Criminal policy on cyberbullying of children in Indonesia. International Journal of Cyber Criminology, 15(2).
Indrawati, R., & Nuswantoro, E. (2021). Intensitas penggunaan Media Sosial Instagram Serta Pengaruhnya Terhadap Subjective Well Being Siswa. EMPATI-Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8.
Nugraha, D., & Rinawati, R. (2021). Hubungan Penggunaan Media Sosial Instagram dengan Perilaku Cyberbullying pada Siswa SMA di Kota Bandung. Prosiding Manajemen Komunikasi, 341-345.
Pratiwi, N. (2018). Pengaruh intensitas penggunaan sosial media dan penerimaan teman sebaya terhadap perilaku bullying.
Putra, M. B. A. (2021). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Cyberbullying Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNISKA Banjarbaru Angkatan 2019 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).
Riswanto, D., & Marsinun, R. (2020). Perilaku cyberbullying remaja di media sosial. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 12(2), 98-111.
Saputra, A. (2019). Survei penggunaan media sosial di kalangan mahasiswa kota padang menggunakan teori uses and gratifications. Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 40(2), 207-216g.
Utami, A. S. F., & Baiti, N. (2018). Pengaruh media sosial terhadap perilaku cyberbullying pada kalangan remaja. Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 18(2), 257-262. https://doi.org/10.31294/jc.v18i2
Willard, N. (2007). Educator’s guide to cyberbullying and cyberthreats
Wulandari, R., & Netrawati, N. (2020). Analisis tingkat kecanduan media sosial pada remaja. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 5(2), 41-46.
Witjaksono, A. (2021). Fenomena Cyberbullying pada Mahasiswa di DKI Jakarta. Jurnal IMPRESI, 2(1)
Zamzamima, E. L., Hambali, I. M., & Apriani, R. (2022). Instagram Sebagai Ruang Cyberbullying untuk Memenuhi Kebutuhan Gaya Hidup Hedonis Siswa Sekolah Menengah Atas. Buletin Konseling Inovatif, 2(2), 87-96