Pengaruh Mindful Parenting terhadap Stres Pengasuhan pada Guru Wanita yang Memiliki Anak Sekolah Dasar

Authors

  • Unique Nur Alifa Putri Prodi Psikologi, Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung
  • Andhita Nurul Psikologi, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrp.v1i1.227

Keywords:

Guru, Mindful Parenting, Sekolah Dasar, Stres Pengasuhan

Abstract

Abstract. Mindful parenting is a parenting skill that attentive and full of awareness, and accepting children without judgment. By implementing mindful parenting, parents will avoid abusive parenting and reduce parenting stress levels. This study aims to see the effect of mindful parenting on parenting stress. Teachers have a heavier burden because they have to take care of children and work with different systems during the pandemic. Having children in elementary school is also a challenge for mothers, where they need direction from parents and help in learning. This study uses the causality method and is a population study with a subject of 49 mothers who work as private elementary school teachers who have elementary school-aged children in the city of Bandung. Measurements were made using the Mindfulness in Parenting Questionnaire by McCaffrey (2015) and the Parental Stress Scale (PSS) by Berry & Jones (1995). The results showed that mindful parenting had an effect on parenting stress (r square = .152, p < .05). The effect is that when parents have high mindful parenting behavior, the stress of parenting is low.

Abstrak. Mindful parenting merupakan keterampilan pengasuhan yang penuh perhatian dan kesadaran, serta menerima anak tanpa penilaian. Dengan menerapkan mindful parenting, orangtua terhindar dari melakukan pengasuhan yang kasar dan membuat tingkat stres pengasuhan orangtua berkurang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh mindful parenting terhadap stres pengasuhan. Guru memiliki beban yang lebih berat karena mereka harus mengurus anak dan bekerja dengan sistem yang berbeda di masa pandemi. Memiliki anak yang berada di Sekolah Dasar pun menjadi tantangan tersendiri bagi ibu, di mana mereka membutuhkan Arahan dari orangtua dan pendampingan dalam belajar. Penelitian ini menggunakan metode kausalitas dan merupakan studi populasi dengan subjek berjumlah 49 ibu yang bekerja sebagai guru sekolah dasar swasta yang memiliki anak berusia sekolah dasar di Kota Bandung. Alat ukur yang digunakan yaitu Mindfulness in Parenting Questionnaire yang disusun oleh McCaffrey (2015) dan Parental Stress Scale (PSS) yang disusun oleh Berry & Jones (1995). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mindful parenting memberikan pengaruh terhadap stres pengasuhan (r square .152, p< .05). Pengaruhnya adalah ketika orangtua memiliki perilaku mindful parenting yang tinggi, maka stres pengasuhan ibu rendah.

Downloads

Published

2021-10-25