https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kenaikan Kelas Santri Menggunakan Metode TOPSIS

Authors

  • Alma Arofah Matematika, Universitas Islam Bandung
  • Respitawulan Matematika, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrm.v2i2.1194

Keywords:

TOPSIS, MCDM, Kenaikan Kelas

Abstract

Abstract. TOPSIS is one of the methods contained in the Multi Criteria Decision Making (MCDM). In general, this method works based on criteria which are the determining factors for a case study by assessing the weight of each criterion. The purpose of this study was to find the priority value of a case of determining the class increase of students at the Al-Falah Dago Islamic Boarding School. The TOPSIS method can make it easier for Islamic boarding schools to determine whether students will go to class or not go to class objectively with predetermined criteria. In the process of determining the class increase of the students of the Al-Falah Dago Islamic Boarding School, there are 42 alternatives with 6 criteria being assessed: the average value of imtihan 1, the average value of imtihan 2, attendance, practice values, discipline values and moral values. The results of this study indicate that the results obtained from the determination of grade promotion from 42 alternatives resulted in recommendations for 27 students to go to class and as many as 15 students not to go to class.

Abstrak. TOPSIS merupakan salah satu metode yang terdapat pada Multi Criteria Decision Making (MCDM). Secara umum metode ini bekerja berdasarkan kriteria yang merupakan faktor penentu bagi suatu studi kasus dengan menilai bobot dari setiap kriteria. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari nilai prioritas dari sebuah kasus penentuan kenaikan kelas santri Pondok Pesantren Al-Falah Dago. Metode TOPSIS dapat mempermudah pihak pesantren untuk menentukan santri naik kelas atau tidak naik kelas secara objektif dengan kriteria yang sudah ditentukan. Dalam proses penentuan kenaikan kelas santri Pondok Pesantren Al-Falah Dago terdapat 42 alternatif dengan 6 kriteria yang menjadi penilaian: nilai rata-rata imtihan 1, nilai rata-rata imtihan 2, kehadiran, nilai praktik, nilai kedisiplinan dan nilai akhlaq. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perolehan hasil penentuan kenaikan kelas dari 42 alternatif dihasilkan rekomendasi sebanyak 27 santri naik kelas dan sebanyak 15 santri tidak naik kelas.

References

P. Arbelia, “Penerapan Metode AHP dan TOPSIS sebagai Sistem Pendukung Keputusan dalam Menentukan Kenaikan Jabatan bagi Karyawan,” J. Ilm. Go Infotech, vol. 20, no. 1, pp. 9–17, 2014.

S. O. K. Reflin Yadi, Muhammad Sobri, “Implementasi metode topsis untuk menentukan karyawan terbaik di pt.kfc cabang demang,” J. Binadarma, pp. 1–9, 2015.

F. F. N. Azizi, “Implementasi Metode Topsis Pada Sistem Pendukung Keputusan Untuk Seleksi Siswa Kelas Unggulan (Studi Kasuk Di Ma Al Amiriyyah Blokagung),” p. 251, 2014.

A. Suryandini and I. Indriyati, “Sistem Pendukung Keputusan untuk Penentuan Minat Peserta Didik di SMA Menggunakan Metode TOPSIS,” J. Masy. Inform., vol. 6, no. 12, pp. 30–37, 2015, doi: 10.14710/jmasif.6.12.11116.

P. Hia, H. Hardianto, and R. A. Destari, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Kenaikan Kelas Dengan Menggunakan Metode Topsis Pada Smk Yapim Mabar,” CCIT J., vol. 11, no. 2, pp. 171–181, 2018, doi: 10.33050/ccit.v11i2.585.

S. Mallu, “Sistem pendukung keputusan penentuan karyawan kontrak menjadi karyawan tetap menggunakan metode topsis,” J. Ilm. Teknol. dan Inf. Terap., vol. 1, no. 2, pp. 36–42, 2015.

A. N. Fitriana, H. Harliana, and H. Handaru, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Prestasi Akademik Siswa dengan Metode TOPSIS,” Creat. Inf. Technol. J., vol. 2, no. 2, p. 153, 2015, doi: 10.24076/citec.2015v2i2.45.

R. . Sari, “Komputasi Metode Saw Dan Topsis Menggunakan Gui Matlab Untuk Pemilihan Jenis Objek Wisata Terbaik (Studi Kasus : Pesona Wisata Jawa Tengah),” J. Gaussian, vol. 5, no. 2, pp. 289–298, 2016.

R. Z. Hasibuan, A. Prahutama, and D. Ispriyanti, “Perbandingan Metode Moora Dan Topsis Dalam Penentuan Penerimaan Siswa Baru Dengan Pembobotan Roc Menggunakan Gui Matlab,” J. Gaussian, vol. 8, no. 4, pp. 462–473, 2019, doi: 10.14710/j.gauss.v8i4.26726.

Martaulina, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI GURU BERPRESTASI UNTUK MEMBERIKAN PENGHARGAAN DENGAN METODE TOPSIS ( Studi Kasus : SMA Negeri 2 Lubuk Pakam ),” pp. 119–124, 2015.

Downloads

Published

2022-12-20