https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Analisis Semiotika Konten Berbusana Muslimah Pada Akun Instagram @hijabalila

Authors

  • Salma Zahwatunnisa Azzahra Fakultas Dakwah, Universitas Islam Bandung
  • N. Sausan Muhammad Sholeh Fakultas Dakwah, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrkpi.v4i2.5307

Keywords:

Busana, Konten, Analisis Semiotika

Abstract

Abstract. Instagram is currently the most popular social media, a lot of Muslimah fashion trends on social media that do not pay attention to the values of kesyar'ian in the model. The @hijabalila Instagram account utilises Instagram social media to educate Muslimah fashion according to Islamic law. Therefore, this research is entitled Semiotics Analysis of Muslimah Dress Content on @hijabalila Instagram Account. The purpose of this study is to analyse and understand the message content of Muslimah fashion content, focusing on aspects of aqidah, sharia, and morals. This type of research is qualitative with descriptive-analysis method. Data collection through observation, documentation, and previous research. Using Roland Barthes semiotic analysis theory. The results of this study are: 1) Aspects of aqidah that emphasise faith in Allah Swt, the Qur'an, and the Apostle in shari'i dress. 2) Aspects of morals that emphasise the importance of morals towards oneself and others in dressing according to sharia. 3) Sharia aspects that emphasise covering the aurat and the use of shar'i clothing.

Abstrak. Instagram saat ini menjadi media sosial paling populer, banyak sekali trend fashion muslimah di media sosial yang kurang memperhatikan nilai-nilai kesyar’ian dalam modelnya. Akun Instagram @hijabalila memanfaatkan media sosial Instagram untuk mengedukasi busana muslimah yang sesuai syariat Islam. Maka dari itu penelitian ini berjudul Analisis Semiotika Konten Berbusana Muslimah Pada Akun Instagram @hijabalila. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis dan memahami isi pesan dari konten berbusana muslimah, dengan fokus pada aspek aqidah, syariah, dan akhlak. Jenis penelitian ini kualitatif dengan metode deskriptif-analisis. Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan penelitian terdahulu. Menggunakan teori analisis semiotika Roland Barthes . Hasil penelitian ini yaitu : 1) Aspek aqidah yang menekankan keimanan kepada Allah Swt, Al-Qur’an, dan Rasul dalam berbusana syar’i. 2) Aspek akhlak yang menekankan pentingnya akhlak terhadap diri sendiri dan orang lain dalam berpakaian sesuai syariat. 3) Aspek syariah yang menekankan menutup aurat dan penggunaan busana syar’i.

References

Ahmad. (2018). Desain Penelitian Analisis Isi (Content Analysis). Jurnal Research Gate, 5.

Ahmadi, D. (2007). Konstruksi Jilbab sebagai Simbol Keislaman. MediaTor: Jurnal Komunikasi, 8(2), 235–248.

Ahmadi, D. (2014). Strategi Marketing Public Relations Bagi Perguruan Tinggi Dalam Pemanfaatan Media Sosial Twiter. Prosiding SNaPP2014 Sosial, Ekonomi, dan Humaniora, 617–622.

Ahmadi, D., & Adzhani, A. V. (2019). The use Instagram with visiting interest: The correlation between the use @littlecollins.bdg Instagram with visiting interest. Journal of Physics: Conference Series, 1375(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1375/1/012055

Ahmadi, D., Rachmiatie, A., & Nursyawal. (2019). Public participation model for public information disclosure. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 35(4), 305–321. https://doi.org/10.17576/JKMJC-2019-3504-19

Ahmadi, D., Sabarina, C., & Harahap, E. H. (2020). Implementation Information Technology Through Channel Youtube “Lampu Islam.” 2nd Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2019), 630–631. https://www.scribd.com/doc/76635686/Studi-Bahasa-Dan-Konteks-

Al Mega, A. N. P., & Ahmadi, D. (2022). Perencanaan Komunikasi Digital Akun Instagram @ASPAN_Lampung. Bandung Conference Series: Public Relations, 2(2). https://doi.org/10.29313/bcspr.v2i2.3592

Alex Sobur. (2006). Semiotika Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya.

Al-Hawani, & Aba Firdaus. (1995). Selamatkan Dirimu Dari Tabarruj. Mitra Pustaka.

APJII. (2023). Survei Penetrasi dan Perilaku Internet 2023. APJII.

Azmi Fadhilah Mujahid, & Muhammad Fauzi Arif. (2022). Analisis Isi Pesan Dakwah yang Terkandung dalam Akun Instagram @Shiftmedia.Id. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 105–110. https://doi.org/10.29313/jrkpi.vi.1471

Berger, A. A. (2010). Pengantar Semiotika: Tanda-tanda dalam Kebudayaan Kontemporer. Tiara Wacana.

Dewi, A. R., & Ahmadi, D. (2022). Hubungan Terpaan Tweet “Twitter, Please Do Your Magic” dengan Sikap Remaja. Jurnal Riset Public Relations, 6–13. https://doi.org/10.29313/jrpr.vi.639

Hafidz Abdurrahman, F. Y. (2018). Islam Rahmatan Lil Alamin. Al-Fatih Press.

Halwa Sri Wulandari, & Malki Ahmad Nasir. (2024). Strategi Dakwah YouTube Darussurur Media dalam Meningkatkan Pemahaman Agama. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 47–52. https://doi.org/10.29313/jrkpi.v4i1.3903

Hasmawati, F. (2017). Islamic Communication Planning In Improving The Quality Of Education Services. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 22(02). https://doi.org/10.9790/0837-2202033237

Ismail, A. (2023). Larangan Menyerupai Lawan Jenis. https://almanhaj.or.id/7309-larangan-menyerupai-lawan-jenis.html

Khairuni, N. (2016). Dampak Positif dan Negatif Sosial Media Terhadap Pendidikan Akhlak Anak. Jurnal Edukas, 1(2), 95.

Khansya Aqilla, & Parihat Kamil. (2022). Dampak Pemisahan Kelas Berbasis Gender terhadap Komunikasi Antarpribadi dengan Lawan Jenis. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 99–104. https://doi.org/10.29313/jrkpi.vi.1431

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa McQuail. Salemba Humanika.

Moleong, L. J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.

Mudjiyanto, B., & Nur, E. (2013). Semiotics In Research Method of Communication. Jurnal Penelitian Komunikasi, Informatika Dan Media Massa, 1.

Muthia, C., Effendi, R., & HMZ, N. (2021). Nilai-Nilai Agama Islam dalam Budaya dan Adat Masyarakat Aceh. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 1(1), 52–60. https://doi.org/10.29313/jrkpi.v1i1.170

Nanda Ghilman Nadhiri, Yahya, W., & N. Sausan Saleh. (2024). Penggunaan Instagram Sebagai Media Dakwah terkait Kesadaran Beribadah Mahasiswa Unisba. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 9–16. https://doi.org/10.29313/jrkpi.v4i1.3741

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.

Nursalam. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. Salemba Medika.

Nurul Qurotul Aeni, & Suhendi, H. (2024). Pengaruh Dakwah Akun Instagram Hawaariyyun terhadap Gaya Hidup Followersnya. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 33–38. https://doi.org/10.29313/jrkpi.v4i1.3744

Nurulita Danty Intan Pratiwi, & Ida Afidah. (2022). Analisis Semiotika Roland Barthes Pesan Dakwah dalam Film Merindu Cahaya De Amstel. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 93–98. https://doi.org/10.29313/jrkpi.vi.1320

Refi Maulana Yusuf, & Dadi Ahmadi. (2022). Kampanye Budaya Beberes di Media Sosial Instagram. Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital, 151–158. https://doi.org/10.29313/jrjmd.v2i2.1530

Sabil M Sungkar, & Dadi Ahmadi. (2023). Pengelolaan Konten Instagram dalam Konten Dakwah #Shift1MinuteBooster Shift Media. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 3(2), 121–124. https://doi.org/10.29313/jrmk.v3i2.3226

Sobur, A. (2013). Semiotika Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya.

Sulaiman, A. I., & Ahmadi, D. (2020). Empowerment communication in an islamic boarding school as a medium of harmonization. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 36(4), 323–338. https://doi.org/10.17576/JKMJC-2020-3604-20

Susilowati. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok sebagai Personal Branding di Instagram. Jurnal Komunikasi, 03(02), 339–356.

Wahid, A. (2019). Media Sosial Dalam Dakwah: Strategi dan Implementasi. Pustaka Islam.

Yayuh Khufibasyaris. (2024). Tren Fesyen Hijab Tiktok yang Memotivasi Cara Berpakaian Islami. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 17–24. https://doi.org/10.29313/jrkpi.v4i1.3742

Downloads

Published

2024-12-30