https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Strategi Dakwah Islam Program Siaran “Embun Pagi” Radio Rase 102. 3 FM Bandung

Authors

  • Hisna Faturochman Fakultas Dakwah, Universitas Islam Bandung
  • Komarudin Shaleh Fakultas Dakwah, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrkpi.v4i2.5248

Keywords:

Strategi Dakwah, Program Siaran, Media Radio

Abstract

Abstract. Radio is an audio broadcast media that only relies on hearing, radio is not only an information media but radio can also be used as a tool or a media for implementing da’wah. Radio as one of the da’wah media needs to pay attention to the massage to be conveyed, especially Islamic teachings the prioritize truth. Therefore, preaching through radio media requires a mature concept, because the nature of radio is only heard, therefore a massage deliverer (da’i) must be more careful in processing information with a mature strategy. Based on these problems, the problems that occur in a radio media can be formulated, namely how the da’wah strategy is carried out by the Embun Pagi broadcast program which is poured into: (1) How is the sentimental strategy, (2) How is the rational strategy, (3) How is the sensory strategy. This study uses a qualitative method with a descriptive approach. By reviewing previous findings, it is possible to find the data needed. Data collection in this study includes interviews, observations and documentation. The data analysis technique used is a descriptive approach. The Islamic da’wah strategy of the Embun Pagi broadcast program tries to provide religious information that contains truth in broadcasting da’wah trough the radio.

Abstrak. Radio merupakan sebuah media penyiaran auditif yang hanya mengandalkan pendengaran, radio tidak hanya sekedar media informasi tetapi radio juga dapat digunakan sebagai alat atau sebuah media untuk pelaksanaan dakwah. Radio sebagai salah satu media dakwah perlu memperhatikan pesan yang hendak disampaikan terutama ajaran Islam yang mengutamakan kebenaran. Maka dari itu berdakwah melalui media radio memerlukan konsep yang matang, karena sifat radio hanya didengar, oleh sebabnya seorang penyampai pesan (da’i) harus lebih teliti dalam mengolah informasi dengan strategi yang matang. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dapat dirumuskan permasalahan yang terjadi dalam sebuah media radio, ialah bagaimana Strategi dakwah yang dilakukan program siaran Embun Pagi yang dituangkan kepada: (1) Bagaimana strategi sentimental, (2) Bagaimana strategi rasional, (3) Bagaimana strategi indrawi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengen pendekatan deskriptif. Dengan mengkaji hasil temuan terdahulu mampu menemukan data-data yang dibutuhkan. Pengumpulan data pada penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan dokumnetasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan pendekatan deskriptif. Strategi dakwah Islam program siaran Embun Pagi ini berusaha memberikan informasi keagamaan yang mengandung kebenaran dalam mensyiarkan dakwah melalui radio.

References

Abdullah. (2019). Ilmu Dakwah. Kharisma Putra Utama Offset.

Ahmad, A. A. (2013). Dakwah, Seni dan Teknologi Pembelajaran. Jurnal Dakwah Tabligh, 14(1), 80–81.

Ahmadi, D., S, S., . F., & Iskandar, D. (2023). The Effect of Digital Journalism Training on Media Sub Domain PR FM and PR MN on Cognitive Improvement of the Editorial Crew. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v8i18.14290

Ali Aziz. (2004). Ilmu Dakwah. Prenada Media.

Arifin, A. (2011). Dakwah Kontemporer: Sebuah Studi Komunikasi.

Asep Muhyidin. (2002). Metode Pengembangan Dakwah. Pustaka Setia.

Chaerul Sopyan. (2024). Strategi Komunikasi Dakwah DKM Masjid Jami Nurul Falah dalam Meningkatkan Minat Ibadah Remaja. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 53–58. https://doi.org/10.29313/jrkpi.v4i1.3910

Dewi, A. R., & Ahmadi, D. (2022). Hubungan Terpaan Tweet “Twitter, Please Do Your Magic” dengan Sikap Remaja. Jurnal Riset Public Relations, 6–13. https://doi.org/10.29313/jrpr.vi.639

Fahrurozi, Faizah, & Kadri. (2019). Ilmu Dakwah. Kencana.

Faza, M. S., & Ubaidilla, S. (2020). Urgensi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Kegiatan Pencak Silat Gasmi di Pondok Pesantren Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 10(1).

Goni, F., A. S. Rustan, & M. Qadaruddin. (2016). Dakwah Melalui Radio (Analisis Program Konsultasi Agama Islam Di Radio Mesra FM). KOMUNIDA: Media Komunikasi Dan Dakwah, 6(1).

Harahap, E., Fajar, Y., Ahmadi, D., Kudus, A., & Ceha, R. (2020). Modeling Of Request Routing Management On Router For Content Delivery Network. Article in International Journal of Scientific & Technology Research. www.ijstr.org

Ishaq, R. El. (2016). Pengantar Ilmu Dakwah; Studi Komprehensif Dakwah dari Teori ke Praktik. Madani.

Japarudin, J. (2012). Media Massa dan Dakwah. Jurnal Dakwah, 8(1).

Jihan Azhari, & Bambang Saiful Ma’arif. (2023). Pola Komunikasi Dakwah dalam Pembinaan Pemahaman Keagamaan Masyarakat Dusun Cikoneng Sumedang. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 29–34. https://doi.org/10.29313/jrkpi.vi.2258

Karimah, S. F. (2021). Peranan Dakwah Kismis Purwakarta secara Online dalam Menyiarkan Islam. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 1(1), 7–10. https://doi.org/10.29313/jrkpi.v1i1.18

Kibtiyah, M., & Erna, S. (2023). Sikap Toleransi, Kesetaraan, dan Kerjasama Antar Umat Beragama dalam Mewujudkan Nilai Moderasi Beragama pada Pemuda Kecamatan Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Seulangga: Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 2(1).

Kurnia, S. S., Ahmadi, D., & Firmansyah, F. (2020). Investigative News of Online Media. MIMBAR : Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 36(1), 1–11.

Kurnia, S. S., Firmansyah, Ahmadi, D., Iskandar, D., Karsa, S. I., & Kustiman, E. (2023). Digital Diversification to Expand the Indonesian Radio Industry: A Case Study of PRFM, Delta, and Dahlia Stations. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 39(3), 202–220. https://doi.org/10.17576/JKMJC-2023-3903-11

Malin, M. (2005). Dinamika Dakwah Dalam Perspektif Al-Quran dan Sunnah. Media Gramedia.

Masduki, Moh. (2001). Jurnalis Radio. LKIS.

Moh. Ali Aziz. (2004). Ilmu Dakwah. Kencana.

Moleong, L. J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.

Muh. Arifin. (1991). Psikologi Dakwah. Bumi Aksara.

Munir, M. (2003). Metode Dakwah. Prenada Media.

Nazir, M. (1985). Metode Penelitian. Ghalia.

Pujileksono, S. (2016). Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Kelompok Intrans Publikasi.

Saiful Ma’arif, B. (2010). Komunikasi Dakwah. Simbiosa Rekatama Media.

Subadi, T. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Muhammadiyah University Press Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Suhandang, K., & Kuswandi, E. (2012). Ilmu dakwah (Perspektif Komunikasi).

Sulaiman, A. I., & Ahmadi, D. (2020). Empowerment communication in an islamic boarding school as a medium of harmonization. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 36(4), 323–338. https://doi.org/10.17576/JKMJC-2020-3604-20

Syamsul M Romli, A. (2003). Jurnalistik Dakwah, Visi dan Misi Dakwah Bil Qalam. In Jurnalistik Dakwah, Visi dan Misi Dakwah Bil Qalam (p. 6).

Downloads

Published

2024-12-30