Retorika Dakwah Dr. Aisah Dahlan dalam Video “Perbedaan Persepsi Pria dan Wanita”
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrkpi.v4i2.5223Keywords:
Retorika Dakwah, dr. Aisah DahlanAbstract
Abstract. This research is titled "Retorika Dakwah Dr. Aisah Dahlan dalam Video “Perbedaan Persepsi Pria dan Wanita”". This research aims to find out how dr. Aisah in the video "Differences in Perception of Men and Women" on Rumil Al-Hilya Youtube channel. The researcher used a descriptive qualitative method to obtain data. Then the researcher carried out observation activities through video observation and documentation in the form of profiles and videos from Youtube Rumil Al-Hilya. The theory used is Jalaluddin Rakhmat rhetorical theory (contact, vocal and visual). The results of the study are (1) contact processing dr. Aisah uses visual contact and mental contact (response) so that the mad'u feels involved in her da'wah activities; (2) Dr. Aisah uses clear articulation, pitch (tone) of up, low, and up-down sounds, rate and rhythm as well as pauses and pauses (stops) that make the audience able to digest his words; (3) Visual processing of dr. Aisah uses physical gestures (whole body movements, hand gestures, expressions, body postures, appearances and clothes) and power point visual aids that make the audience not feel bored when listening to her study.
Abstrak. Penelitian ini berjudul "Retorika Dakwah Dr. Aisah Dahlan dalam Video “Perbedaan Persepsi Pria dan Wanita”". Penelitan ini bertujuan bertujuan untuk mengetahui bagaimana olah kontak, olah vokal, dan olah visual dr. Aisah dalam video “Perbedaan Persepsi Pria dan Wanita” di channel Youtube Rumil Al-Hilya. Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk mendapatkan data. Kemudian peneliti melakukan kegiatan observasi melalui pengamatan video serta dokumentasi berupa profil dan video dari Youtube Rumil Al-Hilya. Teori yang digunakan yakni teori retorika Jalaluddin Rakhmat (olah kontak, olah vokal dan olah visual). Hasil penelitian adalah (1) olah kontak dr. Aisah menggunakan kontak visual dan kontak mental (tanggapan) sehingga mad’u merasa dilibatkan dalam aktivitas dakwahnya; (2) olah vokal dr. Aisah menggunakan artikulasi yang jelas, pitch (nada) suara naik, rendah, dan naik-turun, rate dan rhythm serta Jeda dan pause (hentian) yang membuat audiens mampu mencerna perkataannya; (3) olah visual dr. Aisah menggunakan gerak fisik (gerak seluruh tubuh, gerak tangan, ekspresi, sikap tubuh, penampilan dan pakaian) dan alat bantu visual power point yang membuat audiens tidak merasa bosan ketika mendengarkan kajiannya.
References
Ahmadi, D. (2007). Konstruksi Jilbab sebagai Simbol Keislaman. MediaTor: Jurnal Komunikasi, 8(2), 235–248.
Ahmadi, D., Sabarina, C., & Harahap, E. H. (2020). Implementation Information Technology Through Channel Youtube “Lampu Islam.” 2nd Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2019), 630–631. https://www.scribd.com/doc/76635686/Studi-Bahasa-Dan-Konteks-
Ahmadi, D., Septiawan, S., Indra, S., Firmansyah, & Iskandar, D. (2024). Effect of WhatsApp promotional messages on audience interest in accessing news. SCIENCE AND TECHNOLOGY RESEARCH SYMPOSIUM 2022, 3065, 020039. https://doi.org/10.1063/5.0225981
Ali Aziz, M. (2004). Ilmu Dakwah. Kencana Prenada Media Group.
Anjar, R. (2024). Retorika (Teori dan Praktis Seni Berbicara Di Era Digital). Wawasan Ilmu.
Anna, D. S. (2020). Buku Ajar Retorika. CV. AA. Rizky.
Cakranegara, D. I., Ahmadi, D., Kurnia, S. S., Firmansyah, F., & Karsa, S. I. (2023). The Role of Local Mass Media in Anticipating Hoax Information (Case Study at Radar Tasikmalaya). Nyimak, Journal of Comunication, 7(1), 55–70. https://doi.org/DOI:10.31000/nyimak.v7i1.6967
Devito, J. A. (1984). The Elements of Public Speaking. Harper & Row.
Fhadillah, R. (2019). Penyalahgunaan Media Sosial Youtube dalam Perspektif UU ITE No. 19 Tahun 2016 dan Hukum Islam. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.
Gani, R., Astuti, S. I., & Kusumalestari, R. R. (2020). Virtual Public Speaking. Simbosa Rekatama Media.
Halwa Sri Wulandari, & Malki Ahmad Nasir. (2024). Strategi Dakwah YouTube Darussurur Media dalam Meningkatkan Pemahaman Agama. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 47–52. https://doi.org/10.29313/jrkpi.v4i1.3903
Hamdan, M. (2021). Youtube Sebagai Media Dakwah. Palita: Journal of Social Religion Research, 6(1).
Jihan Azhari, & Bambang Saiful Ma’arif. (2023). Pola Komunikasi Dakwah dalam Pembinaan Pemahaman Keagamaan Masyarakat Dusun Cikoneng Sumedang. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 29–34. https://doi.org/10.29313/jrkpi.vi.2258
Karimah, S. F. (2021). Peranan Dakwah Kismis Purwakarta secara Online dalam Menyiarkan Islam. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 1(1), 7–10. https://doi.org/10.29313/jrkpi.v1i1.18
Kurnia, S. S., Ahmadi, D., Karsa, S. I., Firmansyah, F., & Iskandar, D. (2022). Interpretation of Television Journalists Utilizing Smartphone Technology. 534–539.
Kurnia, S. S., Firmansyah, Ahmadi, D., Iskandar, D., Karsa, S. I., & Kustiman, E. (2023). Digital Diversification to Expand the Indonesian Radio Industry: A Case Study of PRFM, Delta, and Dahlia Stations. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 39(3), 202–220. https://doi.org/10.17576/JKMJC-2023-3903-11
Nasri, M. (2016). Dakwah Efektif (Publick Speaking) Bagaimana Bertablig Yang Baik. Lembah Harapan Press.
Nasrullah, R. (2015a). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi.
Nasrullah, R. (2015b). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.
Nasrullah, R. (2017). Komunikasi Antar Budaya di Era Digital. Prenada Media.
Rakhmat, J. (2021). Retorika Modern Pendekatan Praktis Berbicara di Depan Publik. Simbiosa Rekatama Media.
Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Medua Nusantara.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Udin. (2019). Retorika dan Narasi Dakwah Bagi Pemula. Prenamedia Group.
Wahid, A. (2019). Media Sosial Dalam Dakwah: Strategi dan Implementasi. Pustaka Islam.
Wina Widiastuti, & Ida Afidah. (2024). Metode Dakwah Lembang Berdzikir di Mesjid Besar Lembang. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 67–72. https://doi.org/10.29313/jrkpi.v4i1.3940
Wuwuh Andayani, Loso Judijanto, Nursyam Maharang, Mohamad Fajri Mekka Putra, Sulaiman Sulaiman, Karimuddin Karimuddin, Dessy Andamisari, Saskia Ratry Arsiwie, & Ihtiara Fitrianingsih. (2024). Public Speaking (Teori Dalam Menguasai Keterampilan Berbicara Yang Baik). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.