https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Peran Media WhatsApp Group Masjid Al-Ukhuwah dalam Penyebaran Dakwah Islam untuk Masyarakat Ciganitri

Authors

  • Muhammad Marsal Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah, Universitas Islam Bandung, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrkpi.v4i1.3929

Keywords:

Grup Whatsapp, Masjid, Pengajian

Abstract

Abstract. This research focuses on the Whatsapp Group created by the Al-Ukhuwah Mosque DKM Management which is located in the Griya Bandung Asri (GBA) 3 complex, Bandung Regency. The aim of this research is to determine the content of da'wah messages carried out in the Al-Ukhuwah Mosque Whatssapp Group. This research uses qualitative research, with descriptive analysis methods, data collection techniques using interviews, observation and documentation. The research results show that the content of the da'wah messages carried out in the Al-Ukhuwah Mosque Whatssapp group consists of symbols, signs and signifiers. The role of the Al-Ukhuwah Mosque WhatsApp Group as a medium for spreading da'wah carried out at the Al-Ukhuwah Mosque is also as a reminder of daily and incidental worship. The development of da'wah at the Al-Ukhuwah Mosque includes routine recitations and incidental recitations where information is disseminated using the WhatsApp group before, during and after.

Abstrak. Penelitian ini berfokus pada Grup Whatsapp yang di buat oleh Pengurus DKM Masjid Al-Ukhuwah yang berada di komplek Griya Bandung Asri (GBA) 3 Kabupaten Bandung. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui isi pesan dakwah yang dilakukan di Grup Whatssapp Masjid Al-Ukhuwah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif analisis, teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan isi pesan dakwah yang dilakukan di grup Whatssapp Masjid Al-Ukhuwah terdiri atas Simbol, petanda dan penanda. Peran Grup Whatssapp Masjid Al-Ukhuwah sebagai media penyebaran dakwah yang dilakukan di Masjid Al-Ukhuwah juga sebagai pengingat ibadah sehari hari dan insidental. Pengembangan dakwah di Masjid Al-Ukhuwah Meliputi Pengajian rutinan dan Pengajian insidental yang disebarkan informasi nya menggunakan Grup Whatssapp sebelum, saat dan sesudah.

References

Abdul Rahman, S. H., & Zaharuddin, M. (2015). Dakwah Bil Lisan: Teori dan Amalan. Pustaka Salam.

Aisah, S., Shaleh, K., & Sholeh, N. S. M. (2021). Aktivitas Dakwah Islam melalui Kegiatan Liqo dan Dampak terhadap Perilaku Keagamaan Masyarakat di Kp. Nyalindung Kelurahan Ciumbuleuit Kota Bandung. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 1(1), 21–28. https://doi.org/10.29313/jrkpi.v1i1.20

Astriani, K., Effendi, R., & Suhendi, H. (2018). Efektivitas Pengajian Sabtu dalam Pembinaan Keberagamaan Jamaah di Masjid Al-Ukhuwwah Kota Bandung. Jurnal Prosiding Komunikasi Penyiaran Islam, 4(2), 2016.

Dhovi Rizal Fachrudin, & Hendi Suhendi. (2022). Konstruksi Makna Pesan Dakwah pada Program Pendidikan dan Pelatihan Virtual Santri Siap Guna (SSG) Angkatan 40 Pondok Pesantren X Bandung di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 1(2), 114–118. https://doi.org/10.29313/jrkpi.v1i2.573

Ilaihi, W. (2010). Komunikasi Dakwah. PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2016). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. PT. Remaja Rosdakarya.

Prastowo, A. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Ar-Ruzz Media.

Randi Wahyu Rahmadhan, & Nandang HMZ. (2023). Strategi Dakwah DKM Jami Al-Huda kepada Masyarakat Urban dan Dampaknya terhadap Pemahaman Agama. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 55–62. https://doi.org/10.29313/jrkpi.vi.2284

Ruliana, P. (2019). Teori Komunikasi. PT. RajaGrafindo.

Saiful Ma’arif, B. (2010). Komunikasi Dakwah. Simbiosa Rekatama Media.

Sarbini, A. (2021). Sosiologi Dakwah: Edisi Revisi. Simbiosa Rekatama Media.

Sumadi, E. (2016). Dakwah dan Media Sosial: Menebar Kebaikan Tanpa Diskrimasi. Jurnal At-Tabsyir, 4(1).

Yudiono, K. S. (2009). Pengkajian Kritik Sastra Indonesia. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Downloads

Published

2024-06-25