Pengaruh Dakwah Akun Instagram Hawaariyyun terhadap Gaya Hidup Followersnya
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrkpi.v4i1.3744Keywords:
Dakwah, Instagram, Gaya HidupAbstract
Abstact. Indonesians spend up to 3 hours and 17 minutes per day passively on social media, so this habit creates an unhealthy lifestyle. One of the Instagram accounts engaged in da'wah is Hawaariyyun’s. It is feared that social media content is just for fun and not positive enough to make Hawaariyyun’s want to preach in that place. This research is a quantitative research with descriptive analysis research method. The steps taken in conducting the research were observing the Hawaariyyun’s Instagram account, analyzing the data by distributing questionnaires to followers and describe the research results. This study aims to determine the effect of the preaching of the Hawaariyyun’s Instagram account on lifestyle his followers. Da'wah media conveyed by the Hawaariyyun’s Instagram account, obtained good results with an average of 4.2. Lifestyle level followers the Hawaariyyun’s Instagram account as a whole gets an average of 3.87 so it can be said to be good. The results showed that the X variable, namely the da'wah carried out by the Hawaariyyun’s Instagram account, on the Y variable, namely lifestyle, in this study obtained an r-square result of 0.127, which means that the X variable affects the Y variable by 12%.
Abstrak. Penduduk Indonesia mengahabiskan waktunya mencapai 3 jam 17 menit per hari secara pasif di media sosial, sehingga kebiasaan tersebut menimbulkan gaya hidup yang tidak sehat. Salah satu akun instagram yang bergerak dibidang dakwah adalah Hawaariyyun. Media sosial yang dikhawatirkan isinya hanya sekedar untuk hura-hura dan kurang positif membuat Hawaariyyun ingin berdakwah ditempat tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif analisis. Langkah-langkah yang ditempuh dalam melakukan penelitian ialah melakukan observasi pada akun instagram Hawaariyyun, menganalisis data dengan menyebarkan kuesioner pada followers dan mendeskripsikan hasil penelitian. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh dakwah akun instagram Hawaariyyun terhadap gaya hidup followersnya. Media dakwah yang disampaikan akun instagram Hawaariyyun, memperoleh hasil yang baik dengan rata-rata 4,2. Tingkat gaya hidup followers akun instagram Hawaariyyun secara keseluruhan mendapatkan rata-rata 3,87 sehingga dapat dikatakan baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel X yaitu dakwah yang dilakukan akun instagram Hawaariyyun terhadap variabel Y yaitu gaya hidup dalam penelitian ini memperoleh hasil r-square sebesar 0,127, yang artinya variabel X memengaruhi variabel Y sebesar 12%.
References
Riyanto, A. D. (2022, February 19). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2022. Andi.Link.
Aziz, Moh. A. (2004). Ilmu Dakwah. Prenada Media.
Chandra, A. A. (2017, August 17). Gaya Hidup Baru Ubah Pola Konsumsi Orang RI. Finance.Detik.Com.
Enjang, A., & Aliyudin. (2009). Dasar-Dasar Ilmu Dakwah. Widya Pajajaran.
Rifqi, I. (2022). Mengenal Sosok Hawariyun. Https://Youtu.Be/N5ikMVECEpM.
(KKI), K. K. I. (2023, January 19). Survei Kesehatan AIA: Pola Hidup Masyarakat Indonesia Terburuk di Asia Pasifik. Kebijakankesehatanindonesia.Net.
Mazaya, V. (2022). Smart Dakwah di Era Society 5.0 ; Da’i Virtual dalam New Media. IQTIDA : Journal of Da’wah and Communication, 2(01), 32–46. https://doi.org/10.28918/iqtida.v2i01.5366
Muhammad Zaenal Muttaqin, & Komarudin Shaleh. (2023). Strategi Dakwah Ustadz Ramdan Fawzi di Masa Pandemi. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 43–48. https://doi.org/10.29313/jrkpi.vi.2274
Prawira, R. Y., & Maulida, H. (2020). Kredibilitas Komunikator Jurus Sehat Rasulullah di Kalangan Followers Instagram @Zaidulakbar. Jurnal Dakwah Risalah, 31(1), 1. https://doi.org/10.24014/jdr.v31i1.9527
Salbiah, N. A. (2021, October 21). Survei: 63 Persen Orang Akui Belum Hidup Sehat, Pandemi Ubah 3 Hal. JawaPos.Com.