Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Kesadaran Shalat Tepat Waktu
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrkpi.v4i1.3743Keywords:
Pengaruh, Penggunaan Media Sosial, Kesadaran Shalat Tepat WaktuAbstract
Abstract. Along with advances in technology and science, UNISBA students are now inseparable from the use of social media, both to help study, communicate or to find entertainment to escape from busy lecture activites. Students access social media consistently and some students use social media every day, hour, or even minutes, regardless of time and place, and even neglect the call to prayer. Even though it is fitting that as a Muslim it is obligatory to pray on time and understand its meaning as well as possible, and never to waste the call to prayer that is heard when the call to prayer resounds. The purpose of this research is to find out how social media influences the awereness of praying on time, what is the duration of time for using social media, and knowing how to carry out prayers on time for KPI students of the Faculty of Dakwah UNISBA class of 2018 and 2019. The research method used in this study is quantitative method and a type of statistical method that uses a Likert scale, and uses data collection techniques: observation, questionnaires, documentation, and interviews. The data analysis techniques used are results of the study through 63 students of the Faculty of Dakwah UNISBA amounted to 0.624 from the output obtained from the R square value of 39% which means that there is an influence of the use of social media in awareness of prayer on time.
Abstrak. Seiring dengan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan, mahasiswa UNISBA sekarang tidak terlepas dari penggunaan media sosial, baik untuk membantu belajar, berkomunikasi ataupun mencari hiburan untuk melepaskan diri dari aktivitas kuliah yang padat. Mahasiswa mengakses media sosial secara konsisten dan beberapa mahasiswa menggunakan media sosial setiap hari, jam, atau bahkan menit, tanpa mengenal waktu dan tempat, bahkan hingga melalaikan panggilan shalat. Padahal sudah sepatutnya sebagai muslim wajib hukumnya melaksanakan shalat tepat waktu dan memahami maknanya dengan sebaik-baiknya. Serta tidak pernah menyia-nyiakan panggilan shalat yang terdengar saat adzan berkumandang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pengaruh media sosial terhadap kesadaran shalat tepat waktu, bagaimana durasi waktu penggunaan media sosial, dan mengetahui bagaimana pelaksanaan shalat tepat waktu pada mahasiswa KPI Fakultas Dakwah UNISBA angkatan 2018 dan 2019. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dan jenis metode statistik yang digunakan skala likert, dan menggunakan teknik pengumpulan data: observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara. Adapun taktik analisa data yang digunakan berupa uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji regresi, serta uji hipotesis. Hasil dari penelitian melalui 36 mahasiswa Fakultas Dakwah UNISBA sebesar 0.624 dari output di dapat dari nilai R Square sebesar 39% yang berarti adanya pengaruh Penggunaan Media Sosial dalam Kesadaran Shalat Tepat Waktu.
References
Ayu Rochmatulloh Ramdani, & Muhammad Fauzi Arif. (2022). Studi Deskriptif Pengelolaan Media Sosial Instagram melalui Quiz Time di Instastory Akun X. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 1(2), 106–113. https://doi.org/10.29313/jrkpi.v1i2.572
Fikri, S. E. (2014). Sejarah Ibadah. Republika Press.
Kriantono, R. (2009). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana.
Kurnia, S. S., Ahmadi, D., & Firmansyah, F. (2020). Investigative News of Online Media. MIMBAR : Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 36(1), 1–11.
Muhammad Fauzan, N., & Saiful Ma’arif, B. (2021). Pengaruh Penggunaan Game Online terhadap Perilaku Remaja dalam Pelaksanaan Ibadah Shalat di Lingkungan Permata Kopo Kabupaten Bandung. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 2(1), 85–91.
Nazir, M. (1985). Metode Penelitian. Ghalia.
Nuryanto, H. (2012). Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi. PT. Balai Pustaka.
Pandia, H. (2004). Teknologi Informasi dan Komunikasi. Erlangga.
Puspita, Y., Fitriani, Y., Astuti, S., & Novianti, S. (2020). Selamat Tinggal Revolusi Industri 4.0, Selamat Datang Revolusi Industri 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 122–130. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/3794/3565
Syarif, N. (2020). Moslem Social Media. PT. Elex Media Komputindo.