Efektivitas Pembinaan Praktek Dakwah Lapangan Pondok Pesantren Modern Al-Mu’awanah terhadap Santrinya
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrkpi.v3i2.3030Keywords:
Efektivitas, Pembinaan, Paktek LapanganAbstract
Abstract. The Field Da'wah Practice Development Program conducted by the Al-Mu'awanah Modern Islamic Boarding School, Cidawolong - Majalaya - Bandung is one of the programs held before the students carry out direct da'wah in the community, but the effectiveness of this activity on the students is unknown. then the problems in this study are formulated as follows: (1) What is the field da'wah practice program for Santri Pondok Pesantren Modern Al-Mu'awanah? (2) How is the teaching practice of field preaching at the Al-Mu'awanah Modern Islamic boarding school towards the students? (3) How is the Effectiveness of Field Teaching Practice of Al-Mu'awanah Modern Islamic Boarding School for its students? Researchers used descriptive analytical techniques using a quantitative approach. To determine the sample the researcher used the slovin method which produced 29 samples of brotherhood students from a total of 40 students at the end of class 24. The data collection techniques used in this study were questionnaires, interviews, observation, and literature study. The data analysis technique used in this research is descriptive analysis technique and determination efficiency analysis technique. The results of this study are: There is a good relationship between the coaching of field da'wah practices to the final students of almuawanah modern Islamic boarding schools, in other words these activities fall into the effective category.
Abstrak. Program Pembinaan Praktek Dakwah Lapangan yang dilakukan Pondok Pesantren Modern Al-Mu’awanah, Cidawolong – Majalaya – bandung merupakan salasatu program yang diadakan sebelum santri santrinya melaksanakan dakwah langsung dimasyarakat, namun belum diketahui efektivitas dalam kegiatan tersebut terhadap santrinya. maka permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1) Apa program praktek dakwah lapangan Santri Pondok Pesantren Modern Al-Mu’awanah ? (2) Bagaimana pembinaan Praktek Dakwah Lapangan Pondok pesantren Modern Al-Mu’awanah terhadap santrinya? (3) Bagaimana Efektivitas Pembinaan Praktek Dakwah Lapangan Pondok Pesantren Modern Al-Mu’awanah terhadap santrinya? Peneliti menggunakan metode teknik deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Untuk menentukan sample peneliti menggunakan metode slovin yang menghasilkan 29 sampel santri ikhwan-akhwat dari total keseluruhan 40 santri akhir angkatan 24. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara, observasi, dan studi pustaka. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknis analisis deskriptif dan teknik analisis kefesien determinasi. Hasil dari penelitian ini adalah: Terdapat hubungan yang baik antara pembinaan praktek dakwah lapangan terhadap santri akhir pondok pesantren modern almuawanah, dengan kata lain kegiatan tersebut masuk dalam kategori efektif.
References
Ali al – mahfudl, hidayat al-mursyidin , ( Beirut : dar al ma’rifah, t.t), hal 17.
M. Quraish Shihab, Membumikan Al-Qur‟an, (Jakarta: Mizan, 1992), hal. 194
Djamalul Abidin, Komunikasi dan Bahasa Dakwah, (Jakarta: Gema Insani Press, 1996), hal. 9.
Abu, usamah, 2011, ulama pewaris nabi, majalah asy syariah, edisi 012 dalam https://asysyariah.com/ulama-pewaris-nabi/
Fauziah, Pesantren sebagai lembaga Pendidikan yang Efektif_hlm. 27_ dalam https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/dinamika/article/download/129/117#:~:text=Pesantren%20merupakan%20sebuah%20lembaga%20pendidikan,kajian%20kitab%20kuning%20sebagai%20sumbernya.&text=Oleh%20karena%20itu%20pendidikan%20yang,dengan%20baik%20oleh%20lembaga%20tersebut.pdf diunduh 23/7/2021 pukul 08.20