Strategi Dakwah Komunitas XK-Wavers untuk Meningkatkan Pemahaman Keagamaan pada Anggotanya
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrkpi.v3i2.3016Keywords:
Korean Wave, Strategi Dakwah, XK-WaversAbstract
Abstract. The Korean Wave spread quickly with the help of technological developments. The Korean Wave has many negative adan positive impacts, an example of a positive impact is making new knowledge, while one of the negative impacts can cause fanaticism among the fans which can result in hampering one’s process of development. Beside that, fans will also tend to spend more time looking at their Korean idols. From this negative impact, the authors conducted research on communities engaged in da’wah to increase relidious understanding among Korean Wave fans, namely XK-Wavers. This research uses the da'wah theory and group communication theory. Data collection is done by observation, interviews and documentation. The type of research is qualitative with a descriptive analysis method. The research results obtained included: discussing the implementation of the XK-Wavers community program and the use of da'wah strategies by the XK-Wavers community in conveying da'wah messages to its members in the form of sentimental, rational and sensory da'wah strategies. The obstacles in preaching in the XK-Wavers community are paid activities and limited networks or signal because most learning activities are carried out online through social media.
Abstrak.
Korean Wave ini menyebar cepat dengan bantuan perkembangan teknologi. Korean Wave memiliki banyak dampak negatif dan positif, contoh dampak positifnya adalah membuat orang memiliki pengetahuan baru, sedangkan dampak negatif salah satunya bisa menyebabkan adanya fanatisme dalam diri penggemarnya yang dapat mengakibatkan terhambatnya proses seseorang untuk berkembang. Selain itu penggemar juga akan cenderung lebih menghabiskan waktunya untuk melihat idola Korea mereka. Dari dampak negatif tersebut penulis melakukan penelitian kepada komunitas yang bergerak dalam bidang dakwah dengan upaya meningkatkan pemahaman keagamaan di kalangan penggemar Korean Wave, yaitu XK-Wavers. Penelitian ini menggunakan teori dakwah serta teori komunikasi kelompok. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Adapun jenis penelitiannyaa adalah kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian yang didapatkan diantaranya: membahas mengenai pelaksanaan program komunitas XK-Wavers serta penggunaan strategi dakwah oleh komunitas XK-Wavers dalam menyampaikan pesan dakwah kepada anggotanya berupa strategi dakwah sentimental, rasional dan inderawi. Adapun kendala dalam berdakwah di komunitas XK-Wavers adalah adanya kegiatan berbayar serta terbatasnya jaringan atau signal dikarenakan sebagian besar kegiatan belajar dilakukan secara online melalui media sosial.
References
Ali Aziz, Moh. (2004). Ilmu Dakwah. Jakarta: Pernada Media.
Ali Aziz, Moh. (2016). Ilmu Dakwah Edisi Revisi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Al-Fath Al-Bayanuni, Muhammad Abu. (2010). Pengantar Studi Ilmu Dakwah (Edisi Indonesia). Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar.
Annisa R, dan Komarudin Shaleh. (2022). Strategi Dakwah Program X-Shool dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 79-84.
AS, Enjang., dan Aliyudin. (2009). Dasar-Dasar Ilmu Dakwah. Bandung: Widya Padjadjaran.
Bayu Ahyar, Dasep, dkk. (2022). Dakwah Multikultural. Bandung: Media Sains Indonesia.
Makrifatul, Illah. (2022). Dakwah Persuasif Pada Komunitas Muslim K-Pop di Media Sosial: Studi pada Instagram @xkwavers. Tesis, 6-22.
Murniaty Sirajuddin. (2014). Pengembangan Strategi Dakwah Media Internet (Peluang dan Tantangan). Bimbingan Penyuluhan Islam, 13.
Naim, Fuadh. (2019). Pernah Tenggelam. Jakarta Barat: ALFATIH PRESS.
Nurrohmah, A. (2020). Efektivitas Instagram Sebagai Media Dakwah (Studi Pada Followers Akun Instagram @xkwavers). Final Project, 77-80.
Senita Indah Maulani. (2022). Strategi Komunikasi Persuasif Fuadh Naim Dalam Berdakwah Di Kalangan Komunitas XK-Wavers Pada Program X-School Melalui Zoom. Final Project.
Zuhdiyah. (2012). Psikoogi Agama. Yogyakarta: Pustaka Felicha.