Pengaruh Video Dakwah pada Akun Tiktok @Faizinaufal terhadap Kesadaran Followers

Authors

  • Nabiila Setiawan Fakultas Dakwah, Universitas Islam Bandung
  • Muhammad Fauzi Arif Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrkpi.vi.2273

Keywords:

Tiktok, Kesadaran Beragama

Abstract

Abstract: Video da'wah is a facility for sending and receiving information. Messages received by individuals or communities are in the form of content related to da'wah which aims to invite individuals or communities to continue to do good and lead a life in accordance with Islamic law. This research is related to da'wah videos on the Tiktok account @faizinaufal. The purpose and benefits of this research are to find out the da'wah material or content that is on the Tiktok @faizinaufal account, and to find out its effect.The research method used is a quantitative method using data collection techniques: questionnaires, documentation, observation and interviews. Data analysis techniques used are validation test, reliability test, descriptive statistics, simple linear regression test, F test, T test, regression model of the coefficient of determination and normality assumption test and heteroscedasticity test. The results of the research on followers illustrate that based on the output of the analysis, the R-Square value of the regression model shows that followers' religious awareness is influenced by the dakwah video of the Tiktok account @faizinaufal.

Abstrak: Video dakwah merupakan sebuah fasilitas untuk mengirim dan menerima informasi. Pesan yang diterima oleh individu atau masyarakat berupa konten-konten yang berkaitan dengan dakwah yang bertujuan mengajak individu atau masyarakat untuk terus melakukan kebaikan dan menjalankan kehidupan sesuai dengan syariat Islam. Adapun penelitian ini berkaitan dengan video dakwah pada akun Tiktok @faizinaufal. Tujuan dan manfaat penelitian ini adalah untuk mengetahui materi-materi atau konten dakwah yang ada pada akun Tiktok @faizinaufal, dan untuk mengetahui pengaruhnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif menggunakan teknik pengumpulan data: kuesioner, dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji validasi, uji reabilitas, statistic deskriptif, uji regresi linier sederhana, uji F, uji T, model regresi koefisien determinasi dan uji asumsi normalitas dan uji heteroskedasitas. Hasil penelitian terhadap followers menggambarkan bahwa diperoleh berdasarkan output analisisnya, nilai R-Square dari model regresi yang menunjukan bahwa kesadaran beragama followers di pengaruhi oleh video dakwah akun Tiktok @faizinaufal.

References

Ancok, D. d.-K. (2011). Psikologi Islam, . In D. d. Ancok, Psikologi Islam, (p. 77).
Fitria, A. (2020). Terpenjara Komodifikasi Media. In A. Fitria, Terpenjara Komodifikasi Mediaā€¯, (p. 38). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.
Muchlisin Riadi. (n.d.). Fungsi Dimensi dan Faktor yang Mempengaruhi Religiusitas . https://www.kajianpustaka.com/2018/12/fungsi-dimensi-dan-faktor-yang-mempengaruhi-religiusitas.html, diakses pada 2/6/2022, pukul 14.00 WIB, (p. 1).
Ramayulis, P. A. (n.d.). Psikologi Agama. Jakarta: Kalam Mulia.
Ahmad, A. A. (Juni 2013). Dakwah, Seni dan Teknologi Pembelajaran. Jurnal Dakwah Tabligh, Vol.14, No. 1, J, 80-81

Downloads

Published

2023-07-24