https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Pengaruh Nilai Dakwah pada Kesenian Pencak Silat Gagak Lumayung terhadap Masyarakat Desa Mandala Mekar

Authors

  • As’ad Pawaid Fakultas Dakwah, Universitas Islam Bandung
  • Malki Ahmad Nasir Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrkpi.vi.1473

Keywords:

Pencak silat, Nilai-Nilai, Dakwah

Abstract

Abstract. The Gagak Lumayung Pencak Silat College is a pencak silat that puts forward the values of piety in it, students are not only trained physically but also a pattern of education that is related to spiritual improvement by holding joint recitation activities, the fall this has become research material. This study aims to determine the the influence of da'wah values on the pencak silat Gagak Lumayung to the people of Mandala Mekar village, Cimenyan district, Bandung regency This research method uses a qualitative analytical descriptive . The purpose of this descriptive analytical research procedure is an effort to obtain in-depth information on the influence of da'wah values to the art of Pencak Silat Gagak Lumayung. The Pencak silat provides with all islamic values will have enormous benefits, not only for individuals but also for society. in other words, to education of pencak silat education has a role in the development of the Indonesian nation as a whole Pencak silat is also used as a medium of da'wah in instilling Islamic teachings through to the art of pencak silat whict is accompanied by the spiritual activities. These aspects of pencak silat also shape the individual attitudes to reach a high spirit of solidarity polite behavior towards others, on can live in harmony in society as well.

Abstrak. Perguruan Pencak Silat Gagak Lumayung merupakan pencak silat yang mengedepankan nilai nilai ketakwaan di dalamnya, siswa tidak hanya dilatih secara jasmani tetapi juga terdapat pola pendidikan yang berkaitan dengan peningkatan roham dengan mengadakan kegiatan pengajian bersama, sehingga hal ini menjadi bahan penelitian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh nilai-nilai dakwah pada pencak silat Gagak Lumayung terhadap masyarakat desa Mandala Mekar kecamatan Cimenvan Kabupaten Bandung Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analitik kualitatif. Tujuan dari prosedur penelitian deskriptif analius ini adalah sebagai upaya untuk memperoleh informasi yang mendalam terkait pengaruh nilai-nila dakwah pada kesenian Pencak Silat Gagak Lumayung Pencak silat yang dihayati dengan segala nilai-nilainya akan memiliki manfaat yang sangat besar tidak hanya bagi individu yang mempelajarinya tetapi juga bagi masyarakat dengan kata lain pendidikan pencak silat memiliki peran dalam pembangunan bangsa Indonesia secara keseluruhan Pencak silat juga digunakan sebagai media dakwah dalam menanamkan sayari at agama Islam melalui pencak nlat yang disertai dengan kegiatan spiritual Aspek-aspek yang ada dalam pencak silat ini juga membentuk akap individu untuk memiliki jiwa solidaritas yang tinggi perilaku santun terhadap sesama, hidup rukun dalam masyarakat.

References

Alba, C. (2019). Tasawuf dan Tarekat. PT Remaja Rosdakarya.

Faza, M. S., & Ubaidilla, S. (2020). Urgensi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Kegiatan Pencak Silat Gasmi di Pondok Pesantren Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 10(1).

Jannah, R., & Khikmah, A. N. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Luhur Budaya Pencak Silat Sebagai Pendidikan Karakter Siswa Di Sekolah. Jurnal Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 3(1).

Kholis, M. N. (2016). Aplikasi Nilai-Nilai Luhur Pencak Silat Sarana Membentuk Moralitas Bangsa. Jurnal Sportif, 2(2).

Maryono, O. (1999). Pencak Silat Merentang Waktu (2nd ed.). Yayasan Galang.

Muhamad Diki, A. (2018). Nilai-Nilai Islam dalam Seni Bela Diri Pencak Silat Cikalong di Cianjur 1990-2000. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Ni’amaha, L. U., & Pramayuani, T. (2020). Dakwah Dan Pencak Silat: Mengenalkan Islam Melalui Jalan Hikmah. Al-I’lam; Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1).

Notosoejitno. (1997). Khazanah Pencak Silat. CV. Sagung Seto.

Purwanto, M. N. (1994). Ilmu Pendidikan Islam. Remaja Rosdakarya.

Roqib, M. (2009). Ilmu Pendidikan Islam; Perkembangan Integratif di Sekolah, Keluarga dan Masyarakat. LkiS.

Seto, A. A. (2009). PENCAK SILAT DAN ISLAM ( Pendekatan Kultural Persaudaraan Setia Hati dalam Melawan Politik Kolonialisme Tahun 1903-1930 M ) SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Adab Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Untuk Memenuhi Syarat Guna Memperoleh Gela.

Sutarjo Adisusilo, J. R. (2012). Pembelajaran Nilai-nilai Karakter Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif (1st ed.). Rajawali Press.

Wati, R. A. (2019). Perspektif Pendidikan Islam Dalam Pelaksanaan Ajaran Panca Dasar Bela Diri Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA.

Zulkarnain. (2010). Transformasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam. Pustaka Belajar.

Downloads

Published

2022-12-21