https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

CXO Media sebagai Media Alternatif di Kanal Youtube

Authors

  • Mahawar Randu Jurnalistik, Universitas Islam Bandung
  • Askurifai Jurnalistik, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrjmd.v2i1.836

Keywords:

Youtube, Media Alternatif, Konten

Abstract

Abstract. The development of the times makes everyone consume social media, social media itself is one of the online media facilities that aims to make it easier to participate, present, and many others. Youtube is an online-based application that aims to share videos. Most of the content on Youtube is personal content whose purpose is only to document their daily life. The phenomenon of using Youtube social media has become a new business field to convey information like a news program on a television station. This increasingly mushrooming usage is certainly used by media companies by creating Youtube accounts to spread them into online media. CXO Media appears to be one of the alternative media of choice for filtering incoming information. The purpose of this study, to find out the Sidak program at CXO Media as an alternative media that wraps comedy in the news broadcast program, to find out the news coverage on the Sidak CXO Media program, to determine the role of the presenter in presenting the Sidak CXO Media program. The research method used by the researcher is a qualitative method with a case study approach. Researchers chose this method and approach because of further curiosity about CXO Media which acts as an alternative media for the community by collecting data and interviews. The results of this study indicate that what is done by CXO Media is an innovation in the world of journalism, especially in Indonesia. They combine the information that has been circulating in the mainstream media and reprocess it with comedy spices and present it well, which indirectly presents Sidak's content to present Comedy Journalism which is already popular abroad. The purpose of this content can also reflect the satisfaction of the media itself before disseminating information to the audience even though there is little need for income from this content. Therefore, seeing that the first thing you are after is the happiness of the creator, this content is no doubt so entertaining and still informative.

Abstrak. Perkembangan zaman membuat semua orang mengkonsumsi media soasial, media sosial sendiri merupakan salah satu sarana media online yang bertujuan untuk mempermudah berpartisipasi, menyajikan,dan masih banyak yang lainnya. Youtube merupakan sebuah aplikasi berbasis online yang bertujuan untuk berbagi video. Kebanyakan konten di Youtube merupakan konten yang bersifat pribadi yang tujuan hanya untuk mendokumentasikan kehidupan sehari-harinya. Fenomena penggunaan media sosial Youtube sudah menjadi ladang bisnis baru menyampaikan informasi layaknya program berita di sebuah stasiun televisi. Pemakaian yang semakin menjamur tersebut tentunya dimanfaatkan oleh perusahaan media dengan membuat akun Youtube untuk menyebarkan menjadi media online. CXO Media muncul menjadi salah satu media alternative pilihan untuk menyaring informasi yang masuk. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui program sidak di CXO Media sebagai media alternative yang membalut komedi di program siaran berita, untuk mengetahui pembawaan berita di program Sidak CXO Media, untuk mengetahui peran pembawa acara dalam membawakan program Sidak CXO Media. Metode penelitian yang dipakai peneliti iala metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Peneliti memilih metode dan pendekatan ini karena keingintahuan lebih jauh mengenai CXO Media yang berperan menjadi media alternative bagi masyarakat dengan cara pengumpulan data dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa yang dilakukan oleh CXO Media merupakan sebuah inovasi dalam dunia jurnalistik terutama di Indonesia. Mereka menggabungkan informasi yang sudah beredar di media mainstream dan kembali diolah dengan bumbu komedi dan membawakannya dengan baik yang secara tidak langsung konten Sidak mempresentasikan Jurnalisme Komedi yang sudah popular di luar negri. Tujuan konten ini juga dapat mencerminkan kepuasan si media itu sendiri sebelum menyebarkan informasi kepada khalaak walaupun adanya sedikit kebutuhanpemasukan dari konten ini. Maka dari itu melihat yang pertama kali kejar ialah kebahagiaan si pembuat tak ayal konten ini menjadi konten yang begitu menghibur dan tetap informatif. Kesimpulan dalam penelitian ini menujukan bahwa CXO Media mampu mengemaskan informasi yang formal menjadi tidak formal dalam konten Sidak juga dapat memanfaatkan platform baru untuk memberikan informasi yang dapat mengurangi penyebaran hoax.

Downloads

Published

2022-07-09