Fenomena Junalisme TikTok di Media Baru
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrjmd.v1i2.492Keywords:
Jurnalisme, Tiktok, Media BaruAbstract
Abstract. The medua currently provides many alternative choices for the public to consume all types of news, one of which is news in online form. Many important sifts have occurred in the process of delivering messages through the media, especially in a very advanced era, supported by the development of technology ang the digital world, media entrepreneurs choose to switch to various platforms that can be profitable, not only by using their website but all over the world. Social media such as Twitter, Facebook, Instagram and TikTok are used by the media to keep reporting varios news that are happening. TkTok is one of the appliactions that is currently the most uploaded by the public. CNBC Indonesia, Urbanasia.com abd TribunJabar.id are media that participate in using TikTok in their news distribution media. This study aims to obtain data and also information related to the use and production process of news on TikTok as well as ethics and journalistic rules in news videos uploaded on TikTok which are one of the ain highlights. Data collection techniques used in , this research are interviews, observation and literature study. The editorial team from CNBC Indonesia,Urbanasia.com and TribunJabar.id media were informants and also rsource persons in this research. By using qualitative research methods with a case study approach, the researcher tries to uncover the phenomena of TikTok journalism in new media.
Abstrak. Media saat ini memberikan banyak sekali pilihan alternatif kepada masyarakat untuk mengonsumsi semua jenis pemberitaan salah satunya pemberitaan dalam bentuk online. Banyak pergeseran penting yang terjadi dalam proses penyampaian pesan melalui media khususnya di era yang sangat maju seperti saat ini dengan di dukung perkembangan teknologi dan dunia digital para pangusaha media memilih untuk beralih ke berbagai platform yang dapat menguntungkan, tak hanya memanfaatkan laman website-nya tetapi seluruh media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram dan TikTok digunakan media-media untuk terus mengabarkan berbagai pemberitaan-pemberitaan yang terjadi. TikTok menjadi salah satu aplikasi yang saat ini paling banyak diunggah oleh masyarakat. CNBC Indonesia, Urbanasia.com dan TribunJabar.id merupakan media-media yang turut serta memanfaatkan TikTok dalam media penyebaran beritanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data dan juga infromasi terkait pemanfaatan serta proses produksi pemberitaan di TikTok dan juga etika dan kaidah jurnalistik dalam video pemberitaan yang diunggah di TikTok yang menjadi salah satu sorotan utama. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan studi pustaka. Tim redaksi dari media CNBC Indonesia, Urbanasia.com dan TribunJabar.id menjadi informan dan juga narasumber di dalam penelitian ini. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, peneliti berusaha menguak fenomena-fenomena jurnalisme TikTok di media baru.