Studi Netnografi pada Akun Tiktok Fujianti Utami Putri sebagai Media Promosi Jasa Influencers
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrjmd.v4i2.4425Keywords:
Netnografi, TikTok, Digital MarketingAbstract
Abstrak. Perkembangan era digital yang masih diiringi dengan maraknya kemunculan platform aplikasi TikTok, yang dimana saat ini tidak hanya dari kehidupan remaja saja mulai dari anak-anak sampai orang tua sudah mulai kecanduan memainkan media sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode netnografi. Melalui konsep ini, peneliti akan meneliti bagaimana self branding yang dibangun oleh kreator dalam membawa dirinya di TikTok, khususnya pada akun TikTok Fujianti Utami Putri. Netnografi, sebagai metode penelitian yang mengkaji aktivitas sosial di dunia digital, sangat cocok untuk memahami dinamika interaksi dan presentasi diri di media sosial. TikTok sebagai platform juga memberikan fleksibilitas dalam jenis konten yang dapat dibuat. Kreator seperti Fujianti dapat memanfaatkan berbagai format, termasuk tantangan (challenges), tutorial, review produk, dan konten kolaborasi dengan kreator lain atau merek. Penelitian ini juga membuka peluang untuk studi lebih lanjut tentang dampak TikTok pada perilaku konsumen dan bagaimana platform ini dapat digunakan untuk tujuan pemasaran lainnya.
Absract. The development of the digital era is still accompanied by the emergence of the TikTok application platform, which is currently not only from teenage life, starting from children to parents who have begun to be addicted to playing social media. The method used in this research is the netnography method. Through this concept, researchers will examine how self-branding is built by creators in carrying themselves on TikTok, especially on Fujianti Utami Putri's TikTok account. Netnography, as a research method that examines social activities in the digital world, is very suitable for understanding the dynamics of interaction and self-presentation on social media. TikTok as a platform also provides flexibility in the type of content that can be created. Creators like Fujianti can utilize a variety of formats, including challenges, tutorials, product reviews, and collaborative content with other creators or brands. This research also opens up opportunities for further studies on TikTok's impact on consumer behavior and how the platform can be used for other marketing purposes
References
Adiguna, M. A., Widagdo, B. W., & Anis, M. (2023). JARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Republik Indonesia PENTINGNYA PENGETAHUAN DIGITAL MARKETING UNTUK ENTREPREUNERSHIP. 1(2), 1–9.
Anggraeni, V. K., & Mintarsih, M. (2023). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Melalui Digital Marketing Pada Pt Media Produk Winning. … Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 09(02), 59–70.
Anggraini, A. A., & Hakimah, E. N. (2022). Mendongkrak Pemasaran Melalui Content Marketing Dan Influencer (Studi Pada Bisnis Busana Qomeshop Kota Kediri). Simposium Manajemen Dan Bisnis I, 572–583.
Aunillah, Q. F. (2023). Platform TikTok sebagai Diseminasi Informasi di UPT Perpustakaan Universitas Islam Lamongan. 2(2), 11–20. https://doi.org/10.59239/jfppti.v2i2.35
Dewi, N. P. A., Fajariah, F., & Suardana, I. M. (2023). Pengaruh Content Marketing dan Electronic of Mouth pada Platform TikTok terhadap Keputusan Pembelian di Shopee. Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 1(4), 178–190. https://doi.org/10.57141/kompeten.v1i4.23
Dewi, R., Ishak, R. A., Rizkasari R, A. A., & Djakaria, M. R. (2023). Strategi Personal Branding Melalui Sosial Media Tiktok Melinda Rohita. Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis Dan Manajemen, 5(2), 118–130. https://doi.org/10.52005/bisnisman.v5i2.168
Frizawati, N., Trisakti, P., Romauli, J., & ... (2023). Analisis Pemanfaatan Tiktok dalam Meningkatkan Pendapatan Perekonomian UMKM di Pekanbaru. Jurnal Pendidikan …, 7, 30658–30667.
Hardianawati. (2022). Marketing Strategy Through Celebrity Endorsements and Influencer Marketing. Jurnal Multidisiplin Madani (MUDIMA), 2(2), 865–876.
Juliasari, A., Malihah, I., & Hidayati, L. A. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Pemasaran Akun @Somethincofficial. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 2(2), 260–265. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v2i2.368
Krisdanu, C. A., & Kiranastari Asoka Sumantri. (2023). TikTok sebagai Media Pemasaran Digital di Indonesia. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 7(2), 24–36. https://doi.org/10.51544/jlmk.v7i2.4173
Makhfudi Iskandar Zulkarnain, & Sembiring, R. S. R. (2022). Optimalisasi Digital Marketing Guna Peningkatan Daya Beli. Jurnal Pengabdian Masyarakat Formosa, 1(2), 101–108. https://doi.org/10.55927/jpmf.v1i2.519
Medina Putri Utami. (2022). Self Branding of Content Creator Tiktok (Studi Netnografi : Analisis Konten pada Aplikasi TikTok). Skripsi, 1–83.
Mevia, M. F. A., Fatimah, F., & Rahayu, J. (2023). Pengaruh digital marketing, media sosial Tiktok, dan harga terhadap keputusan pembelian produk minuman Vr Booster Collagen di kabupaten Jember. Jurnal Akuntansi, Manajemen, Dan Perencanaan Kebijakan, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.47134/jampk.v1i1.12
Nasih, M., Susanto, O. M., Fanshury, A. R., & Hermawan, S. (2020a). Influencer dan Strategi Penjualan: Studi Netnografi pada Pengguna Jasa Selebgram sebagai Media Promosi. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 135–144. https://doi.org/10.23917/benefit.v5i2.11305
Nasih, M., Susanto, O. M., Fanshury, A. R., & Hermawan, S. (2020b). Influencer dan Strategi Penjualan: Studi Netnografi pada Pengguna Jasa Selebgram sebagai Media Promosi. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 135–144. https://doi.org/10.23917/benefit.v5i2.11305
Novita, D., Herwanto, A., Khasanah, & Dkk. (2023). Tiktok Affiliate, a New Marketing Channel for Brands. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(9), 7467–7472.
Nufus, H., & Handayani, T. (2022). STRATEGI PROMOSI DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi Kasus Pada TN Official Store). Jurnal EMT KITA, 6(1), 21–34. https://doi.org/10.35870/emt.v6i1.483
Priatama, R., Ramadhan, I. H., Zuhaida, A.-, Akalili, A., & Kulau, F. (2021). ANALISIS TEKNIK DIGITAL MARKETING PADA APLIKASI TIKTOK (Studi Kasus Akun TikTok @jogjafoodhunterofficial). SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 18(1), 49–60. https://doi.org/10.21831/socia.v18i1.40467
Pristiansyah, Pranandita, N., Haritsah Amrullah, M., & Hasdiansah. (2022). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat JURNAL DAMARWULAN Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 45–49.
Rifiani, P., Yuni Dharta, F., & Oxcygentri, O. (2022a). Pengaruh Endorse Influencer Fadil Jaidi Terhadap Minat Beli Konsumen (Survei Eksplanatori pada Pengikut Media Sosial Instagram @fadiljaidi). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(12), 289–301.
Rifiani, P., Yuni Dharta, F., & Oxcygentri, O. (2022b). Pengaruh Endorse Influencer Fadil Jaidi Terhadap Minat Beli Konsumen (Survei Eksplanatori pada Pengikut Media Sosial Instagram @fadiljaidi). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(12), 289–301.
Roisah, R., Khusnaini, K., & Maulyan, F. F. (2024a). PENGARUH DIRECT MARKETING DAN INFLUENCER MARKETING TERHADAP MINAT BELI PADA LIVE STREAMING TIKTOK (Studi Kasus pada Viewers Live Streaming TikTok Akun Jiniso di Kota Bandung). Jurnal Sains Manajemen, 6(1), 11.
Roisah, R., Khusnaini, K., & Maulyan, F. F. (2024b). PENGARUH DIRECT MARKETING DAN INFLUENCER MARKETING TERHADAP MINAT BELI PADA LIVE STREAMING TIKTOK (Studi Kasus pada Viewers Live Streaming TikTok Akun Jiniso di Kota Bandung). Jurnal Sains Manajemen, 6(1), 11.
Sabrina, G. R., & Vera, N. (2023). Komentar Positif Netizen Terhadap Film’Like &Share’(Studi Netnografi Akun Instagram@ Filmlikeandsahre). Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 7008–7018.
Samosir, C. M., Safitri, A., Dmk, M. A. D., Adani, M. R., & Nofirda, F. A. (2023). Analisis Faktor Penentu Penggunaan Celebrity Endorse dalam Media Sosial Instagram. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 30975–30979.
Siti Aisyah, Raudatun Sumi, Sonia Purba, Finik Kharianti, & Melsa Siagian. (2023). Pemanfaatan Aplikasi TikTok Shop Sebagai Media Promosi Terhadap UMKM Toko Hijab Abiee Hijab di MMTC. Jurnal Nusantara Berbakti, 1(1), 10–20. https://doi.org/10.59024/jnb.v1i1.52
Sri, Y., & Astuti, W. (2019). Body Shaming di Dunia Maya: Studi Netnografi pada Akun Youtube Rahmawati Kekeyi Putri Cantika Body Shaming in The Virtual: Netnographic Study on Youtube Accounts Rahmawati Kekeyi Putri Cantika. Universitas, 1, 166–188.
Susilawati, A. D., & Solehatun, F. (2023a). Peran Influencer Dan Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Promosi Pada Suatu Brand. Analisis, 13(1), 52–64. https://doi.org/10.37478/als.v13i1.2524
Susilawati, A. D., & Solehatun, F. (2023b). Peran Influencer Dan Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Promosi Pada Suatu Brand. Analisis, 13(1), 52–64. https://doi.org/10.37478/als.v13i1.2524
Tiurmaida, P., Vitryanov, N., & Tasya, P. (2024). Analisis Konten Strategi Marketing Mix Beauty Influencer dalam Mempromosikan Brand The Originote: Studi Kasus Akun Tiktok @Laurasiburian. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(6), 70–76.
Widianti, M. A., Maulidia, A., Amanda, A. F., & ... (2023). Kreativitas Menjadi Pendapatan: Pemanfaatan TikTok Menjadi Media Penghasilan di Era 5.0. Jurnal …, 13(2), 781–791.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Totok Wahyu Abadi, Vani Vinatalia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.