Pengaruh Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Nasabah PT. X
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrjmd.v1i2.427Keywords:
Hubungan Masyarakat, Customer Relationship Management, Loyalitas NasabahAbstract
Abstract. MotoGP is one of the most popular sports in Indonesian society, based on data from Google Trend for the past year, Indonesians have placed the first position in the number of searches regarding MotoGP. One of the media that provides news about MotoGP for the Indonesian people is the online media Detik.com. As media prioritizing new, current, or hot news, online media must be able to present news that meets the elements of news quality, including aspects of accuracy, balance, objectivity, novelty, as well as being brief and clear. This research discusses the quality of news about MotoGP on the online media Detik.com in terms of accuracy, balance, objectivity, novelty, and concise and clear. The method used in this research is descriptive method with content analysis techniques. The population in this research is the MotoGP news in the online media Detik.com, from January 1, 2021 to January 31, 2021, as many as 16 news stories. By using a random sampling technique, a sample of 8 news was obtained. The results of the study show that the online media Detik.com has paid attention to the elements of news quality in a report. This can be seen from the news that MotoGP on Detik.com has fulfilled three of the two elements of news quality used in the research, News is Accurate, News is Balanced, and News is Recent.
Abstrak. MotoGP merupakan salah satu cabang olahraga yang populer di masyarakat Indonesia, berdasarkan data dari Google Trend selama satu tahun terakhir, masyarakat Indonesia menempatkan posisi pertama dalam jumlah pencarian mengenai MotoGP. Salah satu media yang menyediakan berita-berita seputar MotoGP untuk masyarakat Indonesia adalah media online Detik.com. Sebagai media mengutamakan kebaruan berita, terkini, atau hangat, media online harus dapat menyajikan sebuah berita yang memenuhi unsur-unsur kualitas berita, meliputi aspek keakuratan, keseimbangan, objektivitas, kebaruan, serta singkat dan jelas. Penelitian ini membahas mengenai kualitas pemberitaan seputar MotoGP pada media online Detik.com ditinjau dari aspek keakuratan, keseimbangan, objektif, kebaruan, serta singkat dan jelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik analisis isi. Populasi dalam penelitian ini adalah berita MotoGP di media online Detik.com, periode 1 Januari 2021 sampai 31 Januari 2021 sebanyak 16 berita. Dengan menggunakan teknik penarikan sampel acak diperoleh sampel sebanyak 8 berita. Hasil penelitian, menunjukan media online Detik.com telah memperhatikan unsur kualitas berita di dalam sebuah pemberitaan. Hal ini dapat dilihat dengan pemberitaan MotoGP di Detik.com telah memenuhi tiga dari dua unsur kualitas berita yang digunakan dalam penelitian, yakni aspek keakuratan berita (News is Accurate), keseimbangan berita (News is Balanced), dan kebaruan berita (News is Recent).