Pengaruh Media Sosial Instagram @PinterPolitik terhadap Partisipasi Politik Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrjmd.v4i2.4245Keywords:
Media sosial, Instagram, Partisipasi PolitikAbstract
Abstrak. Artikel ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh media sosial Instagram, khususnya akun @Pinterpolitik, terhadap partisipasi politik mahasiswa dengan menggunakan metode kuantitatif. Media sosial, sebagai platform komunikasi digital, telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, termasuk dalam konteks politik. Penelitian ini memfokuskan pada pengaruh akun Instagram @Pinterpolitik sebagai sumber informasi politik bagi mahasiswa dan sejauh mana akun tersebut mempengaruhi tingkat partisipasi politik mereka dengan menggunakan 5 dimensi yaitu konten, informasi, interaksi, berbagi, dan koneksi. Penelitian ini diklasifikasikan dengan pendekan koantitatif dengan paradigma positivism. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan data pendukung dari studi kepustakaan. Hasil ini menunjukan bahwa terdapat nilai sigifikansi 0,395 < 0,05 dan perolehan R Square 39,5% yang menunjukkan bahwa akun tersebut hanya menjelaskan sebagian kecil dari variasi tingkat partisipasi politik mahasiswa. Dengan demikian, meskipun akun @Pinterpolitik berkontribusi terhadap partisipasi politik mahasiswa, kontribusinya tidak terlalu besar.
Abstract. This article aims to investigate the influence of Instagram social media, particularly the @Pinterpolitik account, on students' political participation using quantitative methods. Social media, as a digital communication platform, has become an integral part of everyday life, including in the political context. This research focuses on the influence of the @Pinterpolitik Instagram account as a source of political information for students and the extent to which the account affects their level of political participation using Five dimensions namely content, information, interaction, sharing, and connection. This research is classified with a quantitative approach with a positivism paradigm. Data collection using questionnaires and supporting data from literature studies. The results show that there is a significance value of 0.395 <0.05 and the acquisition of R Square 39.5% which indicates that the account only explains a small part of the variation in the level of student political participation. Thus, although the @Pinterpolitik account contributes to student political participation, the contribution is not too large.
References
Adiputra,C &Wahyudin, D. (2019). Analisis Literasi Digital Pada Konten Instagram @infinitygenre. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(1), 25–34.
Ahmadi, D., & Adzhani, A. V. (2019). The Use Instagram with Visiting Interest: The correlation between the use @littlecollins.bdg Instagram with Visiting Interest. Journal of Physics: Conference Series, 1375(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1375/1/012055
Ahmadi, D., Kurnia, S. S., Firmansyah, & Iskandar, D. (2023). The Effect of Digital Journalism Training on Media Sub Domain PR FM and PR MN on Cognitive Improvement of the Editorial Crew. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v8i18.14290
Ahmadi, D., Sabarina, C., & Harahap, E. H. (2020). Implementation Information Technology Through Channel Youtube “Lampu Islam.” In A. Rachmiatie, D. M. Sodik, D. Ahmadi, I. J. Triwardhani, A. Satriani, R. Adwiyah, A. Alhamuddin, & A. F. Sebayang (Eds.), Atlantis Press (Vol. 409, Issue SoRes 2019, pp. 630–631). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200225.137
Ahmadi, D., Septiawan, S., Indra, S., Firmansyah, & Iskandar, D. (2024). Effect of WhatsApp Promotional Messages on Audience Interest in Accessing News. SiRes, 1–7. https://doi.org/10.1063/5.0225981
APJII. (2024). APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang?utm_source=chatgpt.com
Bambang, & Sudarma S. (2012). Instagram Handbook. Mediakita.
Budi, B. B., Arif, E., & Roem, E. R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial. Jurnal Ranah Komunikasi (JRK), 3(1), 34. https://doi.org/10.25077/rk.3.1.34-44.2019
Clara Sari, A., Hartina, R., Awalia, R., Irianti, H., & Ainun, N. (2018). Komunikasi dan Media Sosial. https://www.researchgate.net/publication/329998890
Dian Nurvita Sari, A. B. (2020). Media Sosial Instagram Sebagai Media Informasi Edukasi Parenting. PERSEPSI: Communication Journal, 3, 27.
Gray, N., & Fox, M. (2018). Social Media Marketing Step by Step Instructions For Advertising Your Business on Facebook, Youtube. Book, 384.
Indrawan, J. (2020). Kehadiran Media Baru (New Media) Dalam Proses Komunikasi Politik. Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau.
Johana, K., Lestari, F. D., & Fauziah, D. N. (2020). Penggunaan Fitur Instagram Story Sebagai Media Self Disclosure dan Perilaku Keseharian Mahasiswi Public Relations Universitas Mercu Buana. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(3), 280–289. https://doi.org/10.31933/jimt.v1i3.111
Kurnia, S. S., Ahmadi, D., Firmansyah, F., Karsa, S. I., & Iskandar, D. (2022). Interpretation of television journalists Utilizing Smartphone Technology on Reporting Disaster. Islam, Media and Education in The Digital Era, 534–539. https://doi.org/10.1201/9781003219149-78
Lukiani, E. R. M. L., Rizka, A. N., Afandi, T. Y., Arifin, Z., Surindra, B., Irmayanti, E., & Prastyaningtyas, E. W. (2021). Peran Instagram dalam Membentuk Perilaku Konsumsi Remaja. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 5(1), 97–104. https://doi.org/10.29407/ja.v5i1.15969
Ming Ho, Agustinus Rusdianto Berto, & Endah Murwani. (2024a). Perang Narasi di Instagram: Analisis Sentimen dan Pola Komunikasi Netizen Terkait Hasil Pilpres 2024. Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital (JRJMD), 4(1), 79–88.
Ming Ho, Agustinus Rusdianto Berto, & Endah Murwani. (2024b). Perang Narasi di Instagram: Analisis Sentimen dan Pola Komunikasi Netizen Terkait Hasil Pilpres 2024. Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital, 79–88. https://doi.org/10.29313/jrjmd.v4i1.3948
Muhamad, N. (2024, February 9). Media Sosial Jadi Sumber Utama Gen Z dalam Mengakses Berita. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/02/09/media-sosial-jadi-sumber-utama-gen-z-dalam-mengakses-berita
Nasrullah, R. (2017). Media Sosial : Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Remaja Rosdakarya.
Pratiwi, D. E., Mustikasari, A., & Hanifa, F. H. (2020). Efektivitas Iklan Sosial Media Instagram Menggunakan Metode Customer Response Index (Studi Kasus Pada Avana Id Tahun 2020). E-Proceeding of Applied Science, 920–926.
Rachmiatie, A., Hasbiansyah, O., Khotimah, E., & Ahmadi, D. (2013). Strategi Komunikasi Politik dan Budaya Transparansi Partai Politik. MIMBAR, Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 29(2), 123. https://doi.org/10.29313/mimbar.v29i2.384
Tekno, H. T. (2023, December 5). Cara Join Membership Youtube Untuk Dukung Youtuber Favorit. Kumparan. https://kumparan.com/how-to-tekno/cara-join-membership-youtube-untuk-dukung-youtuber-favorit-21i3gDWwluF/full
Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan Media Sosial. Jurnal The Messenger, 3(2), 69. http://dx.doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yadi Supriadi, Annisa Gunawan, Dad Ahmadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.